window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite?

Yongki Sanjaya · 26 Apr, 2022 16:30

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite? 01

Peluncuran Honda Brio RS Urbanite cukup menggemparkan. Bukan karena desain atau keunggulannya, tapi karena harganya yang sangat mahal untuk ukuran city car. Bahkan bila dibandingkan dengan Daihatsu Sirion, Brio tipe tertinggi ini harganya masih sedikit lebih tinggi.

Untuk Daihatsu Sirion AT, dijual seharga Rp224.700.000. Bandingkan dengan Brio RS Urbanite yang tidak mendapat keringanan pajak LCGC, dijual seharga Rp235.900.000. Selisihnya mencapai Rp11,2 juta lebih mahal, meskipun Brio ini dari segmen city car.

Lantas, apa menariknya Daihatsu Sirion sehingga lebih layak dipilih daripada Brio RS Urbanite ini? Mari kita bandingkan keduanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Sirion, Hatchback Murah tapi Fiturnya Oke Punya

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite? 01

Meskipun penjualannya kalah laris daripada Toyota Yaris atau bahkan City Hatchback, Daihatsu Sirion ini patut diperhitungkan karena harganya yang paling murah di segmen hatchback. 

Pada New Sirion, terdapat penambahan aerokit dan side stone guard baru, menjadikan eksterior New Sirion lebih fresh. Pada bemper depan dipasangi spoiler, dan side skirt dua warna pada sisi samping. 

Secara fitur, mungkin kalah lengkap daripada City Hatchback. Namun demikian, jelas Sirion mampu bicara banyak bila dibandingkan Brio RS Urbanite yang kemahalan karena body kitnya ini. Bila mau sedikit bersabar, Daihatsu Sirion baru kabarnya akan meluncur pada Juli 2022 mendatang. 

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite? 02

Fitur dukungan hiburan di Sirion tidak terlalu istimewa karena mirip seperti pada Honda Brio RS. Perbedaan hanyalah pada dimensi layar head unit dimana Sirion lebih gede sedikit. Selain itu, Sirion juga telah dibekali dengan panel AC digital. 

Fitur hiburannya dilengkapi dengan head unit 7 inci dengan dukungan Mirror Link, radio AM/FM, CD Player, dan sistem navigasi, dan lain sebagainya. Kemampuan head unit baru di Daihatsu Sirion bisa memutar beragam source musik kekinian termasuk dari gawai. Kamu pun tak perlu khawatir kesepian atau mati gaya saat di jalan dan sendirian.

Mesin Daihatsu Sirion, Tenaganya Beda Tipis dengan Honda Brio

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite? 03

Daihatsu Sirion dipersenjatai dengan mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-I 4 silinder berkapasitas 1.329 cc. Mesin itu menghasilkan tenaga sebesar 95 ps dengan torsi 120 Nm.

Honda Brio baik versi LCGC atau RS dibekali mesin L12 B 1,2 liter i-VTEC empat silinder segaris Single Over Head Camshaft (SOHC). Tenaga maksimum yang dihasilkan dari mesin i-VTEC sebesar 90 PS di 6.000 rpm. Sementara torsi maksimum mencapai 110 Nm pada 4.800 rpm. 

Bila dibandingkan, Sirion unggul 5 ps dibandingkan Brio. Hal ini tentunya membuat Sirion jadi lebih worth it untuk hatchback Rp200 jutaan. 

Honda Brio RS Urbanite, Mahal Cuma Karena Aksesoris Body Kit

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite? 04

Cukup kontras bila melihat sosok Sirion yang bersahaja dibandingkan dengan Brio RS Urbanite yang glamor memakai body kit ala racing style. Pasalnya, panel body kit ini membuat harganya jadi meroket. 

Sosok Honda Brio RS Urbanite Edition versi kedua kini hadir dengan New Tailgate Wing Spoiler, New Matte Black Alloy Wheels Design. Ketiganya melengkapi aksesoris yang sudah hadir pada Brio RS Urbanite versi pertama yang mendapat Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser, Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle. 

Fitur yang dimiliki versi Urbanite ini sama seperti Brio RS biasa. Tipe RS memiliki aksen hitam di bagian atap sehingga lebih terlihat sporty ala panoramic roof. 

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite? 05

Bicara dari segi kelengkapan fitur, Brio RS Urbanite dibekali head unit 6.1" Touchscreen Display Audio, USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Compatible w/ Rear Cam, CD & DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone. Kemudian, AC juga telah menganut panel model digital. Secara estetika panel AC ini lebih enak dilihat dan serasa lebih modern.

Kesimpulan

Daihatsu sengaja memposisikan Sirion berada di antara city car dan hatchback. Tujuannya adalah bisa meraup dua segmen konsumen sekaligus. Untuk itu, Sirion dirancang dengan dimensi mendekati hatchback dengan harga city car.

Terlebih, harga Brio RS Urbanite ini lebih mahal daripada Sirion dengan fitur yang mirip. Hal ini membuat Sirion jadi value for money karena unggul dari sisi spesifikasi mesin yang lebih besar dan kabinnya lebih lega. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil