Toyota Siapkan Puluhan Charging Station. Innova EV atau Veloz PHEV yang Bakal Jadi Mobil Listrik Toyota Terbaru?

Saat ini Toyota sudah memiliki setidaknya 74 titik charging station untuk mengisi daya mobil listrik di Indonesia, padahal mobil listrik Toyota bertenaga baterai yang dipasarkan di Indonesia baru bZ4X. Apa yang sebenarnya direncanakan Toyota?

Bahkan populasi Toyota bZ4X juga sebenarnya tidak terlalu masif, dan kebanyakan hanya dipakai untuk kepentingan pemerintahan, salah satunya antara lain dipakai sebagai kendaraan dinas kementerian.

Kemudian, mobil bertenaga full electric itu juga beberapa kali digunakan untuk mengantarkan tamu VVIP delegasi negara-negara sahabat, saat ada event internasional di Indonesia, misalnya ketika digelar KTT G20 atau KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Meski begitu, PT Toyota Astra Motor (TAM) sejatinya memang menjual Toyota bZ4X untuk publik, mobil yang diimpor secara utuh dari Jepang ini per Januari 2024 harganya mulai dari Rp1,19 miliar on the road Jakarta.

Baca juga: Toyota bZ4X Dipilih Presiden Jokowi ke KTT ASEAN di Labuan Bajo

Mobil full electric pertama Toyota di Indonesia

Banderol yang cukup tinggi ini harus diakui tidak bisa menjangkau semua kalangan masyarakat Indonesia untuk beralih menggunakan mobil listrik Toyota berbasis baterai (BEV).

Toyota Indonesia memang seperti ketinggalan soal mobil listrik bertenaga baterai murni, pabrikan ini lebih memilih memasarkan model hybrid.

Sementara, beberapa kompetitor dari pabrikan Tiongkok lebih berani masuk ke segmen kendaraan full electric dengan harga yang lebih merakyat.

Misalnya ada Wuling yang sukses dengan Air ev lantas dilanjutkan dengan Binguo EV.

Baca juga: Ini Kata TAM Kenapa Harga Toyota bZ4X di Indonesia Lebih Mahal dari Jepang dan Thailand

Wuling Air ev menguasai pangsa pasar mobil BEV di Indonesia

Kemudian NETA juga berusaha mengekor melalui Neta V yang harganya masih selevel dengan mobil-mobil ICE (Internal Combustion engine) di kelas Medium MPV.

Jadi rasanya, tidak mungkin Toyota Indonesia membiarkan pasar BEV di kelas Rp 300 juta hingga Rp 500 juta dikuasai rival-rivalnya.

Kami percaya, jika Toyota tengah mempersiapkan produk yang akan mengisi kompetisi di segmen ini.

Baca juga: 5 Hal Penting dari Toyota bZ4X, Tampilan Biasa Aja Harganya Mahal Apa Pantas Dibeli?

Toyota Bangun Jaringan Charging Station Sampai ke Aceh

Tipenya bahkan sudah Ultra Fast Charging 120 kW

Rencana besar yang sedang dipersiapkan oleh Toyota Indonesia untuk kendaraan listrik terbaru sepertinya sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2023.

Kala itu TAM memperkenalkan jaringan charging station yang diberi label Toyota xEV Ecosystem dan disebar ke sejumlah dealer resmi Toyota.

Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM, ini merupakan bagian dari strategi Multi Pathway Toyota yang tidak hanya mengahdirkan kendaraan elektrifikasi melalui  Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV), namun juga memberikan kemudahan para pelanggan xEV Toyota.

Anton bahkan sempat menyebutkan harapan jika hingga akhir tahun 2023 akan ada jaringan pengisian daya listrik baterai EV di 200 dealer resmi Toyota hingga ke wilayah pelosok seperti Aceh.

Baca juga: Gak Usah Takut Kehabisan Baterai, Charging Station Toyota Kini Ada di Dealer, Mal, hingga Rest Area Tol Trans Jawa

Juga ada fasilitas di mal dan rest area Tol Trans Jawa

Selain di dealer, charging station ini juga masuk ke pusat-pusat perbelanjaan melalui fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot.

Lokasinya memang baru ada di ASHTA Mal kawasan SCBD, Jakarta Selatan, tapi ke depannya sejumlah mal ternama juga bakal menerima fasilitas serupa.

Kemudian, Toyota juga mulai membangun tempat ngecas baterai mobil listrik di sejumlah Rest Area Tol Trans Jawa yang bahkan unitnya merupakan DC Ultra Fast Charger (UFC) berdaya 120 kW.

Secara total, saat ini telah tersedia lebih dari 74 titik charging station Toyota yang tersebar di berbagai dealer dan tempat umum di seluruh Indonesia. Angka ini ditargetkan akan terus bertambah, dan pada akhir 2024 diharapkan akan tersedia di seluruh jaringan dealer Toyota di Indonesia.

Lantas untuk apa charging station sebanyak itu dipersiapkan? Sementara kalau kita melihat penjualan bZ4X dan RAV4 GR Sport PHEV, kedua mobil yang membutuhkan charging station ini jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Data Gaikindo mencatat, periode Januari-November 2023, wholesales bZ4X hanya 476 unit, RAV4 pun jauh lebih sedikit, yakni cuma 11 unit saja.

Baca juga: Data Spesifikasi Toyota Kijang Innova EV Terungkap, Harga di Atas Rp1 Miliar

Toyota Kijang Innova EV Makin Sering Berkeliaran di Jalan

Unit Kijang Innova EV ini bahkan sudah mendapatkan plat nomor resmi (Foto: Facebook Motuba)

Kecurigaan akan persiapan hadirnya mobil listrik Toyota terbaru ini rasanya diperkuat dengan beberapa kali muncul unggahan sosok Toyota Kijang Innova EV di lini masa media sosial Instagram dan juga Facebook.

Diketahui setidaknya ada dua unit LMPV listrik berbasis Toyota Kijang Innova Venturer itu yang mondar-mandir di jalan raya, satu berkelir putih, satunya lagi pakai warna merah di eksteriornya.

Unit Innova listrik ini sendiri pertama kali diperkenalkan secara umum melalui pameran IIMS Hybrid 2022.

Meski cuma muncul di hari pertama, tetapi mobil ini sempat di jajal langsung oleh Airlangga Hartarto, Menteri Perekonomian Republik Indonesia (Menko RI).

Baca juga: Sosok Toyota Kijang Innova Listrik Tampil di IIMS Hybrid 2022

Tampil hanya sehari di IIMS 2022

Toyota Kijang Innova EV diketahui menggunakan dua baterai dengan total kapasitas 58,9 kWh serta memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 300 km.

Apakah mobil listrik terbaru dari Toyota nantinya akan pakai platform setara dengan Kijang Innova? Atau malah bakal muncul Innova Zenix EV selain versi hybrid?

Dugaan ini diperkuat setelah di Thailand belum lama ini Toyota juga memperkenalkan prototipe Hilux elektrifikasi.

Ada tiga sumber tenaga yang ditawarkan, yaitu Hilux diesel hybrid (HEV), Hilux Fuel Cell Hydrogen (FCEV), dan Hilux e yang berbasis BEV. 

Menariknya, Hilux BEV yang sama-sama pakai platform IMV dengan Innova Venturer, juga memiliki kemampuan daya jelajah hingga 300 km.

Mirip bukan dengan Kijang Innova EV yang mondar-mandir di jalanan Indonesia?

Baca juga: Bikin Kepo, Begini Kolong Toyota Kijang Innova EV Tempat Baterai dan Motor Elektrik Bersemayam

Toyota Veloz Bakal Punya Varian PHEV?

Sudah lama digosipkan Veloz bakal hadir varian hybrid

Satu lagi yang kami prediksi akan jadi mobil listrik Toyota untuk kelas massal, yaitu Toyota Veloz.

Ya, Toyota memang sudah cukup lama digembar-gemborkan bakal merilis satu lagi mobil hybrid (HEV) untuk segmen yang terjangkau banyak kalangan di Indonesia.

Setelah Yaris Cross HEV, isu yang mencuat sejak Mei 2023 adalah Veloz HEV, lantaran berbagi mesin yang serupa dengan Yaris Cross hybrid.

Tapi, dengan adanya informasi jika Toyota membuka banyak sekali charging station hingga ke mal dan rest area jalan tol, maka rasanya bukan hanya model HEV saja yang ditawarkan.

Mengingat mobil-mobil HEV tidak membutuhkan charging station seperti halnya mobil PHEV dan BEV.

Jadi, bisa saja selain Veloz HEV, tahun ini bakal keluar sekaligus varian Toyota Veloz PHEV.

Bagaimana Toyota?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Veloz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Toyota Veloz

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Memperkenalkan All New Toyota Veloz 2022

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Sirkuit Mandalika yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, jadi kebanggan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, sirkuit yang memiliki panjang 4.301 km dengan 17 tikungan ini sudah menggelar sejumlah balapan bergengsi, termasuk Motor GP dan juga Superbike. Meski saat ini kerap dipakai balapan sepeda motor, namun Mandalika Gran Prix Association (MGPA) yang mengelola dan mengoperasikan sirkuit tersebut sedang mengurus agar lintasan bisa ikut menggelar balapan mobil kelas dunia. Baca jug
Rental mobil lepas kunci alias tanpa didampingi sopir dari tempat jasa sewa, jadi pilihan mereka yang ingin melakukan liburan atau untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Dengan memanfaatkan rental mobil lepas kunci, maka penyewa jadi lebih leluasa dibandingkan menggunakan transportasi umum. Namun begitu, sewa mobil tanpa atau menggunakan jasa sopir, memang sebuah pilihan bagi si penyewa. Pada intinya rental mobil dengan maupun tanpa sopir, maka sama-sama mobil yang digunakan milik orang lain yan
Kelebihan dan kekurangan Toyota Corolla Altis gen 1 menarik untuk dibahas mengingat sedan Toyota yang satu ini harganya sudah terjangkau tapi tetap terlihat mewah. Bagaimana tidak, mobil jenis medium sedan dengan membawa kesan luxury ini untuk pasaran harga bekasnya kini berada di angka Rp60 jutaan, atau setara dengan Toyota Vios Limo gen 3 lansiran 2013. Sebagai generasi kesembilan produk global Toyota untuk model Corolla, Corolla Altis gen 1 pertama kali masuk Indonesia pada tahun 2001. Penggu
Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan transmisi CVT dan matic konvensional yang ada di sebuah mobil. Kedua jenis transmisi ini memang sama-sama tidak membutuhkan pedal kopling seperti halnya pada gearbox manual, namun ada beberapa diferensiasi antara transmisi CVT dan matic konvensional. Apalagi rata-rata produsen kendaraan kini mengadopsi layout FWD (Front Wheel Drive) alias sistem penggerak roda depan untuk lini mobil yang mengedepankan faktor harga murah dan kenyamanan lebih baik.
Sejumlah mobil listrik BYD memang telah dipersiapkan untuk masuk Indonesia mulai tahun 2024, seperti BYD Dolphin dan BYD Seal. Untuk pasar di Tanah Air, BYD memang boleh dibilang pemain baru di segmen kendaraan elektrik mobil penumpang (passenger car). Karena sebelumnya, brand asal China ini lebih dulu masuk di kelas kendaraan komersial melalui beberapa unit bus listrik yang digunakan sebagai armada TransJakarta, dan juga kendaraan taksi dari operator Blue Bird. Nantinya BYD bakal berjuang denga

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Veloz
Lihat