Harga Honda ADV 160 Bekas Menggiurkan, Cocok Buat Mudik!

Honda ADV 160 bekas, pas untuk perjalanan mudik.
  • Punya fitur penunjang mumpuni.
  • Mesin bertenaga.
  • Bagasi lega berkapasitas 30 liter.

Mendekati masa Ramadhan, sudah waktunya persiapan untuk mudik, termasuk mencari motor yang proper untuk digunakan.

Tentunya mengingat akan menempuh perjalanan jarak jauh, butuh motor yang mumpuni dari beragam sisi.

Misalnya dimensi, posisi berkendara yang nyaman, bagasi yang lega dan tangki bahan bakar yang cukup besar.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Honda ADV 160, salah satu matic bergaya adventure.

Baca juga : Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022 Berubah, Makin Nyaman Buat Touring?

Harga barunya saat ini dilepas Rp 36,2 juta untuk tipe CBS dan Rp 39,4 juta untuk tipe ABS.

Tapi jika ingin lebih hemat, bisa tebus unit bekas dari Honda ADV 160 yang rilis awal tahun 2022 lalu.

Pasalnya selisih harga untuk unit keluaran 2022 sudah lumayan jika dibandingkan unit barunya.

Harga Honda ADV 160 Bekas Mulai Rp 29 Jutaan

Untuk tahun 2022 tipe CBS, kalian sudah bisa mencari unit bekas dengan harga di bawah Rp 30 juta.

Harga bekasnya sudah terjangkau.

Tepatnya diharga Rp 29 jutaan saja dan termahal seperti dipantau pada situs jual beli online dikisaran Rp 31 jutaan.

Sedangkan untuk tipe ABS masih bermain diangka Rp 32 jutaan hingga Rp 34 jutaan.

Beda kedua tipe tak terlalu banyak, selain kosmetik warna dan emblem, beda lainnya adalah rem ABS dan ESS (Emergency Stop Signal).

Kemudian penerapan fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) juga warna pelek saja.

Baca juga : Sedikit Banget, Mesin Honda ADV 160 2022 Cuma butuh Oli 0,75 Liter Saja, Kok Bisa?

Sekilas Honda ADV 160

Dimensi dari motor ini adalah 1.950 x 763 x 1.196 mm (PxLxT), motor ini jelas terasa agak besar. 

Dimensinya pas untuk mudik.

Salah satu kelebihannya yaitu punya ruang bagasi yang luas di balik joknya.

Kemudian jarak sumbu rodanya 1.324 mm dan jarak terendah ke tanah yakni 165 mm.

Peralihan mesin dari 150 cc eSP menjadi 160 cc eSP+ faktanya memiliki konstruksi yang berbeda. 

Pada mesin generasi terbaru itu, dudukan mesin alias engine mounting berada di atas.

Alhasil bagian bawah mesin yang disebut rawan mentok, tak terlindungi oleh engine mounting tadi. 

Harus diakui, hal ini pula yang jadi kekhawatiran orang terhadap mesin yang digunakan oleh Honda ADV 160.

Baca juga : Kesan Pertama Honda ADV 160 2024, Aura Adventure Lebih Terasa!

Standar tengah lebih rawan mentok.

Tapi sebagai antisipasi, bisa kok kalian menambahkan pelindung kolong mesin supaya merasa lebih aman. 

Pelindung berbahan pelat ini sudah banyak dijual di toko online. Tapi jika jalur yang dilewati relatif mulus, tak perlu khawatir.

Mesin Honda ADV 160

Motor ini didukung mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI.

Mesin baru tersebut bertenaga 16 PS di 8.500 rpm dengan torsi hingga 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Hentakan tenaga mesin dari kondisi berhenti sangatlah terasa, seperti saat merayap di kemacetan atau melaju setelah lampu lalu lintas.

Mesin 157 cc jadi andalan.

Hanya saja ketika menyentuh kecepatan sedang di rentang 60-90 km/jam tenaga mesin terasa agak flat dan putaran mesin dikunci di 6.500 rpm. 

Ini merupakan titik transisi dari sektor CVT, racikan CVT ADV 160 mengunci di 6.500 rpm untuk mendapatkan torsi maksimal saat proses transisi ini.

Namun lepas dari itu, tenaga mesin baru terasa lagi hingga menyentuh kecepatan tertinggi 121 km/jam. 

Suara yang dihasilkan oleh mesin dan knalpot cukup senyap dengan vibrasi yang minim khas mesin Honda.

Namun entah mengapa vibrasi saat idle justru cukup terasa baik di setang maupun di jok pengendara.

Baca juga : Uji Performa Dan Akselerasi Honda ADV 160, Mesin Responsif Hingga Top Speed 121 Km/jam!

Suspensi belakang sudah tabung.
Data Akselerasi Honda ADV 160
0-60 km/jam 5,4 detik
0-80 km/jam 10,1 detik
0-100 km/jam 18,8 detik
0-100 meter 7,7 detik @70,4 km/jam
0-201 meter 12,2 detik @86,2 km/jam
0-402 meter 19,8 detik @101,1 km/jam
Top speed Racebox 112,9 km/jam
Top speed spidometer 121 km/jam
Konsumsi BBM 39,1 km/liter

Karakter Kaki-Kaki

Bagian kaki-kaki juga kena sentuhan ulang jika dibanding versi 150 cc untuk menyesuaikan perubahan yang ada, dibandingkan generasi sebelumnya.

"Yang depan lubang suling diperbesar dan volume oli dikurangi 2 ml supaya lebih empuk," jelas Endro Sutarno, Technical Service Division AHM beberapa waktu lalu.

"Kalau yang belakang dibuat sedikit lebih keras untuk menyesuaikan bobot motor yang naik 2 kg," tambahnya.

Jarak main suspensi panjang.

Bicara fitur, lampu-lampu motor ini seluruhnya sudah LED, memiliki windshield adjustable yang bisa disetel ketinggiannya.

Kemudian kunci kontak sudah model keyless, punya konsol penyimpanan depan yang juga berisikan power outlet.

Kesimpulan

Honda ADV 160 meski dalam kondisi bekas, namun usianya masih relatif muda dan segar.

Nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Punya fitur penunjang perjalanan yang lengkap, termasuk bagasi untuk membawa barang bawaan.

Performa mesin pun bisa diandalkan, termasuk dengan konsumsi bahan bakar yang terhitung hemat, dengan tangki mencapai 8,1 liter.

Baca juga : Touring Pakai Honda ADV 160 2023 Rawan Mentok? Ini Faktanya

Spesifikasi Honda ADV 160
Tipe mesin 4 langkah, 4 katup, SOHC, eSP+
Tipe pendinginan Pendingin cairan
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Kapasitas mesin 156,9 cc
Diameter x langkah 60 x 55,5 mm
Perbandingan kompresi 12:1
Tenaga maksimal 16 ps @8.500 rpm
Torsi maksimal 14,7 Nm @6.500 rpm
Tipe transmisi Otomatis, V-belt
Tipe starter Elektrik
Tipe rangka Double cradle
Ban depan 110/80-14 tubeless
Ban belakang 130/70-13 tubeless
Rem depan Wavy disc brake, kaliper 2 piston
Rem belakang Wavy disc brake, kaliper 1 piston
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Ganda dengan tabung
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Jarak sumbu roda 1.324 mm
Jarak terendah ke tanah 165 mm
Tinggi tempat duduk 780 mm
Berat kosong 133 kg
Kapasitas tangki bahan bakar 8,1 liter
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe baterai/aki MF 12V-5Ah
Tipe busi NGK LMAR8L-9

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Jumlah motor listrik kini semakin menjamur Performa motor listrik dianggap kurang saat ditanjakan Sepeda motor listrik kini semakin ramai ditemui, baik di jalan perumahan maupun jalan raya. Hanya saja tak sedikit yang menyebutkan jika sepeda motor listrik kurang kuat jika melewati tanjakan dibandingkan motor bensin. Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Reza Resdie menyatakan, ada triiknya agar motor listrik kuat lewati tanjakan. Baca juga: Honda Akan Tambah Model Motor Listrik
Ground clearance tinggi dan suspensi empuk. Ruang bagasi tidak terlalu besar. Konsumsi bensin tembus 45 km/liter. Seperti yang kita tahu kalau Indonesia dibekali dengan jalur yang memiliki kontur jalan sangat beragam, tentunya ini cukup penting dalam memilih kendaraan yang tepat. Bagi yang ingin memiliki matic kecil yang cocok dan bisa diajak melewati jalur tidak mulus rasanya bisa melirik Suzuki Nex Crossover. Yup, bisa dibilang motor ini jadi motor matic kecil bergaya adventure paling pol, kar
Mesin disiksa di trek tanah berlumpur. Busi NGK jadi part bawaan. Rantai DID tersedia tipe untuk offroad. Acara Get Out & Play Games yang diadakan akhir pekan kemarin (2/3/2024) di Jonggol, Bogor berlangsung seru. Melibatkan puluhan komunitas pengguna motor trail Kawasaki, untuk latihan bersama dengan bumbu balap sebagai kompetisi kecil-kecilan. Beragam motor trail Kawasaki pun hadir, dari KLX150, KLX140R, KLX230S, KLX230R hingga KLX110. Bahkan juga termasuk moor special engine Kawasaki KX85 dan
Punya 1.000 lebih cabang. Jual lebih dari 4 juta ban motor tahun lalu. Planet Ban ikut peduli lingkungan. Tentunya Anda sering melihat toko ban motor bernama Planet Ban (PB) di daerah kalian bukan? Tak heran karena PB yang dioperasikan oleh PT Surganya Motor Indonesia telah memiliki lebih dari 1.000 cabang. Kalau dirunut, wilayah yang telah disinggahi PB ada Palembang, Lampung, Jawa, Bali, NTB hingga Kalimantan Utara. Dengan menawarkan beragam merek ban motor dan cabang yang segitu banyak, berap
Motor lebih aman dari pencurian. Banyak motor yang sudah pakai kunci keyless. Jadi fitur wajib saat ini. Ada yang bilang, jika semakin canggih teknologi keamanan motor, maka pencuri motor juga akan lebih canggih. Bukti nyata adalah motor-motor dengan kunci berpengaman magnet, kala muncul pertama kali sukses bikin pencuri gigit jari, tapi kini mereka sudah bisa membobolnya. Motor jenis skutik dengan kunci berpengaman magnet yang kerap jadi buruan pencuri ini ada Honda BeAT, Yamaha Nmax tipe terte

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat