window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengulik Kelebihan dan Kekurangan Neta V, Sanggupkah Sesukses di Negara Asalnya?

Enda · 27 Des, 2023 12:02

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Kelebihan dan kekurangan Neta V patut kalian ketahui sebelum membelinya mengingat harga mobil listrik ini cukup menarik.

Merupakan salah satu mobil listik terlaris di China, Neta V menempati segmen crossover listrik yang diluncurkan oleh PT Neta Auto Indonesia (NAI) melalui ajang GIIAS 2023 pada bulan Agustus.

Sebagai mobil listrik pertama PT NAI, untuk pasar Tanah Air Neta V dibandrol Rp379 juta OTR Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga baru di bawah Rp400 juta bersaing dengan Wuling Binguo EV, simak kelebihan dan kekurangan Neta V berikut ini.

Baca juga: Neta Permudah Pelaku Usaha Bangun Dealer di Seluruh Indonesia

Kelebihan Neta V

1. Desain Modern dan Stylish

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Tampilan luar Neta V

Sebagai crossover listrik, Neta V secara penamplan bukan cuma terlihat modern namun juga stylish.

Mobil ini pun terlihat simpel dan modern dengan mengaplikasikan banyak garis lengkung.

Untuk fascia khususnya di bagian headlamp mobil ini dibekali LED projector yang mendukung fitur headlamp levelling. Pada buritan mobil ini turut disematkan stoplamp LED.

Menilik bagian dalam, nuansa interior yang ditampilkan pun menyuguhkan kesan dinamis sekaligus prestisius.

Terlihat dashboardnya memiliki bentuk lapang dan lebar dengan aksen kayu di bagian tengah.

2. Pandangan Mengemudi Luas

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Pandangan mengemudi NETA V

Keunggulan berikutnya yang dimiliki Neta V yakni menyuguhkan visibilitas atau pandangan mengemudi luas yang memberikan kenyamanan sekaligus kemudahan dalam berkendara.

Mempunyai dashboard dengan desain lebar dan landai serta panel instrument berbentuk pipih, alhasil untuk pandangan mengemudi menurut kami terasa luas.

Terlebih desain pilar A-nya mobil ini memiliki bentuk pipih yang cukup comfortable, membuat pandangan ke sisi kanan dan kirinya terasa mudah minim akan blind spot.

3. Fitur Unggulan Canggih

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Head unit 14,6 inci

Mengusung konsep minimalis dengan teknologi modern mobil ini dibekali beragam fitur canggih yang memberikan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Seperti diketahui Neta V telah didukung panel isntrument berukuran 12 inci dengan desain minimalis yang sangat informatif menampilkan beragam informasi seputar kendaraan. 

Tak hanya itu, untuk setirnya mempunyai desain flat top and bottom dengan tombol pengaturan yang terkoneksi dengan sistem hiburan maupun pusat informasi kendaraan.

Bicara mengenai sistem hiburannya, mobil ini dipadukan head unit layar sentuh model floating dengan tampilan potrait berukuran 14,6 inci yang ditelakan di center cluster.

Selain mendukung konektivitas smartphone baik Android Auto maupun Apple CarPlay, melalui sistem hiburannya pengguna dapat menjalankan beragam fitur.

Fitur yang bisa dikendalikan melalui head unitnya tersebut antara lain; menghidupkan serta mengatur sistem pendingin udara, mengetahui status kendaraan, menyalakan lampu, mengatur tinggi rendahnya lampu, bahkan hingga mematikan sistem kelistrikan, dan masih banyak lainnya.

Canggihnya sistem audio yang digunakan dapat meningkatkan volume suara secara otomatis ketika pengemudi menambah kecepatan mobil.

Untuk sistem pendingin udara atau AC, mobil ini didukung dengan teknologi N95 pada filternya yang mampu menyaring bakteri serta udara tidak baik di dalam kabin.

Baris keduanya mobil ini turut dilengkapi port USB serta power outlet bertegangan 12 volt, yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengisian daya.

4. Fitur Keselamatan Jempolan

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Neta V warna white storm

Neta V memiliki fitur keselamatan jempolan.

Didalamnya kalian bisa menjumpai beberapa fitur seperti; Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction Control, Electronic Stability Control (ESC), Cruise Control, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Hill Start Assist (HSA).

Ada pula Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Parking Brake (EPB), Hill Descent Control (HDC), HEPT 3.0 Battery Temperature Management System, dual SRS airbags, seatbelt reminder, sensor parkir dan kamera belakang.

Dari segi keamanan turut disematkan immobilizer system, alarm system dan keyless entry.

5. Mendukung Pengisian Daya Cepat, Baterainya Lolos Sertifikasi IP68

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Neta V lewati genangan air

Neta V didukung dengan baterai Lithium-ion (LFP) berkapasitas 40,7 kWh, yang menurut CLTC dapat menempuh jarak 401 km.

Untuk baterainya sendiri telah lolos dalam pengujian ketahan dari debu dan di dalam air dengan memperoleh sertifikasi IP68.

Meraih sertifikasi IP68, baterainya memiliki kekuatan atau ketahanan rendaman baterai di dalam air lebih baik dibandingkan IP67.

Baterai IP68 dapat tahan ketika terendam air di dengan ketinggian 1,5 meter, berbeda dengan IP67 yang hanya tahan 1 meter.

Saat terendam air, baterainya pun mampu bertahan beroperasi seperti biasa hingga 30 menit, dan tidak akan rusak juga tidak menimbulkan korsleting listrik.

Menariknya untuk baterai mobil ini dibekali sistem quick charging dengan soket DC fast charging, yang lama waktu pengecasan dari kondisi 30% hingga 80% hanya membutuhkan 30 menit. 

Sebagai opsi, mobil ini turut dilengkapi pengecasan home charger dengan arus AC yang dari 0-100% memerlukan 8 jam.

6. Cukup Responsif, Neta V Dilengkapi dengan 2 Mode Berkendara

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Tes drive Neta V

Neta V dibekali motor listrik tunggal dengan menghasilkan tenaga 70 kW (95 PS) serta torsi 150 Nm yang disalurkan ke roda depan. 

Memiliki 2 Mode berkendara, yakni; Normal dan Sport yang disebut Athletic, untuk performa yang dihasilkan terasa cukup responsif terlebih saat menggunakan mode Sport.

Oh iya, mobil ini juga dilengkapi regenerative braking hingga fitur one pedal, yang dapat dapat digunakan untuk melakukan pengisian daya baterai dengan memanfaatkan energi kinetik dari proses pengereman.

7. Radius Putar Kecil, Neta V Terasa Sat-set

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Manuver Neta V

Keunggulan lain yang dimiliki Neta V yakni radius putarnya yang kecil. Di atas kertas untuk radius putarnya di angka 4,85 meter.

Memiliki radius putar yang kecil membuat mobil ini terasa lincah dan ringkas ketika melakukan putar balik maupun saat parkir di tempat sempit.

Tak hanya itu, untuk putaran stir pun terasa ringan dengan mengusung teknologi Electronic Power Steering (EPS).

Baca juga: SUV Listrik NETA X Siap Masuk Indonesia di 2024, Merak - Semarang Gak Perlu Ngecas Baterai!

Kekurangan Neta V

1. Suspensi Terlalu Empuk Menimbulkan Gejala Limbung

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Tampilan belakang Neta V

Neta V memiliki suspensi dengan karakter yang empuk ketika melewati jalanan berkontur.

Penggunaan dalam kotanya untuk bantingan yang dihasilkan terasa nyaman.

Namun ketika dipakai berpergian ke luar kota, untuk bantingannya terasa sangat bouncing serta menimbulkan gejala limbung.

2. Tidak Dilengkapi Tilt & Telescopic Steering

Kekurangan berikutnya yang ada pada Neta V yakni mobil ini tidak dilengkapi fitur tilt&telescopic pada sistem kemudinya.

Dengan begitu pengemudi tidak bisa mengatur tinggi-rendah maupun maju-mundurnya setir guna mendapati posisi berkendara yang nyaman.

3. Baris Kedua Kurang Ramah Bagi Penumpang Dewasa

Kelebihan dan kekurangan Neta V

Jok baris kedua

Untuk baris kedua Neta V memiliki ruang yang terbatas terlebih pada bagian legroom.

Bagi penumpang dewasa dengan tinggi badan di atas 173 cm akan merasa kurang nyaman ketika berpergian cukup lama.

4. Tidak Ada Cup Holder di Jok Belakang

Kekurangan lainnya yang ada pada Neta V yakni jok baris kedua tidak dilengkapi cup holder atau laci penyimpanan barang pada door trim.

Dengan begitu penumpang akan merasa sedikit repot ketika ingin menaruh botol minum atau barang bawaan lainnya.

Kesimpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Neta V melalui ulasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa mobil listrik ini sangat cocok digunakan di dalam kota karena memiliki dimensi yang kompak serta radius putar kecil.

Selain itu juga mobil listrik pertama Neta di Tanah Air ini mempunyai fitur unggulan dan keselamatan lengkap, pengisian daya cepat, motor listrik responsif, serta baterai dengan ketahanan IP68.

Namun untuk kelemahan mobil listrik ini ada pada bagian sistem peredam kejut yang terasa sangat empuk sehingga menimbulkan gejala limbung, tidak ada tilt & telescopic steering, ruang baris kedua sempit serta tidak dilengkapi cup holder pada door trim.

Baca juga: Test Drive Mobil Listrik NETA V Jakarta - Semarang; Cukup Ngecas Sekali

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Neta S 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia