Selisih Harga Rp11 Juta, Perbedaan Fitur All New Daihatsu Xenia 1.3 X dan R Cuma Sedikit!

Enda · 19 Apr, 2022 13:30

Perbedaan Daihatsu Xenia 1.3 X dan R

Sebagai saudara kembar Avanza, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menghadirkan tipe X dan R pada All New Daihatsu Xenia yang merupakan varian di atas M. Baik tipe X maupun R yang dijajakan, secara seklias keduanya terlihat sama. Namun jika dilihat lebih dekat, kalian bisa menemukan beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Bicara mengenai harga, per April 2022 Daihatsu Xenia 1.3 X MT diniagakan Rp220,1 juta, sedangkan Xenia 1.3 R MT dibandrol Rp231,1 juta. Itu artinya antara varian X dengan R memiliki selisih harga hingga Rp11 juta.

Penasaran dan ingin tahu apa saja perbedaan antara All New Daihatsu Xenia 1.3 X dengan R? Agar tidak bingung, simak ulasannya di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Test Drive All New Daihatsu Xenia 2022, FWD yang Melebihi Ekspektasi

Aksesoris Daihatsu Xenia 1.3 R Lebih Komplit

Perbedaan Daihatsu Xenia 1.3 X dan R

Aksesoris Daihatsu Xenia 1.3 R lebih lengkap

Secara tampilan fasad All New Daihatsu 1.3 Xenia X dan R menampilkan kesan modern, futuristik dan dinamis berkat disematkannya lampu utama LED dengan bentuk pipih dan tajam yang mendukung fitur follow me home serta tambahan garnish.

Melihat daripada fascianya, varian R telah dilengkapi dengan foglamp yang sekaligus dapat meningkatkan visibilitas mengemudi di malam hari. Berbeda dengan R, untuk tipe X nya fitur ini belum bisa dijumpai. Namun jangan khawatir, pada varian X pemilik masih bisa menambahkannya.  

Selanjutnya menilik pada bagian samping, 1.3 X dan R telah dilengkapi dengan electric mirror yang pengaturan kacanya bisa dikendalikan dari dalam menggunakan tombol. Sebagai pembeda, tipe teratasnya mendapat fitur tambahan berupa auto retractable mirror yang diketahui dapat secara otomatis melipat dan membuka spion dengan menekan tombol dari dalam.

Masih berkutat di sisi samping, Xenia 1.3 R untuk pilar B dan C nya menganut konsep black out yang terlihat gahar namun tetap dinamis. Bicara mengenai lingkar roda, keduanya sama-sama diaplikasikan velg alloy dengan tampilan atraktif berdiameter 15 inci yang diselimuti ban berpofil 185/65.

Bergeser ke sisi buritan, Xenia 1.3 R terlihat lebih mewah berkat adanya tambahan aksesoris berupa garnish pada lampu stoplamp, high mount stop lamp, garnish di tengah, serta muffler cutter.

Untuk diketahui, baik tipe X maupun R telah mendapatkan rear wiper, rear spoiler, serta shark fin antenna yang sekaligus dapat meningkatkan tingkat keaerodinamisan berkendara.

Baca juga: Barangnya Sama Saja, Berikut 5 Alasan Daihatsu Xenia 2022 Lebih Layak Dipilih Daripada Toyota Avanza 2022

Head Unit Daihatsu Xenia 1.3 R Lebih Besar

Perbedaan Daihatsu Xenia 1.3 X dan R

Sistem hiburan Daihatsu Xenia 1.3 R dan X berbeda

Melihat dari segi fitur hiburan, Xenia 1.3 R disematkan head unit layar sentuh 9 inci bertipe floating yang dipadukan dengan empat speaker dan dua buah tweeter. Lalu bagaimana dengan varian 1.3 X? Seperti yang diketahui, tipe ini dibenamkan sistem hiburan layar sentuh 7 inci model floating yang terhubung dengan empat buah speaker.

Memiliki sistem hiburan yang berbeda, keduanya sama-sama memperoleh sistem pendingin udara (AC) dengan tampilan digital, double blower, EPS, power window, light remind warning, tilt steering, dan ECO indicator.

Tak hanya itu, di bagian dalam kalian juga bisa menjumpai adanya fitur default berupa sofa seat yang bisa diatur sebagai long sofa mode. Namun di varian R pengaturan baris keduanya menganut lipatan 50 : 50 tilt down beda dengan X dimana 50 : 50 back fold. Lain dari itu, tipe teratasnya juga disematkan kaca yang dilengkapi lampu pada sun visor, lampu bagasi, serta scuff plate.

Oh iya, guna memberikan kenyamanan dalam berkendara, varian 1.3 R memperoleh tambahan fitur berupa New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual, immobilizer, card key, security alarm, seat back pocket, audio steering switch, dan terakhit new push start button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil.

Fitur Keselamatan Daihatsu Xenia 1.3 R Lebih Canggih

Perbedaan Daihatsu Xenia 1.3 X dan R

Daihatsu Xenia 1.3 R dilengkapi parking camera

Seperti yang diketahui All New Daihatsu Xenia mempunyai fitur jauh lebih lengkap dibandingkan generasi sebelumnya. Sebagaimana yang bisa dijumpai untuk varian 1.3 X dan R telah dibenamkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), dual airbag, emergency stop signal dan ISOFIX. Namun khusus tipe 1.3 X dan R CVT, pihaknya menambahkan fitur Vehicle Stability Control (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan Brake Assist (BA).

Untuk diketahui Xenia 1.3 X memperoleh tambahan fitur keselamatan berupa parking sensor. Sedangkan untuk 1.3 R sendiri telah dipadukan dengan parking camera.

All New Daihatsu Xenia 1.3 X dan R Pakai Mesin dan Transmisi yang Sama

Perbedaan Daihatsu Xenia 1.3 X dan R

Menggunakan mesin 1.3L, Daihatsu Xenia 1.3 X dan R turut ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dan CVT

Mengenai jantung pacu, Xenia 1.3 X dan R dibenamkan mesin 1.3L 1NR-VE berkubikasi 1.329 cc DOHC 4 silinder segaris dual VVT-i yang mampu memeras tenaga hingga 98 PS @6.000 rpm serta torsi 121 Nm @4.200 rpm.

Untuk transmisinya keduanya sama-sama menawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta CVT yang terkenal halus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis, namun tetap responsif serta lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga mencapai Rp11 juta, menurut kami All New Daihatsu Xenia 1.3 R lebih layak dipilih ketimbang varian X. Hal tersebut dikarenakan tipe R nya terasa lebih aman dan nyaman berkat fitur unggulan serta keamanan yang lebih lengkap.

Namun jika kalian ingin lebih sedikit berhemat tanpa mempertimbangkan fitur unggulan maupun keamanan, menjatuhkan pilihan pada Xenia 1.3 X adalah keputusan yang tepat.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Rp3,9 Juta Ini Bedanya All New Daihatsu Xenia 1.3 M dan X

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru