Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential?

Semenjak hadir generasi ketiga, Toyota Avanza kembali menjadi low MPV terlaris di Indonesia. Melihat harganya, Toyota Avanza G jadi low MPV 'termurah' bila dibandingkan model lainnya. Bila dibandingkan dengan model lain sesama Low MPV, maka Avanza ini kelasnya setara tipe menengah. 

Untuk varian CVT, harga yang ditawarkan oleh Toyota Avanza G sama seperti Hyundai Stargazer Essential AT, yaitu Rp272.500.000. Tentu dengan harga yang sama, masyarakat bisa leluasa memilih mana model yang lebih royal soal fitur maupun unggul secara spesifikasi.

Baca juga: 

Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap

Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda

Selisih Rp20 Jutaan, Bedanya Hyundai Stargazer Active 2023 dengan Trend Cuma Sedikit

Lantas mana yang paling proporsional di range harga tersebut mengacu kelengkapan fitur yang ditawarkan? Berikut ini ulasannya.

Toyota Avanza G CVT, Fitur Berkendara Lebih Variatif

Untuk saat ini, PT Toyota Astra Motor hanya menawarkan Avanza tipe G sebagai model reguler mereka. Pada varian matic, Avanza G memakai generasi ketiga kini memakai CVT.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.395 mm, lebar: 1.730 mm, tinggi: 1.700 mm, wheelbase 2.750 mm, dan ground clearance: 205 mm.

Pada sisi eksterior, Avanza G CVT didukung lampu depan dan belakang LED dilengkapi foglamp halogen. Kelengkapan lainnya terdapat High Mount Stop Lamp dan electric mirror dengan auto retract.

Fitur di Interior Toyota Avanza G CVT, Jadi 'Basic' di Low MPV

Masuk ke dalam kabin, kita disuguhi interior dengan desain dashboard baru berwarna hitam yang dipadukan dengan aksen karbon dan silver. Sementara untuk joknya menggunakan bahan fabric dengan kelir warna hitam atau abu-abu gelap.

Toyota Avanza 1.5 G dilengkapi tombol Start/Stop engine dengan tambahan lampu yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap. Bicara fitur keselamatan, Avanza generasi ketiga sudah ada Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assits (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assits (HSA), serta Dual SRS Airbags.

Toyota Avanza 1.5 G, pengaturan AC di mobil tersebut sudah digital memakai tombol. Mobil ini juga telah memiliki fitur Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang memudahkan penggunanya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir. Pada ruang kemudi telah didukung layar instrumen 4,2 inci dengan TFT MID.

Dukungan multimedia memakai head unit layar sentuh floating berukuran 9-inci tanpa konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Alunan suara dari head unit dilantunkan melalui speaker 6-titik.

Performa Tidak Istimewa

Toyota Avanza 1.5 G CVT mengadopsi mesin bensin berkode 2NR-VE dengan spesifikasi 4-silinder segaris 16-katup DOHC dual VVT-i berkubikasi 1.496cc. Mesin itu menyajikan tenaga 105 dk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.200 rpm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Hyundai Stargazer Essential, Dijejali Banyak Fitur Baru

Dengan harga yang sama persis, Hyundai coba memikat konsumen dengan fitur yang tak kalah menarik pada Stargazer Essential. Tipe Essential penampilannya ini sama seperti tipe Style dan Prime yang menggunakan lampu model LED Multi Focus Reflector (MFR) dengan DRL. 

Masuk ke dalam kabin,  Stargazer Essential mendapat dashboard baru dan pada sisi pengemudi telah dilengkapi Supervision Color TFT LCD Cluster 4,2 inci. Ruang kemudi telah memiliki fitur Telescopic Steering yang memungkinkan pengguna mengatur posisi setir.

Multimedia dalam kabin didukung head unit Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, Bluetooth, serta dukungan Wireless Phone Connectivity untuk Android Auto dan Apple Carplay.

Stargazer juga  memiliki lebih dari 20 tempat penyimpanan dan volume interior besar dengan kapasitas bagasi 200L di belakang baris ketiga dan 585L di belakang baris kedua (dalam kondisi baris ketiga dilipat).

Fitur Keselamatan Makin Oke

Stargazer Essential mendapat upgrade kelengkapan fitur keselamatan, mulai dari  Hill-Start Assist Control (HAC) di varian transmisi IVT, Electronic Stability Control (ESC), Brake Assistant System (BAS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Terdapat fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk membantu memantau kondisi angin pada ban mobil yang bisa dipantau melalui menu MID. 

Stargazer Essential tipe IVT sudah dilengkapi fitur Remote Start untuk menyalakan mobil dari jauh. Bahkan, kuncinya bisa digunakan untuk membuka kaca jendela.

Spesifikasi Mesin Lebih Bertenaga

Hyundai Stargazer Essential dibekali mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga 115 Ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sampai 143,8Nm pada 4.500rpm. Pada tipe ini tersedia opsi transmisi manual 6-percepatan dan otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT). 

Lebih lanjut, Hyundai Stargazer Essential IVT memiliki 4 pilihan Drive Mode seperti pada tipe Style dan Prime yang memberikan pengemudi keleluasaan dalam memilih respon mesin sesuai karakter berkendara.

Kesimpulan

Dengan harga yang sama, Toyota Avanza G sedikit lebih unggul soal fitur kenyamanan berkendara bila dibandingkan Stargazer Essential. Namun bila bicara soal performa, maka jagoan baru dari negeri ginseng tersebut boleh jumawa.

Tenaga Stargazer Essential ini paling besar sehingga memberi sensasi berkendara yang lebih powerful. 
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 182,00 Juta
Rp 3,71 Juta/bln

15.040 km

4 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2020 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 194,00 Juta
Rp 3,95 Juta/bln

12.529 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Lihat Rincian

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

2022 Hyundai Stargazer - Tempat Ternyaman bagi Setiap Perjalanan

Hyundai Stargazer 2022 - Bintang Baru Keluarga

Berita Terbaru

Perbedaan New SUV Mitsubishi dengan XFC Concept, Apa Saja Perubahannya?

New SUV Mitsubishi atau versi produksi dari XFC Concept berhasil diperkenalkan secara resmi oleh Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Tanah Air, Senin (31/7). Memadukan konsep desain “Silky & Solid”, mobil ini memiliki entitas yang menggabungkan desain futuristis, dinamis dan modern. Pada bagian bawah bodi, lini terbaru Mitsubishi ini mengadopsi proporsi SUV yang kokoh dan kekar layaknya seorang atlet yang disuntik steriod. Cocok diajak berpertualang, untuk ground clearance New SUV MItsubishi

Auto2000 Tebar Promo Kredit Toyota Agya dan Calya Terbaru Rayakan HUT RI ke-78, DP-nya Murah Banget!

Promo Toyota Agya dan Toyota Calya tentunya sangat menarik jika Anda berniat membeli satu dari kedua mobil LCGC dari Toyota ini. Merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78, Auto2000 ternyata juga memberikan kado istimewa bagi setiap konsumennya. Baca juga: Skema Cicilan Kredit Terbaru Toyota Calya Buat Taksi Online Selama Agustus 2023, seluruh jaringan dealer resmi Toyota tersebut menawarkan promo kemudahaan pembelian untuk Toyota Agya dan Toyota Calya terbaru. "Bu

Mobil Listrik Kecil Penantang Wuling Air ev dari Mitsubishi Bakal Hadir di GIIAS 2023

Selain meluncurkan mobil Sport Utility Vehicle atau SUV Compact terbaru, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) juga ternyata akan memamerkan Mitsubishi eK X EV di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Ya, Mitsubishi eK X EV merupakan mobil listrik yang sudah resmi diluncurkan di Jepang dan juga masuk segmen Kei Car. Sosok mobil listrik dengan bentuk mungil ini juga diungkapkan dalam keterangan tertulis. Baca juga: Mitsubishi Lagi Tes Mobil Listrik eK EV di Ind

New SUV Mitsubishi Konon Pakai Mesin Xpander Cross, Seberapa Besar Tenaga dan Torsi yang Dihasilkan?

New SUV Mitsubishi atau versi produksi dari XFC Concept berhasil diperkenalkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI), Senin (31/7). Merebutkan ceruk market SUV kompak yang berhadapan secara langsung dengan Toyota Yaris Cross, Honda HRV, Suzuki Grand Vitara, Hyundai Creta, Wuling Alvez Mazda CX-3 dan Chery Omoda 5, mobil ini baru diperkenalkan tampilan luarnya saja. Untuk nama dan detail spesifikasi, pihaknya baru akan mengumumkan di GIIAS 2023 mendatang. Bermain di segmen SUV kompak, li

Penjualan Mobil di Indonesia Tertinggi se-ASEAN, Kalahkan Thailand dan Malaysia

Indonesia jadi negara yang penjualan mobil terbanyak di Asia Tenggara dengan jumlah 505.985 unit sepanjang Januari-Juni 2023. Ya, data ini diperoleh berdasarkan catatan ASEAN Automotive Federation (AAF), dimana secara keseluruhan penjualan mobil negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN sepanjang semester pertama 2023 mencapai 1.637.226 unit. Baca juga: Populasi Mobil Listrik di ASEAN Dikuasai Pabrikan China, Konsumen Indonesia Paling Banyak Penjualan di ASEAN rupanya mengalami peningkatan 1,2 pers

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat