window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Gak Usah Takut Kehabisan Baterai, Charging Station Toyota Kini Ada di Dealer, Mal, hingga Rest Area Tol Trans Jawa

Prasetyo · 4 Okt, 2023 15:01

charging station toyota

Seiring populasi kendaraan listrik yang terus meningkat, Toyota berkomitmen untuk semakin meningkatkan jumlah charging station dibanyak tempat.

Masih bagian dari Total Mobility Solution, Toyota xEV Ecosystem akan diterapkan melalui jaringan fasilitas charging spot, bukan hanya di Jakarta, namun juga diseluruh wilayah Tanah Air.

@autofun.indonesia Main ke Toyota xEV Center buat liat cara kerja mesin hybrid dan pengembangan elektrifikasi lainnya. #tipsmobil #reviewmobil #autofact #mobilbaru #mobilhybrid ♬ Jazz Bossa Nova - TOKYO Lonesome Blue

"Dengan visi continuous improvement, Toyota xEV Ecosystem disiapkan pula di area publik untuk memberikan kemudahan dan mendukung lifestyle pelanggan, serta di rest area Jalan Tol Trans Jawa demi meningkatkan daya jelajah xEV Toyota," terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), melalui keterangan tertulisnya, Rabu (04/10/2023).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Masih menurut Anton, ini merupakan bagian dari strategi Multi Pathway Toyota yang tidak hanya mengahdirkan kendaraan elektrifikasi melalui  Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV), namun juga memberikan kemudahan para pelanggan xEV Toyota.

Baca juga: Mobil Listrik Ternyata Bisa Pakai Knalpot yang Mengeluarkan Suara, Jadi Mirip Supercar

Charging Station Ada di Dealer Resmi Toyota

Ultra Fast Charging Toyota

Ultra Fast Charging Toyota

Saat ini sudah ada 50 dealer Toyota yang memiliki fasilitas charging spot dan akan bertambah hingga 200 dealer di akhir 2023, serta lebih banyak lagi ditahun-tahun mendatang. 

Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22kW, dan para pelanggan Toyota bisa mengisi ulang daya baterai secara gratis di fasilitas tersebut.

Kemudian Toyota juga telah memberikan paket wall charger untuk setiap pembelian bZ4X dan RAV4 GR Sport PHEV, sehingga pelanggan dapat melakukan charging baterai kendaraannya secara mandiri di rumah.

Baca juga: Tips Modifikasi Audio Mobil Listrik, Awas Ganggu Kinerja Baterainya

Ada Charging Station Toyota di Mal dan Tol Trans Jawa

charging station Toyota ASTHA Mal

Pertama berlokasi di ASHTA Mal

Selain di beberapa dealer, kini Toyota juga menyediakan fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di ASHTA Mal yang berada di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang bateraieksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota dengan menyediakan 1 unit Ultra Fast Charger 120kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO & AC Type 2 (22 kW)) dan 2 unit AC Charger Type 2 7kW yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama pelanggan shoping atau hang out di mal tersebut. 

Baca juga: Demi Penjualan Mobil Listrik Makin Moncer, Toyota Adopsi Teknologi Tesla dan Pakai Baterai dari China

Parking Spot EV Toyota

Ada area parkir khusus buat pengguna xEV Toyota

Tak cuma itu, ada pula 8 titik parkir Privilege Parking Spot yang merupakan area parkir yang disediakan khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota di lokasi yang sama.

Ke deannya, Toyota akan membangun beberapa fasilitas Ultra Fast Charging 120kW di sejumlah mal di Jakarta, serta unit AC charger 7kW dan 22kW juga di lokasi mal-mal tersebut.

Sementara untuk menjamin kenyamanan pengguna xEV Toyota yang berkendara ke luar kota, terdapat fasilitas Ultra Fast Charging Spot di rest area Jalan Tol Trans Jawa yang rencananya akan dilengkapi pula dengan unit DC Ultra Fast Charger (UFC) berdaya 120kW.

Charging Station Toyota rest area

Ada di rest area

Namun nantinya, akan didirikan pula fasilitas Ultra Fast Charging 120kW dan AC Charger 7kW dan 22kW di beberapa rest area lainnya.

"Ekosistem yang dibangun dan tersebar mulai dari outlet Toyota, pusat perbelanjaan besar sebagai spot lifestyle, hingga rest area jalan tol ini untuk mendukung mobilitas pengguna BEV Toyota dan Lexus," tukas Fumitaka Kawashima, Marketing Director TAM.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota bZ4X 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia