Menakar Konsumsi BBM Toyota Innova Reborn Bensin, Ternyata Gak Seboros yang Diduga

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Reborn bensin kerap diberi stigma negatif oleh sebagian besar masyarakat, karena dianggap kurang cocok untuk pemakaian di dalam kota.

Akibatnya, citra Innova Reborn bermesin gasoline ini kalah pamor dibanding saudara kembarnya yang dijejali mesin berbahan bakar diesel.

Namun benarkah kesan boros pada konsumsi BBM Toyota Innova Reborn bensin ini segitu menyeramkan sehingga hanya yang bukan kaum mendang-mending saja yang menikmati medium MPV tersebut?

Untuk itulah pada artikel kali ini Autofun akan membahas seperti apa konsumsi BBM Toyota Innova Reborn, baik yang bermesin bensin maupun diesel.

Baca juga: Update Harga Bekas Toyota Innova Reborn 2022, Kini Hanya Seharga Toyota Veloz Baru

Innova Reborn lahir di tahun 2015

Sedikit kilas balik sejarah munculnya Innova Reborn yaitu terjadi ketika PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan pergantian generasi pada Kijang Innova pada November 2015.

Perkenalannya seiring Toyota mengumumkan beberapa model lain yang menggunakan platform IMV yakni generasi terbaru Fortuner dan Hilux.

Ubahan yang dilakukan cukup signifikan dibandingkan dengan model sebelumnya dan itu juga yang menjadi alasan Toyota menggunakan nama All New Innova atau biasa disebut juga dengan Innova Reborn.

Desain bodi juga jadi terkesan modern, sporty, dan lebih agresif. Tapi, tampilannya tetap terlihat berkelas dengan penggunaan lampu depan yang sudah mengandalkan LED proyektor.

Facelift dari Innova Reborn

Secara dimensi, Innova Reborn juga mengalami perubahan. Tujuannya agar kabin jadi lebih lapang sehingga akan semakin pantas mendapat predikat mobil keluarga yang dapat menampung banyak orang.

Pada Agustus 2017, Kijang Innova mendapat update ringan.

Untuk tipe G, ornamen di grill memakai warna gloss-silver dengan ornamen krom, sementara tipe V mendapat lampu utama proyektor LED dari tipe Q.

Tipe 2.0 Q mendapat pelek alloy berukuran 17-inci dari tipe 2.4 Venturer, tapi dicat warna silver.

Lantas di Oktober 2020, Kijang Innova kembali mengalami facelift.

Innova Venturer punya fitur paling lengkap

Ubahan terjadi pada revisi bumper depan, grille depan, dan penambahan fitur seperti LED foglamp, Daytime Running Light (DRL), VSC dengan HSA untuk semua tipe, jok elektrik dan tujuh airbag untuk tipe Venturer.

Tipe Q dipensiunkan, diganti dengan kembalinya tipe Luxury dengan captain seats setelah diihapus selama hampir lima tahun, tipe ini berbasis tipe 2.0 G dan 2.0 V.

Dimensi Toyota Kijang Innova Reborn
Panjang 4.735 mm
Lebar 1.835 mm
Tinggi 1.795 mm
Jarak sumbu roda 2.750 mm

Baca juga : Banyak Dibilang Boros, Cek Dulu Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Rush Lama dan Baru

Interior Toyota Innova Reborn Juga Makin Mewah

Kabin Toyota Innova Reborn

Di bagian interior, Innova Reborn juga mengutamakan kenyamanan penumpangnya. Bahkan, tersedia juga varian dengan jok captain seat. Sehingga, kabinnya jadi terasa lebih lapang lagi.

Kenyamanan juga ditunjang dengan fitur hiburan berupa head unit berukuran 8 inci dibagian tengah dasbor.

Head unit ini juga sudah terdapat Miracast dan Voice Command. Tentunya, dapat juga terkoneksi dengan smartphone melalui sinyal wi-fi.

Dashboard Innova Reborn

Pada fitur kenyamanan, Toyota menyematkan Seat Back Table, Gadget Charger, Auto AC, Illumination LED Ambient Lamp, dan lainnya.

Sedangkan fitur keamanannya, Toyota Innova Reborn dilengkapi dengan Engine Immobilizer dan Anti Theft Alarm System. Selain itu, ada juga fitur keselamatan yang canggih, seperti Anti-lock Braking System, Electronic Brake -force Distribution, Parking Sensir, dan lainnya.

Baca juga: Harga Bekas Selisih Rp50 Juta, Ini Bedanya Toyota Kijang Innova Venturer Diesel dan Bensin

Spesifikasi Mesin Innova Bensin

Mesin Toyota Innova Reborn lebih bertenaga dan efisien dibandingkan model sebelumnya

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004, Toyota Innova hadir dengan dua tipe mesin, yakni mesin bensin dan mesin diesel. Untuk mesin bensin, Toyota Innova memiliki kapasitas 2.000 cc.

Namun, ada juga Innova dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 2.700 cc, tapi usianya tidak lama. Innova dengan mesin 2.700 cc hanya diproduksi pada tahun 2005 hingga tahun 2007.

Peminatnya juga sepi, karena kapasitas mesin sebesar itu tentu membutuhkan biaya perawatan yang lebih besar dan juga konsumsi BBM yang lebih boros.

Toyota Innova bensin dengan kode mesin 1TR-FE memiliki kapasitas 2.000 cc. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004, mesin tersebut terus digunakan sampai sekarang.

Ada pilihan mesin bensin 2.0L dan diesel 2.4L

Namun, pada versi terbarunya, mesin 1TR-FE ini sudah memiliki teknologi katup variabel, yakni Dual VVT-i, DOHC, dengan 16 katup.

Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin ini dapat mencapai 137 hp dan torsi maksimumnya mencapai 183,3 Nm. Tenaga tersebut disalurkan dari mesin langsung ke roda belakang.

Sistem penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) terus diandalkan pada mobil ini karena dinilai lebih tangguh dibandingkan penggerak roda depan.

Untuk urusan transmisi, Toyota menawarkan dua pilihan transmisi untuk Innova bensin, yakni 6 percepatan otomatis with Sport Sequential Switchmatic dan 5 percepatan manual.

  Varian Diesel Varian Bensin
Mesin     2GD-FTV 4 silinder segaris 16 katup, DOHC, VNT Intercooler 1TR-FE 4 silinder segaris 16 katup, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas     2.4 L (2.393 cc) 2.0 L (1.998 cc)
Transmisi    Manual 5 percepatan / Otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic Manual 5 percepatan / Otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic
Tenaga     149 PS @ 3.400 rpm 139 PS @ 5.600 rpm
Torsi     359 Nm @ 1.200 - 2.600 rpm 183 Nm @ 4.000 rpm
Sistem Penggerak Rear Wheel Drive (RWD) Rear Wheel Drive (RWD)

Baca juga : Diklaim Irit, Benarkah Konsumsi BBM Honda CR-V Turbo Bisa Setara dengan LCGC?

Konsumsi BBM Innova Reborn Bensin

Konsumsi BBM Toyota Innova Reborn bensin jauh lebih baik dibandingkan Innova generasi awal

Pada Innova bensin generasi awal, konsumsi BBM mobil ini dapat mencapai 8 kilometer per liter.

Banyak yang berpendapat bahwa multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota ini termasuk boros. Selain itu, tenaganya juga tidak mencerminkan mesin 2.000 cc.

Begitu Innova Reborn dilahirkan pada tahun 2016, Toyota menyebutkan bahwa salah satu fokus utama pengembangannya adalah konsumsi BBM.

Meski tidak disebutkan secara detail angka perbandingannya dengan model sebelumnya, tapi konsumsi BBM Innova Reborn bensin diklaim lebih irit hingga sekitar 10 persen.

Versi mesin diesel sedikit lebih hemat BBM

Berdasarkan pengujian dari beberapa pihak, ternyata konsumsi BBM Innova Reborn bensin adalah 11,6 kilometer per liter.

Sementara untuk konsumsi BBM Innova Reborn Diesel, sedikit lebih irit, yakni 12,5 kilometer per liter.

Peningkatan efisiensi bahan bakar tersebut juga diklaim berkat transmisi baru yang disematkan, yakni transmisi otomatis 6 percepatan dengan sistem Sport Sequential Switchmatic.

Dengan teknologi tersebut, Innova matik jadi bisa dioperasikan layaknya transmisi tiptronic yang biasa ditemukan pada mobil sport.

Selain itu, sistem transmisi ini juga dibekali dengan teknologi Sport Sequential Shiftmatic. Pengemudi cukup menggeser tuas transmisi ke depan atau ke belakang untuk naik atau turun gigi.

Perpindahan giginya jadi seperti pada mobil bertransmisi manual. Sistem tersebut juga membuat perpindahan gigi semakin presisi. Sehingga, akselerasi awal yang dihasilkan juga jauh lebih baik.

Toyota Innova masih menjadi MPV favorit untuk dijadikan mobil keluarga

Rasio gir yang dimiliki mesin ini juga disempurnakan. Sehingga, napasnya jadi lebih panjang dibandingkan sistem transmisi otomatis pada model sebelumnya yang hanya memiliki 4 percepatan saja.

Berkat sistem transmisi yang baru ini, konsumsi BBM Innova Reborn bensin jadi lebih efisien atau irit. Di sisi lain, performa mesinnya juga ikut mengalami peningkatan.

Jadi, ada banyak faktor yang dapat menentukan konsumsi BBM suatu kendaraan, mulai dari gaya berkendara, beban yang diangkut, tekanan udara tiap ban, kondisi lalu lintas, sistem transmisi, dan lainnya.

Sistem transmisi akan mengatur agar mesin dapat bekerja pada putaran rendah atau yang paling efisien di setiap gigi.

Baca juga : Konsumsi BBM Wuling Almaz RS Apa Benar Tidak Seirit Honda CR-V Turbo?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Daihatsu Indonesia mengumumkan bahwa sosok mobil Daihatsu Sigra jadi mobil yang paling laris selama Januari-November 2023. Berdasarkan catatan internal Daihatsu, selama 11 bulan di tahun 2023, sedikitnya raihan penjualan retail dari dealer ke konsumen laku lebih dari 179 ribu unit, atau naik 3,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu yang hanya mencapai 172 ribu unit. Adapun dari sejumlah produk yang dipasarkan, Daihatsu Sigra berkontribusi hingga 32,6 persen atau tembus diangka 58.
Mobil listrik dipakai ke luar kota dengan jarak tempuh hingga ratusan kilometer, tentu ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan berbeda dengan mobil konvensional. Tidak seperti mobil bermesin bakar internal atau yang kerap disebut Internal Combustion Engine (ICE), mobil listrik memiliki perawatan lebih mudah. Meski dari segi perawatannya lebih mudah, saat ini mobil listrik masih mempunyai kendala pada pengisian ulang daya listrik yang mana lebih lama ketimbang mobil bensin maupun diesel, saat k
Mengetahui pajak mobil Honda Brio terbaru penting untuk Anda ketahui jika hendak memiliki atau malah sudah mempunyai kendaraan tersebut. Pasalnya setiap kendaraan bermotor yang tercatat di kepolisian Republik Indonesia (RI) wajib membayar pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Berdasarkan Pasal 8 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dikenakan untuk Masa Pajak 12 (dua belas) bulan berturut-turut terhitung mulai saat pendaftaran Kendaraan Bermotor ter
Toyota Hilux Rangga 2024, itulah nama yang akhirnya diumumkan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk versi produksi dari Rangga Concept. Bahkan pick up Toyota terbaru ini sudah dijadwalkan untuk resmi meluncur di Indonesia pada awal 2024. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM saat menghadiri acara Toyota Year End Media Gathering 2023 di Jakarta, Selasa (12/12/2023). "Kira-kira awal tahun depan, pastinya kapan belum bisa kita umumkan karena semuanya masih ta
Cara aman berkendara di jalan tol adalah sesuatu yang kini mutlak dilakoni setiap pengemudi mobil. Terlebih lagi jumlah akses jalan tol di Indonesia terus bertambah demi memudahkan mobilitas masyarakat dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kita bisa lihat, sejak Tol Trans Jawa yang menghubungkan beberapa wilayah di Pulau Jawa hingga ke Bali resmi beroperasi penuh, maka mobilisasi kendaraan yang melintas di jalan tol sepanjang 1.167 kilometer itu tak pernah sepi. Alhasil perpindahan ma

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat