Pilah Pilih Beli Mobil Double Cabin Bekas Tambang Seperti Toyota Hilux, Begini Cara Gampangnya

Mobil dari jenis double cabin seperti Toyota Hilux terkenal akan ketangguhan dan fleksibilitasnya di berbagai medan. Hal ini membuatnya jadi andalan para perusahaan di bidang pertambangan dan perkebunan. Kalau kamu tertarik beli mobil double cabin bekas tambang, sebaiknya harus tahu cara memilihnya. 

Mobil bekas tambang atau perkebunan banyak diminati karena harganya yang cukup terjangkau. Alasannya, karena perusahaan telah melakukan peremajaan unit dan mobil yang lama dinilai sudah habis nilai ekonominya. Artinya, harga jual tadi ialah harga residu alias nilai akhir dari suatu barang. 

"Mobil bekas tambang kan murah, tapi kalau perusahaan tambang yang bagus dia selalu memaintain engine dengan baik," ucap Ko Lung Lung sebagaimana ditayangkan pada akun YouTube Dokter Mobil - Tune Up & AC Services. 

Banyak dari kalian yang tertarik tapi ragu saat ingin beli mobil double cabin, apalagi bekas tambang dan perkebunan. Wajar saja, banyak dari unit fleet tersebut yang kondisinya memprihatinkan. Biaya perbaikannya sangat mahal bahkan bisa sampai seperti beli sebuah mobil bekas.

Nah, supaya kalian tidak membeli 'kucing dalam karung', kami coba jelaskan secara sederhana apa dan bagaimana cara memilah dan memilih mobil double cabin bekas tambang yang paling minim masalah. 

Periksa Riwayat Pemakaian Mobil Bekas Tambang atau Perkebunan

Hal pertama yang perlu kalian lakukan selain membawa mekanik berpengalaman ialah bertanya kepada penjual soal riwayat mobil double cabin yang jadi incaran. Kalau beli secara lelang langsung dari perusahaan, akan mudah ditebak riwayat pemakaian mobilnya dulu untuk tambang atau perkebunan, sesuai dengan jenis usaha dari si perusahaan tadi. 

Tujuannya jelas, supaya kita tahu mobil tersebut apakah bekas tambang atau perkebunan. Melihat kondisi medannya, maka mobil bekas perkebunan biasanya sedikit lebih oke ketimbang bekas tambang. 

"Yang Anda harus ketahui, tanya history mobil dulu dipakai dimana dan buat apa, untuk ancer-ancer perbaikan. Kalau mobil perkebunan biasanya dia nggak terlalu berdebu interiornya, kalau di tambang kan tanah semua. Apalagi kalau lagi panas banget, tanah itu jadi kayak bedak saking halusnya bisa masuk ke sela-sela dan kotor banget," jelas pemilik bengkel Dokter Mobil ini. 

Menurut Ko Lung Lung, perusahaan yang baik tentu akan tetap melakukan perawatan berkala pada mesin kendaraan fleet mereka. Meskipun demikian, masalah bisa saja muncul dari bagian transmisinya yang harus banyak melakukan pergantian komponen. Ini karena banyak pengguna mobil fleet yang kasar dalam berkendara. 

"Kalau transmisi ini agak repot, karena bagian transmisi kerusakannya mencerminkan dari si pengguna. Namanya mobil operasional, yang pakai banyak orang sehingga style menyetirnya beda-beda," bebernya. 

Lebih lanjut, mobil double cabin untuk pemakaian fleet pada bagian transmisi jauh lebih cepat rusak. Mau tidak mau, kalian sebagai pembeli harus ganti semua mulai dari kampas kopling dan dekrup matahari.

Periksa Karat di Kaki-kaki dan Kolong Mobil, Jangan Pilih yang Keropos

Masalah klasik mobil fleet ialah kondisi kaki-kaki yang bermasalah, karena setiap hari harus berjibaku di medan off road dengan cara berkendara yang kasar. Kerusakan yang umum terjadi ialah pada bagian bushing dan karet-karetnya yang pecah. Nah, kamu juga perlu mempersiapkan anggaran untuk perbaikan kaki-kaki supaya kembali normal. 

"Kalau kaki-kaki, harus ganti karet dan bushing. Tapi yang terpenting jangan sampai terlalu karat dan keropos di kolongnya. Kalau ada karat sedikit ya wajar karena mobil dipakai di lapangan," tuturnya. 

Menurut Ko Lung Lung, karat yang sudah cukup parah di bagian kolong mobil bisa membuat besinya keropos. Kalau sudah begini, biaya perbaikan semakin membengkak untuk merapikan kembali bagian yang keropos. 

"Jangan sampai ada yang keropos karena nominal perbaikannya luar biasa besar. Agak sulit perbaikannya karena harus ada ada yg dipotong dan gerinda," sebutnya. 

Jadi, sebisa mungkin pilih yang tidak keropos dan minim karat karena perbaikannya lebih mudah. Setelah membeli, kita tinggal melenyapkan karat tersisa dan melapisi dengan anti karat. 

Beli Mobil Bekas Tambang, Interior Harus Diperihatikan

Bagi kamu yang ingin beli double cabin ex fleet untuk dipakai sendiri, sebaiknya harus melihat seluruh bagian termasuk interiornya. Karena digunakan oleh banyak orang, tak jarang kondisi interiornya jadi kurang terawat. Kalau hanya sekedar kotor sih biasa, tapi kalau sampai banyak panel konsol yang pecah tentu tak layak untuk jadi pilihan. 

"Interior juga jangan sampai banyak lecet, kalau dashboard diganti akan jauh lebih mahal. Kalau lecet-lecet sama kotor sedikit bisa dibersihkan. Kalau plafon sama jok terlalu kotor itu gantinya lumayan, apalagi kalau sukanya yang interior original," ungkap Ko Lung Lung. 

Kesimpulan

Membeli mobil bekas tambang tak cuma harus melihat kondisi mesin. Bahkan banyak bagian lain yang juga tak kalah penting untuk kita periksa. Bisa saja kondisi mesin sehat tapi dek bawah keropos dan konsol AC atau dashboard ada yang pecah. 

Jadi, kami tekankan supaya pilih dengan cermat unit bekas tambang yang paling minim masalah. Perhitungkan estimasi biaya perbaikan dari tiap bagian, sehingga kita bisa punya bayangan seberapa besar 'jajan' setelah beli mobil impian. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Hilux

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Memperkenalkan New Toyota Hilux - Apakah Anda Cukup Tangguh?

2021 Toyota Hilux Titan Bronze metallic body colour || Design & Interior

NEW DESIGN! 2021 HILUX Toyota

ALL NEW 2021 HILUX Toyota POWERFUL & AESTHETIC!

ALL NEW 2021 TOYOTA HILUX Facelift

All New Isuzu D-Max - Cerita Isuzu Partner

ALL NEW Isuzu D-MAX hadir dengan tenaga besar 150 PS

All New Isuzu D MAX 2021

ALL NEW Mitsubishi Triton 2021 - ADS

TRITON Terbaru 2020#mitsubishi

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Hilux
Lihat