window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Duh, Gara-Gara Ini AHM Sebut Honda ADV 160 2022 Lebih Boros!

Harry · 5 Jul, 2022 17:00

Duh, Gara-Gara Ini AHM Sebut Honda ADV 160 2022 Lebih Boros! 01

Honda ADV 160 2022 usung mesin generasi baru.
  • Mesin baru punya kapasitas lebih besar.
  • Output mesin eSP+ lebih kuat.
  • Selisih 1,6 km/liter lebih boros.

Honda ADV 160 2022 akhirnya muncul dengan beragam pembaruan, mulai dari desain bodi, fitur, rangka dan tentu saja bagian mesinnya. Jantung pacunya kini diklaim lebih kuat dibandingkan generasi sebelumnya.

Tentunya, karena pada model terdahulu masih mengandalkan mesin eSP dengan kapasitas 150 cc, maka pada model barunya sudah pakai dapur pacu teknologi teranyar yakni eSP+ dengan kapasitas 157 cc yang sama dengan Honda PCX 160.

Tapi jangan kaget ya, kalau nanti ternyata Honda ADV 160 ini ternyata lebih boros dari pendahulunya. Kok begitu?

Baca juga : Punya Bobot Paling Berat, Ini Alasan Honda ADV 160 2022 Belum Pakai Rangka eSAF?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Efek Penggunaan Mesin Baru

Hal ini langsung dikonfirmasi oleh Yasuo Sindei, Large Project Leader Honda ADV 160 saat peluncuran beberapa waktu lalu. Pria asal Jepang itu menyebut ini efek penggunaan mesin baru.

Duh, Gara-Gara Ini AHM Sebut Honda ADV 160 2022 Lebih Boros! 01

Mesin eSP+ lebih kuat tapi lebih boros.

"Dibandingkan Honda ADV 150, akan sedikit lebih boros karena model ini sudah pakai 4 katup dan kapasitas mesin yang lebih besar, itulah kenapa ada penurunan konsumsi bahan bakar," jelasnya.

Yasuo juga menyebutkan jika konsumsi bahan bakarnya akan sama dengan Honda PCX 160 yakni 45 km/liter. Ini dikarenakan basis mesin yang digunakan sama persis dengan matic tersebut.

Tapi tenang, selisihnya tak begitu jauh kok. Karena Honda ADV 150 menurut klaim pabrikan cuma menyentuh 46,6 km/liter. Tuh cuma beda 1,6 km/liter lebih boros kok.

Baca juga : Selisih Rp 3 Jutaan, Bagian Ini Yang Bedakan Honda ADV 160 2022 ABS dan CBS

Duh, Gara-Gara Ini AHM Sebut Honda ADV 160 2022 Lebih Boros! 02

Honda ADV 160 2022 mendapat perubahan besar.

Sebagai perbandingan, spesifikasi dapur pacu Honda ADV 150, berteknologi eSP dengan kapasitas mesin 150 cc, SOHC 2 katup pendingin cairan. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 14,5 PS di 8.500 rpm dengan torsi maksimal diangka 13,8 Nm di 6.500 rpm.

Tentunya model baru dengan mesin generasi anyar akan membuat performanya berubah. Mesin eSP+ jika mengacu data spesifikasi dari Honda PCX 160, mampu mengail tenaga hingga 16 PS di 8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Kalau sedikit lebih boros tapi lebih kuat, ga masalah dong?

Spesifikasi Honda ADV 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 133 kg (CBS & ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Harga
CBS Rp 36 juta
ABS Rp 39,250 juta

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });