Pilih Motor Sport 250 Cc Silinder Tunggal, Antara Suzuki Gixxer SF 250 2022 atau Honda CBR250R Sempak?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru-baru ini merilis motor sport 250 cc yakni Suzuki Gixxer SF 250 2022. Motor sport touring ini mengandalkan mesin 250 cc silinder tunggal dan dilepas dengan harga Rp 49,3 juta on the road Jakarta.

Harganya ini lumayan tinggi meski tak semahal kompetitornya yang rata-rata sudah menyentuh 'kepala lima'. Belum lagi desainnya yang dianggap tak menjual. Tak heran banyak penggemar sepeda motor yang mencibir hadirnya motor ini.

Yang baru memang menarik, tapi motor lawas tak kalah menggoda.

Pihak SIS sendiri berkilah jika motor ini memang didatangkan untuk menaikkan image mereka, seperti diungkapkan Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Dept. Head SIS kepada Autofun.co.id beberapa waktu lalu.

"Dijual terbatas sengaja untuk image, dan ini produk CBU," katanya. Untuk diketahui, Suzuki Gixxer SF 250 2022 sendiri memang didatangkan tak sampai 60 unit tahun ini, meski tahun depan SIS akan kembali menjualnya dengan jumlah terbatas.

Baca juga : Video : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Jadi Pelepas Dahaga, Dijual Tak Sampai 60 Unit!

Alternatif Murah Suzuki Gixxer SF 250 2022

Jika kalian yang memang menginginkan motor sport 250 cc satu silinder dengan posisi berkendara yang masih relatif nyaman tapi harganya lebih terjangkau, bisa mencoba alternatif lain yakni Honda CBR250R generasi pertama.

Desain dan mesin satu silindernya mengundang beragam komentar.

Yup, motor yang kerap disebut dengan CBR250R 'Sempak' lantaran bentuk lampu depannya yang memiliki shape seperti celana dalam ini, sempat menghiasi pasar otomotif Indonesia. Motor itu sendiri didatangkan dari Thailand.

Harganya tentu sudah jauh lebih hemat, memantau situs jual-beli online, untuk rakitan tahun 2011-2013 rata-rata harganya berada diangka Rp 23 - 26 jutaan. Hemat banyak dibanding Suzuki Gixxer SF 250 bukan?

Baca juga : Menakar Rivalitas Suzuki Gixxer 250 SF 2021, Menggoda buat Pasar Indonesia?

Honda CBR250R generasi awal harganya sudah menggiurkan.

Dengan status sama-sama CBU tentunya prestige yang didapatkan akan sama kuat. Terlebih keduanya juga sama-sama jarang terlihat di jalanan jadi lebih terasa eksklusif. Tertarik? Mari kita kupas perbandingan keduanya.

Mesin : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Lebih Unggul

Kalau melihat spesifikasinya, pasti setuju jika jantung pacu milik Suzuki Gixxer SF 250 2022 kalah canggih dibandingkan milik Honda CBR250R. Pasalnya produk Suzuki itu masih pakai camshaft tunggal alias SOHC meski sudah pakai empat buah katup.

Bandingkan dengan sumber penggerak Honda CBR250R yang sudah DOHC 4 katup. Belum lagi masalah pendinginan mesin, gacoan baru Suzuki itu masih pakai oil cooler, berbanding pendingin cairan dari produk Honda.

Baca juga : Meski Mengundang Kontroversi, Penjualan Suzuki Gixxer SF 250 2022 Tetap Laris Manis

Mesin masih pakai pendingin oli, namun lebih bertenaga.

Namun meski unggul spesifikasi mesin, tapi output mesinnya kalah kuat. Jika menilik data performa di atas kertas, Suzuki Gixxer SF 250 2022 mampu capai tenaga 26,5 PS di 9.300 rpm dan torsi 22,2 Nm di 7.300 rpm.

Lantas Honda CBR250R jika dalam kondisi sehat, output mesinnya bisa mencapai 24 PS di 9.900 rpm dengan torsi 17,2 Nm di 7.400 rpm. Karena membeli dalam kondisi bekas, tentunya performanya tak akan sama dengan kondisi baru.

Desain : Membawa Identitas Big Bike

Desainnya dibuat mirip Suzuki GSX-R Series.

Tampilan memang soal selera, tapi kalau keduanya ditarik benang merah, sama-sama membawa identitas big bike dari masing-masing merek. Suzuki Gixxer SF 250 membawa ciri khas keluarga GSX-R Series dengan lampu depan tunggal yang melepas.

Baca juga : Tengok Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2022, Motor Sport Touring Buat Yang Mau Beda

Lantas Honda CBR250R Sempak bergaya ala Honda VFR1200F, sebuah moge sport touring dengan garis desain yang sama persis. Hanya saja dimensinya dibedakan menyesuaikan kapasitas mesin. Nah diantara keduanya, mana yang paling sreg dimata kalian nih?

Moge ini yang jadi inspirasi desain Honda CBR250R Sempak.

Fitur & Teknologi : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Lebih Modern

Keduanya berbeda umur sekitar 10 tahun, tentunya teknologi dan fitur yang dibawanya sudah berbeda meski sama-sama modern pada masanya. Honda CBR250R yang meluncur 2011 sudah membawa panel meter digital-analog yang masih jadi fitur mahal kala itu.

Apalagi fitur rem C-ABS (Combined Anti-lock Braking System) jadi yang pertama kali diterapkan untuk motor 250 cc. Kemudian suspensi belakang Pro-Link yang rumit namun mampu meredam guncangan dengan baik, untuk kenyamanan berkendara.

Honda CBR250R terhitung canggih pada zamannya.

Lantas Suzuki Gixxer SF 250 yang lahir setahun belakangan sudah dibekali rem ABS, panel meter full digital, hingga lampu depan-belakang LED. Teknologi keduanya tentu sudah injeksi bahan bakar, tanpa adanya fitur pendukung seperti Assist & Slipper Clutch.

Kaki-kaki pun keduanya kompak nih, suspensi depan pakai teleskopik dan suspensi belakang monosok. Rem cakram mengawal kedua roda dan sama-sama pakai pelek palang.

Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Lebih Mahal Dari Kawasaki Ninja 250SL, Apa Saja Keunggulannya?

Dimensi : Beda Tipis, Lincah Mana?

Sebelum beli tentunya harus merasakan duduk di atas keduanya, untuk memberi gambaran dimensi motornya. Nah, kalau berdasarkan data spesifikasi, keduanya ternyata beda-beda tipis saja loh.

Suzuki Gixxer SF 250 2022 lebih ringan.

Suzuki Gixxer SF 250 2022 punya ukuran panjang 2.010 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.035 mm. Sumbu rodanya 1.345 mm. Kalau Honda CBR250R panjangnya 2.035 mm, lebar 720 mm tinggi 1.125 mm dan sumbu roda 1.370 mm.

Perkara bobot kosong ternyata sama persis, 131 kg. Tapi untuk Honda CBR250R ABS justru bisa mencapai 165 kg. Kalau hanya membandingka tipe ABS saja, jelas racikan Suzuki lebih ringan yang tentunya akan lebih lincah.

Minim Perawatan VS Siapkan Dana Ekstra

Setelah membandingkan keduanya dari data spesifikasi, jangan lupakan juga faktor lainnya seperti biaya-biaya yang dikeluarkan. Jika membeli Suzuki Gixxer SF 250 2022 tentu akan minim biaya perawatan karena kondisinya masih segar.

Baca juga : Galeri Foto : Gixxer SF 250 2022, Motor Sport Touring Kejutan Suzuki di Akhir Tahun 2021

Honda CBR250R Sempak sempat jadi primadona di Indonesia.

Beda kalau akhirnya menebus Honda CBR250R Sempak yang usianya sudah 10 tahun, mau tak mau harus siapkan dana ekstra untuk melakukan servis dan mengganti cairan-cairan. Apalagi jika kondisi motor tak apik, ingat motor CBU Honda ini harga suku cadangnya lumayan tinggi.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki Gixxer SF 250
Lihat