window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ New Daihatsu Sirion: Tanpa ASA dan Hanya Tersedia Transmisi D-CVT?

Enda · 3 Jun, 2022 13:30

New Daihatsu Sirion

Setelah sekian purnama akhirnya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis New Daihatsu Sirion, Kamis (2/6). Sebagai city car hatchback, generasi ketiganya ini tampil lebih atraktif, stylish, serta nyaman berkat adanya beberapa improvement di bagian eksterior, interior dan fitur.

Untuk harganya, saat diluncurkan New Daihatsu Sirion dibandrol dari Rp227,6 juta sampai dengan Rp236,8 juta. Apabila kalian tertarik membelinya, ketahui lebih dulu beberapa informasi terkait mobil ini melalui ulasan berikut.

Baca juga: Intip Keunggulan Daihatsu Sirion 2022 Buat Indonesia, Impor Utuh dari Malaysia Tapi Spek Beda

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. New Daihatsu Sirion Buatan Mana?

New Daihatsu Sirion

New Daihatsu Sirion didatangkan langsung dari Malaysia

Sama seperti Sirion yang ada sebelumnya, model faceliftnya ini juga didatangkan utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Malaysia. Di Negeri Jiran, mobil yang bernama Perodua Myvi kemudian direbranding menjadi Sirion dengan sedikit menyesuaikan tampilan serta fitur guna memadukan selera konsumen Tanah Air.

2. Apa yang Membuat New Daihatsu Sirion Terlihat Begitu Menarik?

New Daihatsu Sirion

Tampilan luar New Daihatsu Sirion terlihat semakin stylish, atraktif sekaligus sporty

Hal paling utama yang membuat New Daihatsu Sirion terlihat menarik ada pada tampilan luarnya. Dimana pada fasadnya mobil ini mendapat revisi di bagian depan dan belakang, lalu grill yang membuatnya terlihat lebih segar.

Melihat fascianya, bentuk lampunya terkesan lebih atraktif dan sporty berkat desain baru yang telah dilengkapi teknologi LED. Tak luput pada grillnya terlihat semakin membesar sekaligus atraktif dan dinamis berkat adanya list krom memanjang yang seolah menghubungkan kedua buah lampu.

Di ujung bumper, terdapat kisi-kisi atau aksesoris berupa list hitam berbentuk vertikal yang memberikan kesan sporty pada mobil ini. Selain itu di bumpernya juga terdapat tambahan difusser dengan tampilan add-on yang dikombinasikan warna silver untuk tipe teratasnya.

Melihat sisi samping, dibandingkan dengan model pre-facelift Sirion anyar terlihat tak ada ubahan yang berarti kecuali side skirt. Pada buritannya, untuk stoplamp dan bagian lainnya juga masih terlihat sama. Hanya saja bumpernya tampil lebih sporty menyesuaikan bagian depan dengan mendapatkan list hitam vertikal di ujung bumper serta difusser.

3. New Daihatsu Sirion Apakah Fiturnya Lebih Oke Dari Sebelumnya?

New Daihatsu Sirion

New Daihatsu Sirion mendapat head unit baru

Guna memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman, kini New Daihatsu Sirion telah dilengkapi dengan meter cluster MID baru berukuran 4,2 inci dengan pilihan menu yang lebih informatif.

Dari segi hiburannya, mobil ini turut dibenamkan head unit baru yang mendukung konektifitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI. Seperti yang diketahui, fitur Smart Link sendiri mampu mengonekan antara sistem hiburan dengan smartphone melalui aplikasi baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya.

Tak hanya itu, hal kenyamanan lainnya, generasi anyarnya juga dilengkapi dengan air purifier untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lebih bersih dan sehat di dalam kabin. Berkendara dengan mobil ini juga terasa lebih aman dan nyaman, berkat disematkannya speed sensing door lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu.

Sama seperti Terios, Sirion terbaru turut dilengkapi Idle Stop System yang berfungsi mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti. Dengan adanya fitur ini tentunya juga dapat menghemat penggunaan BBM. Jika tidak ingin menjalankannya, kalian bisa menonaktifkan dan mengaktifkan kembali menyesuaikan kebutuhan.

Baca juga: First Impressions Daihatsu Sirion 2022: Pakai Transmisi D-CVT dan Mesin Xenia Terasa Lebih Baik?

4. Apakah Fitur Keselamatan dan Keamanan New Daihatsu Sirion Lebih Komplit?

New Daihatsu Sirion

Fitur keselamatan HSA kini bisa dijumpai di New Daihatsu Sirion

Fitur keselamatan berupa 4 airbags di depan, VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik yang ada di model sebelumnya tetap dipertahankan pada generasi faceliftnya.

Namun, untuk memberikan keselamatan secara lebih maksimal, pihaknya telah menambahkan fitur berupa HSA (Hill Start Assist). Seperti yang diketahui fitur ini dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik agar dapat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas ketika siap bermanuver.

Dari segi keamanan, fitur seperti key free, engine start-stop button dan alarm juga tetap dipertahankan guna menghindari dari pencurian.

5. Pilihan Transmisi Manual Apakah Masih Tersedia di New Daihatsu Sirion?

New Daihatsu Sirion

New Daihatsu Sirion hanya mengandalkan transmisi D-CVT

Untuk jantung pacunya New Daihatsu Sirion masih menggunakan mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4-silinder segaris berkapasitas 1.329 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 95 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 121 Nm @4.200 rpm. Bicara soal tingkat percepatannya, pada versi faceliftnya ini ADM hanya menawarkan transmisi D-CVT menggantikan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan sebelumnya.

Perlu diketahui transmisi D-CVT yang digunakan memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, yang bisa memberikan sensasi berkendara secara lebih halus saat perpindahan kecepatan.

Selain itu, pada teknologi ini rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi.

Selain menyuguhkan pengalaman berkendara lebih halus, sekaligus responsif, penggunaan transmisi D-CVT juga memberikan angka penggunaan BBM yang lebih efisien.

Kesimpulan

Selain terlihat semakin stylish, atraktif dan sporty, New Daihatsu Sirion turut mendapatkan pembaruan dari sisi fitur unggulan dan keselamatan berkendara. Dengan begitu Sirion terbaru tentunya akan terasa lebih nyaman saat dikendarai.

Sebagai catatan, untuk tipenya mobil ini hanya ditawarkan dengan dua varian, yakni X dan R dimana untuk semua modelnya hanya tersedia transmisi CVT.

Baca juga: Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil