Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022 Berubah, Makin Nyaman Buat Touring?

Honda ADV 160 dipakai lewati jalan rusak.
  • Suspensi depan dibuat lebih empuk.
  • Suspensi belakangf diseting lebih keras.
  • Karakter suspensi berbeda dari Honda ADV 150.

Pilihan motor matic bergaya petualang dari Honda, saat ini hanya ada Honda ADV 160 2022. Motor yang mendapatkan perubahan besar pada awal Juli 2022 itu disambut positif oleh penggemar roda dua Indonesia.

Bukan apa-apa, pasalnya perubahan yang diberikan mencakup bagian-bagian penting dan dianggap kekurangan dari model sebelumnya. Mesin misalnya, dulu andalkan mesin 150 cc kini menjadi 160 cc.

Kemudian shape bodi juga berubah, meski lampu depan dan belakang masih pakai model lawas. Uniknya bagian kaki-kaki juga kena sentuhan ulang untuk menyesuaikan perubahan yang ada.

Baca juga : Bukan Crankcase, Bagian Ini Lebih Rawan Mentok di Honda ADV 160 2022

"Yang depan itu lubang suling diperbesar dan volume olinya dikurangi 2 ml supaya lebih empuk," jelas Endro Sutarno, Technical Service Division AHM pada sesi test ride di Safety Riding Park AHM di Cikarang, Bekasi beberapa waktu lalu.

Suspensi depan dibuat lebih empuk.

"Kalau yang belakang dibuat sedikit lebih keras untuk menyesuaikan bobot motor yang naik 2 kg. Makanya di bagian bawah sok belakang ada plastiknya sebagai pengganjal," tambahnya.

Karakter Suspensi Depan-Belakang beda Jauh

Tentunya dengan perubahan tersebut, impresi awal memang yang depan lebih empuk dan belakang lebih keras. Tapi karena area test AHM ini aspal mulus, tentu impresi keseluruhan belum bisa terasa.

Barulah saat menjajalnya touring menuju Puncak, Bogor bisa merasakan karakter suspensinya. Terlebih melewati jalur Puncak 2 yang jalannya naik-turun dan banyak melibas jalanan rusak.

Suspensi belakang Honda ADV 150 tanpa pengganjal per.

Dan kesannya, untuk suspensi depan jelas dia terasa lebih empuk dan minim gejala bottoming alias mentok. Bahkan ketika sengaja menghantam lubang, benturan untuk area depan ini mampu diredam dengan sangat baik.

Baca juga : Simak 5 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Harga Naik Tipis Layak Dibeli?

Jarak main suspensi depannya sendiri memang tetap 130 mm sehingga memungkinkan meredam guncangan dengan lebih baik. Karakternya seperti suspensi depan motor tipe sport yang memang panjang.

"Perbedaan lubang suling tadi mampu membuat sirkulasi oli lebih cepat, apalagi kapasitasnya sekarang cuma 125 ml dari sebelumnya 127 ml," sahut Endro. Untuk informasi saja, diameter as suspensi depannya sendiri 31 mm ya.

Pengganjal di suspensi belakang Honda ADV 160.

Redaman suspensi makin asyik karena dipasangkan dengan pelek depan 14 inci, berbungkus ban ukuran 110/80-14. Jadi selain ada redaman dari suspensi, juga dari tebalnya ukuran ban yang dipakai.

Lantas bagaimana dengan suspensi belakang? Jelas feeling pertama yang dirasakan lebih keras. Menggunakan per tipe progressive spring, yang ulir pernya lebih rapat di atas dan renggang di bawah.

Suspensinya sendiri masih andalkan Showa dengan sub tank warna emas. Jarak mainnya pun tak berubah, tetap 120 mm dengan panjang suspensi keseluruhan 395 mm.

Buat touring masih nyaman.

Melewati jalan beton atau aspal redamannya sudah terasa lebih kaku dari Honda ADV 150. Namun untuk menikung dengan cepat, buntut motor terasa anteng, beda dengan depan yang timbul gejala mengayun.

Baca juga : Duh, Gara-Gara Ini AHM Sebut Honda ADV 160 2022 Lebih Boros!

Dan ketika melintasi jalan rusak, maka hentakan dari suspensi belakang lebih terasa. Begitu pula saat melintasi speed trap atau permukaan jalan beton yang tak rata, buritan motor seperti mentul-mentul.

Tapi rasanya suspensi belakang ini akan lebih nyaman jika digunakan untuk berboncengan. Kemudian suspensi juga jadi tak mudah amblas, ketika mendapat beban berlebih.

Posisi duduk lebih rendah.

Pelek belakang sendiri menggunakan diameter 13 inci, berbungkuskan ban profil 130/70-13. Jadi jika mau suspensi belakang lebih nyaman untuk harian, rasanya bisa ganti dengan merek aftermarket ya.

Tapi secara keseluruhan, motor jadi lebih nyaman termasuk posisi duduknya yang kini dibuat lebih rendah. Belum lagi area pijakan kaki yang bisa selonjoran, dengan sudut yang lebih landai, jadi tak membuat pergelangan kaki mudah pegal.

PR hanya suspensi belakang saja nih!

Spesifikasi Honda ADV 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 133 kg (CBS & ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Harga
CBS Rp 36 juta
ABS Rp 39,250 juta
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat