window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kupas Perbedaan Spesifikasi Neta V II Dibanding Model Sebelumnya

Prasetyo · 30 Apr, 2024 18:01

spesifikasi neta v ii

Spesifikasi Neta V-II resmi diumumkan oleh PT Neta Auto Indonesia di hari pertama pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2024), Selasa (30/04/2024).

Sebagai informasi, Neta V-II merupakan versi facelift dari mobil listrik Neta V yang sudah diperkenalkan sejak Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Meskipun hanya sekedar facelift dan masih mempertahankan sebagian besar desain serta platform dari model sebelumnya, tetapi ternyata banyak pembaruan yang dilakukan NETA pada mobil ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Ini menjadi momen yang tepat bagi NETA Indonesia, untuk memperkenalkan salah satu produk terbaru kami yaitu Neta V-II,"" kata Yusuf Anshori selaku Brand & Marketing Director PT NETA Auto Indonesia saat membuka booth NETA di PEVS 2024 yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/04/2024).

Yang istimewa dari Neta V facelift ini adalah mobil listrik tersebut sudah dirakit di Indonesia dengan menggunakan fasilitas PT Handal Indonesia Motor (HIM) yang ada di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

"Kini NETA fokus untuk melebarkan sayap di pasar otomotif Indonesia dengan melakukan perakitan lokal secara CKD serta meningkatkan komponen lokal untuk menghadirkan produk kualitas terbaik. Neta V-II adalah wujud nyata dari komitmen kami di Indonesia," tukas Yusuf.

Tujuan perakitan dalam negeri ini demi meningkatkan pengembangan komponen lokal hingga mencapai standar Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 40 persen yang memang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia.

Hadir dengan konsep "Smart & Play", Neta V-II coba menyasar kalangan generasi muda yang mau beralih menggunakan mobil listrik untuk aktifitas keseharian mereka.

Ada dua varian dari mobil ini, yaitu Lite dan Smart, namun untuk harganya baru akan diumumkan dalam beberapa bulan ke depan.

Kalau kalian ternyata lebih tertarik dengan mobil listrik berdarah Tiongkok ini, yuk simak ulasan mengenai spesifikasi Neta V II berikut ini.

Baca juga: Neta V II Kini Resmi Diproduksi di Indonesia

Perubahan Eksterior

spesifikasi neta v ii 2024

Galaxy Starlight Front Grille

Sebagai model facelift, tentu saja ada perubahan fisik dari mobil ini yang akan langsung terlihat siapa pun, utamanya di bagian fascia depan.

Misalnya Neta V-II pakai desain grill baru model diamond cut yang oleh NETA disebut sebagai "Starlight Grille", kemudian di kedua sudutnya juga sudah ditambah aksen hitam.

Hal berubah lainnya bisa dilihat dari keberadaan "Cute Big-Eyed Headlight", yaitu sepasang lampu utama yang kini sudah pakai LED projector, lengkap dengan LED Daytime Running Light.

spesifikasi neta v ii 2024

Desain velgnya juga berubah

Perubahan lain bisa dilihat dari desain velg mobil ini, yang sebelumnya model multi spoke, jadi seperti kipas dengan ukuran 16 inci berpadu ban ukuran 185/55 R16.

Lanjut ke belakang, terlihat juga desain lampu kombinasinya yang jauh berbeda dibanding Neta V sebelumnya.

Pabrikan menyebut desain ini sebagai "Meteor Tail Light" yang dibuat menyambung antara sisi kiri dan kanan dengan LED baru.

Kemudian di bagian atas lampu belakang ini juga sekarang ada desain lekukan bodi yang mirip duck tail.

spesifikasi neta v ii 2024

Lasmpu belakang terlihat makin futuristik

Lalu kaca belakang juga sekarang dilengkapi wiper dan juga rear defogger.

Sementara itu desain bemper belakang mobil ini juga alami perubahan dengan lekukan yang lebih halus, ditambah sepasang rear reflektor pada bagian bawahnya.

Baca juga: Mengulik Kelebihan dan Kekurangan Neta V, Sanggupkah Sesukses di Negara Asalnya?

Ada Upgrade Teknologi di Kabinnya

spesifikasi neta v ii 2024

Headunitnya pakai chipshet baru

Jika dari luar desain Neta V-II mengalami cukup banyak perubahan, maka ketika masuk ke bagian dalam, kabin mobil ini masih punya ambience yang sama dengan model sebelumnya.

Misalnya di sisi pengemudi ada digital instrument panel berupa layar 12 inci yang berkesan segi panjang namun sangat informatif menampilkan berbagai indikator seputar kendaraan.

Kemudian bentuk lingkar kemudinya juga masih model flat bottom dengan pola jahitan merah dan juga memiliki aksen merah di bagian atasnya.

Untuk di bagian tengah dasbor juga tetap berdiri secara potrait head unit 14,6 inci yang kini sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

spesifikasi neta v ii 2024

Kini ada tiga opsi pilihan warna untuk interiornya

Meski terlihat sama, namun perangkat digital yang juga berfungsi sebagai pusat akses untuk segala fitur di kendaraan ini sudah memakai chipset baru yaitu MediaTek dengan Processor 8 Core RAM 8 GB dan Internal Storage 64 GB.

Hal baru lainnya yang ada di mobil ini adalah HEPA N95 grade filter yang akan memberikan filtrasi udara terbaik demi membuat kabin jadi lebih sejuk dan segar untuk seluruh penumpangnya.

Lalu ada juga fitur wireless charger 15W yang diposisikan dengan konsol tengah, untuk memudahkan pengemudi atau penumpang depan dalam kebutuhan mengisi daya listrik baterai ponsel mereka.

Selanjutnya Neta kini menyediakan tiga tema warna kabin yang bisa dipilih sesuai selera konsumen, ada Optical White, kombinasi Mist Blue dan White, serta Classic Black.

Baca juga: SUV Listrik NETA X Siap Masuk Indonesia di 2024, Merak - Semarang Gak Perlu Ngecas Baterai!

Spesifikasi Neta V II Pakai Baterai Baru

spesifikasi neta v ii

Fascia depan banyak berubah

Selain secara fisik dan teknologi yang di upgrade pada beberapa perangkat digital di interior, spesifikasi Neta V II yang berubah ternyata ada pada bagian baterai di mobil ini.

Komponen paling vital tersebut ternyata sudah buatan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion) yabng juga sudha buatan lokal meski tetap berjenis Lithium Ferro Phosphate (LFP).

Baterai berkapasitas 36,1 kWh tersebut diklaim memiliki ketahanan dari berbagai gangguan ekstrim, seperti tahan terhadap suhu hingga 1000 derajat celcius, UL94 V0 grade flame retardant, punya electrical insulation protection, serta kemampuan memutus arus listrik secara total jika terdeteksi ada arus pendek untuk menghindari kebakaran.

Baterai ini juga diklaim memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 382 kilometer (km) dengan mode NEDC, serta 401 km di mode CLTC.

spesifikasi neta v ii 2024

Pakai baterai buatan Indonesia

Jika daya listrik pada baterai sudah mulai habis, maka untuk pengecasan dari kondisi 30% sampai 80% cuma dibutuhkan charging time 30 menit, serta sudah support charging station tipe DC Fast hingga 50 kW.

Adapun motor listriknya tetap pakai jenis Permanent Magnet Synchronization yang mampu memproduksi daya 70 kW (95 PS) dan torsi puncak 150 Nm, serta memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,1 detik.

Mobil ini juga tetap mempunyai kemampuan Vehicle-2-Load (V2L) untuk menyalurkan daya listrik pada baterai ke beberapa perangkat elektronik rumahan dengan daya hingga 3,3 kW.

Daya sebesar ini sangat cukup untuk kebutuhan lampu outdoor, kemudian mesin pembuat kopi, sampai kompor listrik.

Baca juga: Test Drive Mobil Listrik NETA V Jakarta - Semarang; Cukup Ngecas Sekali

Neta V-II Kini Sudah Punya ADAS

spesifikasi neta v ii 2024

Radar untuk ADAS

Satu lagi peningkatan teknologi pada spesifikasi Neta V-II adalah keberadaan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) dengan 9 fitur keselamatan berbeda.

Artinya, Neta V facelift ini sekarnag sudah punya teknologi Forward Collision Warning (FCW), Full-speed Adaptive Cruise Control (ACC), Intelligent Cruise Assist (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assist (LKA).

Selanjutnya ada juga Automatic Emergency Braking (AEB), Traffic Jam Assist (TJA),  Front Vehicle Start Alert (FSA), hingga High Beam Assist (HBA).

Spesifikasi Neta V-II 2024
Dimensi
Panjang 4.070 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.540 mm
Jarak sumbu roda 2.420 mm
Jarak ke tanah 165 mm
Ukuran ban 185/55 R16
Mesin
Motor listrik Permanent Magnet Synchronization
Daya maksimum 95 PS
Torsi 150 Nm
Transmisi Otomatis
Tipe baterai Lithium Ferro Phosphate
Kapasitas baterai 36,1 kWh
Daya tempuh 401 km CLTC
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Trailing Arm
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Disc

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Neta V

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia