Harga Lebih Murah Rp3 Jutaan, Fitur di Daihatsu Xenia 1.3 R MT Ungguli Honda Mobilio S MT

Honda kini hanya menyisakan tipe terbawah untuk Mobilio. Pabrikan berlogo H tersebut nampaknya mulai meninggalkan segmen MPV yang dirasa kalah laris ketimbang segmen hatchback atau SUV mereka. Level harga Honda Mobilio S MT akan menghadapi Daihatsu Xenia 1.3 R MT yang kisarannya serupa.

Sebagai informasi, harga Honda Mobilio S MT dijual Rp235.900.000 dan untuk Daihatsu Xenia 1.3 R MT dihargai Rp 232.350.000. Terlihat bila Xenia lebih murah, salah satu alasannya karena kapasitas mesinnya 1.300 cc. Bagi kalian yang bingung, Mobilio S kini cukup banyak digunakan sebagai armada taksi Blue Bird. 

Baca juga: 

Membandingkan secara kasta dari masing-masing model, tipe R di Xenia ini levelnya merupakan tipe menengah atas. Artinya secara fitur bisa berbicara banyak bila dibandingkan Mobilio S yang jadi tipe terbawah.

Tak perlu panjang lebar, mari kita bandingkan kedua MPV tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

Daihatsu Xenia 1.3 R MT, Tipe Menengah yang Fiturnya Melimpah

Bicara kelengkapan fitur, tipe R di Daihatsu akan memberikan banyak hal menarik. Masuk ke kabin Xenia generasi ketiga ini, kita disuguhi penampilan serba baru. Pada varian mesin 1.300 cc, Xenia R ini pada rentang harganya masuk ke dalam kategori tipe menengah.

Desain dashboardnya agresif dan tegas dengan aksen hitam-silver. Fiturnya cukup lengkap, seperti misalnya Air Conditioner (AC) yang sudah mengusung format digital. Desain head unit juga bergaya floating dengan layout tombol sudah diset agar mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang depan.

Bicara soal head unit ini memiliki bentang layar 9 inci dengan memiliki beragam konektivitas modern seperti Radio, USB, & Bluetooth, hingga koneksi Android Auto™ maupun Apple CarPlay®. Untuk mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudinya.

Kualitas suara di Xenia kini cukup memadai karena dukungan dari enam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A). Selain itu, kenyamanan akustik juga terbantu berkat kekedapan kabin yang meningkat. 

Pada sisi pengemudi, Xenia tipe R disuguhi panel instrumen dengan dua buah cluster berisi jarum tachometer untuk menunjukkan putaran mesin dan kecepatan (speedometer) lengkap dengan layar Multi Information Display (MID) 4,2 inci. Cukup banyak informasi yang disajikan oleh MID ini, di antaranya ada odometer, tripmeter, jam digital, posisi gigi, dan juga average fuel consumption. Pengaturan setir hanya bisa tilt (naik-turun) saja, tanpa adanya fitur telescopic (maju-mundur).

Performa Tak Mengecewakan

Daihatsu Xenia 1.30 masih mengusung kode mesin yang sama dengan sebelumnya, yakni 1NR-VE. Tenaga yang dihasilkan sebesar 95,5 HP (97 Ps) @ 6.000 rpm dengan torsi 120,6 Nm (12,3 Kgm) @ 4.200 rpm. Transmisinya manual 5-percepatan dengan penggerak roda depan. 

Ada beberapa penyempurnaan pada mesin ini seperti rocker arm di mobil ini memakai Hydraulic Lush Adjuster, agar pembakaran kian efisien. Kemudian material piston yang digunakan juga lebih ringan, dengan peningkatan performa pompa oli supaya pelumasan kian optimal.

Bicara performa mesin di varian 1.300 cc  cukup halus bertenaga, dengan torsi yang cukup kuat di putaran bawah. Tenaganya cukup oke di kelas mesin 1.300 cc, karena hanya selisih 7 hp dibandingkan versi 1.500 cc.  

Honda Mobilio S MT, Mulai Jadi Andalan Armada Taksi

Kini Honda Mobilio hanya tersedia tipe terendah, yaitu tipe S. Pengguna Honda Mobilio S MT tersebut sebagian besar adalah untuk konsusmen fleet dan korporasi.

Honda Mobilio tipe S tetap mengusung beragam kelebihan utama brand Honda, termasuk soal utilitas kabin yang cukup lega dan layout kursinya cukup fleksibel ketika kita butuh bawa banyak barang. 

Secara penampilan, eksterior Honda Mobilio S MT yang dipasarkan saat ini terkesan apa adanya dan jauh dari kata modern. Mulai dari bagian velg yang memakai velg kaleng ukuran 15 inci.

Untungnya Honda memberi dop roda, sehingga kaki-kaki tidak terkesan mobil murah. Kemudian desain bumper sedikit berbeda, pada Honda Mobilio S MT tidak menggunakan under spoiler dan tak memiliki foglamp. 

Pada sektor lampu depan, Honda Mobilio S MT masih menggunakan halogen, sedangkan di bagian belakang telah dibekali wiper belakang untuk membantu penglihatan ketika hujan. Tipe terbawah ini juga memiliki lampu rem atas yang sudah mengadopsi teknologi LED. 

Bagaimana dengan fitur di interior tipe termurah Mobilio ini? varan terbawah model ini sudah menggunakan head unit double DIN tanpa layar sentuh. Head unitnya telah mendukung konektivitas USB Port, AM/FM Radio, Aux in, Bluetooth, dan hands free telephone. Setirnya polosan tanpa hadirnya tombol pengaturan head unit. 

Sebagai tipe terbawah, Honda Mobilo S MT sistem pendingin kabinnya sudah menggunakan pengaturan AC Digital. Menariknya lagi, Honda menyediakan AC double blower untuk kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga. 

Bicara sistem keselamatan, Honda Mobilio S MT sebenarnya tak buruk. Ada anti-lock braking sytem (ABS) dan Electronic Distribution Brake (EBD). Sistem pengereman mengandalkan rem cakram pada roda depan dan tromol pada bagian belakang.

Tidak cuma itu, Honda juga memberi dual SRS airbag untuk perlindungan ekstra buat pengemudi dan penumpang baris pertama. Sedangkan pada fitur keamanan, Honda Mobilio S MT sudah dilengkapi dengan Immobilizer sebagai sistem keamanan tambahan pada kendaraan. 

Kelemahan soal built quality Mobilio bisa kita rasakan pada kualitas peredaman kabin. Suara kebisingan dari luar masih terdengar hingga ke interior mobil karena kualitas peredam yang ala kadarnya.

Performa jadi Kelebihan Utama

Terkait performa, Honda Mobilio yang masuk dalam generasi kedua ini mengusung mesin L15Z1 1.500 cc dan teknologi i-VTEC. Jantung mekanis tersebut bisa mengeluarkan tenaga tertinggi 118 ps yang dicapai pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Sama seperti Xenia, Mobilio S didukung transmisi manual 5-percepatan dengan penggerak roda depan. Aspek mesin inilah yang jadi kelebihan Honda Mobilio dibandingkan para kompetitornya.

Kesimpulan

Bila kalian mencari mobil keluarga yang proper dari segi fitur, desain maupun performa, kami rasa Daihatsu Xenia 1.3 R MT ini cukup oke jadi pilihan ketimbang Honda Mobilio S. Xenia bermesin 1.300 cc secara performa mungkin tak sebuas Mobilio, tapi mobil ini unggul soal konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Mobilio harganya lebih mahal hanya menang mesin, sedangkan kelengkapan fiturnya kurang proporsional. Keunggulan di sektor mesin pada akhirnya hanya dimanfaatkan sebagai mobil fleet.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Xenia

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

17.509 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

All-new Daihatsu Xenia 2022, Ini Pilihan LMPV Paling Masuk Akal First Drive

Daihatsu Xenia Baru Jadi Canggih, Paling Mahal Gak Sampai Rp 250 juta

New Honda Mobilio 2021 "Separuh Anda yang lain"

Berita Terbaru

Jurus Jitu 6 Tahun Wuling Konsisten Manjakan Selera Konsumen di Indonesia

Enam tahun jelas bukan perjalanan singkat bagi Wuling Motors di Indonesia. Terlebih punya pekerjaan rumah besar mengubah stigma negatif yang sempat melekat di pikiran masyarakat akan mobil Tiongkok. Tapi siapa sangka dalam kurun waktu enam tahun Wuling di Indonesia justru mampu membuktikan produknya sanggup bersaing dan menjadi andalan konsumen di Tanah Air. Baca juga: Masuk Tahun Keenam, Wuling Buktikan Merek China Sukses Pikat Masyarakat Indonesia Selama kiprah Wuling di Indonesia, Brand and M

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Xenia
Lihat