Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix Bensin dan Hybrid, Saatnya Lupakan Kijang Diesel (Part 2)

Usai menjadi penumpang baik di Toyota Kijang Innova Zenix V maupun Q Hybrid, kami tak melewatkan kesempatan untuk langsung duduk dibalik kemudi keduanya. Dimulai dari Kijang Innova Zenix V bermesin bensin yang saya coba dari Kopeng hingga Semarang, dan varian Q Hybrid kami coba dari Semarang hingga Jakarta.

Pengendaraan Kijang Innova Zenix V Gasoline

Kijang Innova Zenix tipe V yang kami gunakan menggunakan mesin bensin 2.0 liter yang serupa dengan milik Toyota Voxy. Mesin 4-silinder berkode M20A-FKS berkapasitas 1.987 cc menghasilkan tenaga 174 PS dan torsi puncak 204 Nm. Angka-angka ini jelas menyuguhkan data yang lebih baik dibandingkan Kijang Innova Reborn bermesin bensin 2.0 liter sebelumnya (139 PS dan 183 Nm).

Dan kemampuan Innova Zenix ini semakin istimewa berkat penggunaan transmisi baru yang diberi nama Direct Shift CVT oleh Toyota, dengan mode Sequential Shiftmatic untuk mensimulasikan transmisi 10-speed. Transmisi ini yang menjadi kunci pengendaraan Kijang Innova Zenix yang semakin menyenangkan. 

Saat menghadapi medan berliku dan menanjak sepanjang perjalanan Yogyakarta menuju Semarang via Ketep Pass, transmisinya ini mampu memilihkan penggunaan gear terbaik yang memungkinkan tenaga dan torsi tersalurkan dengan halus ke roda depan sesuai dengan kondisi medan. 

Meski begitu, kondisi medan pegunungan seperti ini tampaknya bukan saat yang tepat untuk mengaktifkan mode pengendaraan manual melalui tuas transmisi di tengah konsol. Pasalnya, dengan simulasi 10-percepatan, maka Anda perlu beberapa kali menggerakkan tuas untuk menurunkan gear yang tepat saat menanjak atau perlu menyusul mobil yang lebih lambat di depan.

Pengendaraan lebih menyenangkan bisa Anda dapatkan saat menggunakan mode manual ini pada Kijang Innova Zenix type Q Hybrid yang telah memiliki paddle shift di balik lingkar kemudinya. Apalagi, di balik kap mesinnya, Innova hybrid ini menawarkan performa yang jelas lebih istimewa.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Toyota Innova Zenix, Bisa Pakai Velg Aerodisc atau Bergaya Bapack-bapack

Pengendaraan Kijang Innova Zenix Q Hybrid

Ya, dengan dukungan teknologi hybrid, Kijang Innova Zenix varian tertinggi ini memang menghasilkan angka-angka performa lebih menjanjikan daripada varian bensinnya. Tenaga puncak hingga 186 PS ditambah dengan torsi 187 Nm yang masih belum ditambah dorongan torsi hingga 206 Nm dari motor listriknya menjadikan mengendarai varian Zenix hybrid ini jauh lebih menyenangkan dibandingkan varian V bensin sebelumnya.

Respon akselerasinya lebih galak dibandingkan varian bermesin bensin karena dorongan torsinya juga diberikan oleh motor listrik. Ya mesin bensin dan motor listrik akan bekerja bersamaan untuk memberikan performa lebih baik yang dibutuhkan saat mobil berakselerasi atau membutuhkan torsi lebih banyak saat menghadapi tanjakan.

Sementara saat Anda tengah menjelajah di kecepatan rendah di mode pengendaraan Eco, bisa jadi hanya motor listrik yang bekerja sepenuhnya untuk menghemat bahan bakar. Penggunaan transmisi Direct Shift CVT 10-percepatan yang mengombinasikan sabuk baja dan roda gigi juga turut memperlebar jangkauan rasio, sehingga bahan bakar menjadi lebih efisien. 

Dalam perjalanan dari Semarang menuju Jakarta via Tol Cipali-Cikampek-JORR sejauh lebih dari 400 km, konsumsi bahan bakar yang tercatat pada MID Kijang Innova Hybrid ini adalah 15,8 km/liter. Yang menarik sepanjang 23 km terakhir pada ruas tol JORR dari GT Cikunir hingga Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, kombinasi teknologi hybrid dan fitur Toyota Safety Sense membuat perjalanan terasa semakin mudah dan efisien.

Dalam kondisi macet dengan kecepatan rendah, teknologi hybrid memungkinkan motor elektrik bekerja lebih banyak dibandingkan mesin bensin. Hal ini memungkinkan konsumsi bahan bakar justru semakin hemat, karena MID menunjukkan angka 15,5 km/liter saat memasuki Tol JORR dan menjadi 15,8 km/liter saat tiba di Citos. 

Ditambah fitur TSS yaitu Dynamic Radar Cruise Control memungkinkan pengemudi untuk tidak menginjak pedal gas dan rem sama sekali sepanjang perjalanan karena TSS menjaga jarak aman dengan mobil di depan. Hal ini terbukti sangat mengurangi kelelahan yang biasanya dialami saat menghadapi kemacetan.

Baca juga: Selain Punya Teknologi Hybrid, Apa Untungnya Beli Toyota Innova Zenix 2023?

Kesimpulan

Tampaknya ini saatnya Anda untuk “melupakan” sebuah Toyota Kijang Innova bermesin diesel. Jika selama ini, pada Kijang Generasi ke-6 alias Innova Reborn varian bermesin diesel seakan menjadi varian paling populer karena keunggulan performa dan efisiensi mesin dieselnya, kini semua keunggulannya sudah dapat dikalahkan oleh Kijang Innova Zenix.

Memang, bukan Kijang Innova Zenix tipe V yang mampu melayani Kijang diesel, namun Kijang Innova Q Hybrid lah yang mematahkan keunggulannya. Soal performa, dukungan motor listrik menyuguhkan performa yang responsif, ditambah dengan kehalusan pengendaraan. 

Dan soal efisiensi, teknologi hybrid jelas menyuguhkan teknologi yang dapat meminimalisasi kerja mesin bensin untuk menghemat bahan bakar dan menggantinya dengan peran motor listrik yang semakin kuat. Menghadapi semakin banyaknya populasi kendaraan bermotor, teknologi hybrid jelas menyuguhkan keunggulan di tengah kemacetan. Sementara di perjalanan luar kota, kerja mesin dibantu oleh transmisi CVT yang juga semakin canggih.

Satu hal yang tak dapat dipungkiri, semua kebaruan dan teknologi yang diusungnya ini jelas menghasilkan banderol harga yang tak lagi murah. Varian Kijang Innova Zenix Q Hybrid yang kami coba sudah melewati angka Rp600 Jutaan yang membuat Kijang semakin naik kelas menantang Big SUV 7-seater. 

Namun jangan lupa, Toyota juga tetap menyediakan varian lain yang menyuguhkan kebaruan yang tak kalah istimewa. Perubahan mendasar pada platform dan jantung pacu memberikan pengendaraan dan kenyamanan yang membawa Kijang generasi ke-7 ini bisa menjadi pilihan mobil keluarga Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0

Rp 323,00 Juta
Rp 6,58 Juta/bln

89.898 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0

Rp 310,00 Juta
Rp 6,32 Juta/bln

89.687 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4

Rp 364,00 Juta
Rp 7,42 Juta/bln

39.691 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat