window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Test Drive Mobil Listrik NETA V Jakarta - Semarang; Cukup Ngecas Sekali

Enda · 14 Des, 2023 14:02

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Jika sebelumnya kami berkesempatan melakukan test drive NETA V di GIIAS 2023, baru-baru ini kami diberi kesempatan PT NETA Auto Indonesia selaku agen pemegang merek NETA di Tanah Air, untuk mengetahui impresi berkendara jarak jauh dengan perjalanan Jakarta - Semarang.

Melalui kegiatan Media Test Drive NETA V bertajuk CHARGE UP YOUR EVERYDAY yang berlangsung 11 - 13 Desember 2023, kami turut serta dalam batch pertama yang diikutsertakan oleh 23 rekan media.

Melibatkan 7 unit NETA V, pada kegiatan kali ini rekan media bukan cuma diajak merasakan impresi berkendara jauh menggunakan mobil ini, namun juga ditantang untuk berkendara secara efisien.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Beli Mobil Listrik Neta V Dapat Garansi Seumur Hidup, Gak Usah Pikirin Biaya Servis Lagi!

Perjalanan Jakarta ke Semarang Pakai NETA V Habiskan Biaya Ngecas Rp80 Ribu

Pengalaman impresi berkendara NETA V

NETA V, lokasi Sam Poo Kong - Semarang

Perjalanan menuju ke Semarang menggunakan NETA V kali ini diawali dari diler NETA Arista Tebet, Jakarta Selatan.

Sebelum memulai perjalanan, kami melakukan pengecekan ketersediaan daya listrik pada baterai yang statusnya sudah terisi 99%.

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Status baterai sebelum perjalanan

Tak hanya itu, kami turut memastikan trip meter pada metercluster dalam kondisi ‘0’ kilometer untuk mengetahui berapa total jarak tempuh yang dilalui.

Perjalanan dari diler NETA Arista Tebet, kami masuk gerbang tol Tebet 2 menuju tol Cikampek dengan melewati tol layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ).

Berada di kilometer 16 tol layang MBZ, ketersediaan baterai yang ditampilkan pada layar MID menunjukan angka 91% dengan menempuh perjalanan 22,4 kilometer dari start awal.

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Melewati tol layang MBZ

Perjalanan ke Semarang menggunakan NETA V pun terasa mudah, dikarenakan mobil ini sudah dilengkapi sistem One Pedal yang berpengaruh terhadap efisiensi energi.

One Pedal disematkan untuk dapat menunjang sistem regenerative braking, saat pengemudi mengangkat kaki dari pijakan pedal gas untuk menghasilkan pengisian daya baterai.

Dengan fitur ini kami jarang menginjak pedal rem untuk melakukan deselerasi.

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Pengecasan di KM 228

Oh iya, perjalanan Jakarta - Semarang setidaknya terdapat beberapa SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang dilalui, empat diantaranya di rest area KM 130, KM 207, KM 228 dan KM 379.

Berkendara secara konstan di kecepatan rata-rata 90-105 km/jam, mobil yang kami gunakan melakukan pengecasan di rest area KM 228 Tol Kanci-Pejagan.

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Sisa baterai sesampainya di KM 228

Perjalanan dari Jakarta hingga rest area KM 228, ketersedian baterai pada metercluster menyisakan 24% dengan mencatatakan trip perjalanan sejauh 235,4 kilometer.

Sebagai informasi, di rest area KM 228 Tol Kanci-Pejagan untuk layanan SPKLU yang ditawarkan menggunakan pengisian daya fast charging.

Mulai pengecasan pukul 12.12 WIB, kami beristirahat 2 jam sampai dengan mobil selesai dicas.

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Selesai pengecasan

Pukul 14.11 WIB pengecasan dihentikan dengan mendapatkan daya listrik yang tersimpan pada baterai sejumlah 92%.

Untuk biaya pengecasan NETA V yang kami gunakan menghabiskan Rp79.924.

Setelah selesai melakukan pengecasan, kami kembali melanjutkan perjalanan menuju Semarang.

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Biaya pengecasan NETA V Jakarta - Semarang

Perjalanan ke Semarang kami tidak lagi melakukan pengecasan sampai dengan setibanya di titik tujuan Restaurant Kampung Laut yang terletak di Tawangsari, Semarang Barat.

Sesampainya ditujuan, berdasarkan trip meter perjalanan yang kami tempuh sejauh 435,6 kilometer dengan menyisakan daya listrik pada baterai 29%.

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Sisa baterai sesampainya di Semarang

Menurut informasi pada metercluster, 29% daya listik yang tersisa pada baterai masih bisa menjalankan mobil sejauh 120 km.

Test Drive NETA V: Posisi Berkendara

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Pandangan mengemudi NETA V

Untuk posisi duduk NETA V saat kami gunakan ke luar kota terasa nyaman.

Selain itu juga kami dibuat kagum dengan visibilitas yang ditawarkan.

Mempunyai dashboard lebar dan landai, serta panel instrument dengan bentuk pipih, untuk pandangan mengemudi menurut kami terasa luas.

Meskpiun pada center clusternya tersematkan head unit layar sentuh model floating dengan tampilan potrait berukuran 14,6 inci, pandangan mengemudi ke depan juga tidak terganggu.

Mobil ini juga memiliki desain pilar A dengan desain pipih yang cukup comfortable, membuat pandangan ke sisi kanan dan kirinya terasa mudah minim bilnd spot.

Baca juga: 100 Unit Pertama Mobil Listrik NETA V Mulai Dikirim ke Konsumen

Test Drive NETA V : Kenyamanan Suspensi

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Suspensi NETA V bouncing

Umumnya mobil jenis crossover memiliki bantingan suspensi yang terasa stiff.

Namun pada NETA V, bantingan yang kami rasakan terasa bouncing ketika melewati sambungan jembatan di tol MBZ serta aspal berkontur di tol Trans Jawa.

Ketika melaju pada kecepatan 100 km/jam saat melewati jalan yang menanjak dan menurun, kami merasakan gejala limbung dari mobil ini.

Bantingan yang terlalu empuk juga terasa kurang nyaman saat kami mencoba singgah di bangku belakang.

Dikatakan Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia (NAI), untuk bagian sistem kejut NETA V sudah mendapatkan improvement.

"Keluhan NETA V sebelumnya memang pada suspensinya yang terlalu empuk. Namun kini kami sudah melakukan ubahan pada shockbreaker depan dan belakang dengan tingkat kekerasan kompresi lebih stiff. Yan

g diubah itu di bagian dalam shockbreaker seperti cylinder valve. Untuk versi improvement sendiri sudah dilakukan pada unit yang diserahkan kepada konsumen.

Namun kalau memang masih suitable (sesuai, red) nanti kita akan sampaikan lagi,” ungkapnya kepada Autofun Indonesia, Selasa (12/12/2023).

Test Drive NETA V : Spesifikasi Motor Listrik dan Baterai

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Jarak tempuh NETA V diklaim mencapai 410 kilometer

NETA V dibekali motor listrik tunggal yang diletakan di depan dengan menghasilkan tenaga 70 kW (95 PS) serta torsi 150 Nm.

Motor penggeraknya mendapat asupan listrik dari baterai Lithium-ion (LFP) berkapasitas 40,7 kWh, yang mana menurut CLTC dapat menempuh jarak 401 km.

Untuk gaya berkendara yang diinginkan, mobil ini memiliki 2 Mode yakni; Normal dan Sport yang disebut Athletic.

Memiliki sistem pengecasan quick charging dengan soket DC fast charging, dari kondisi 30% hingga 80% saat pengecasan hanya membutuhkan 30 menit. 

Beda halnya menggunakan home charger dengan arus AC, dari 0-100% memerlukan 8 jam.

Test Drive NETA V : Fitur Keselamatan

Pengalaman impresi berkendara NETA V

Dai segi keselamatan berkendara Neta V berhasil diaplikasikan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction Control, Electronic Stability Control (ESC), Cruise Control, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Hill Start Assist (HSA).

Selain itu juga terdapat Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Parking Brake (EPB), Hill Descent Control (HDC), HEPT 3.0 Battery Temprature Management System, dual SRS airbags, seatbelt reminder, sensor parkir dan kamera belakang.

Menyoal kemananan berkendara, mobil ini tersematkan immobilizer system, alarm system dan keyless entry.

Baca juga: First Drive Neta V: Mobil Listrik Murah Tapi Bukan Murahan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Neta S 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia