5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Toyota Veloz Q CVT 2022

Di pasar LMPV Tanah Air, saat ini ada satu model tertinggi yang secara silsilah masih menjadi keluarga besar duet Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, yaitu Toyota Veloz. Sebagai model tertinggi, artinya tak hanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan mewah, tapi tentu saja harganya yang lebih mahal. Meski begitu, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum membeli mobil ini.

Setidaknya ada lima hal yang patut untuk diperhatikan jika memang Anda tertarik untuk meminang mobil termahal dari keluarga Avanza-Xenia ini. Toyota Veloz dijual mulai Rp286 juta untuk varian bertransmisi manual, Rp309,1 juta untuk varian Q CVT dan Rp331,1 juta untuk varian Q CVT TSS. Harap diingat, di kelas LMPV, anggaran masih menjadi faktor terpenting saat mempertimbangkan membeli mobil, sehingga rasanya perlu untuk mempertimbangkannya masak-masak sebelum memutuskan meminangnya.

Baca juga: Yahud Saat Uji Tabrak, Toyota Veloz 2022 Buatan Indonesia Raih 5 Bintang Asean NCAP

1. Profil Ban Terlalu Tipis

Penggunaan velg berukuran 17 inci memang memberikan tampilan yang semakin mewah pada Veloz (terutama varian Q CVT & CVT TSS), namun sebagai konsekuensinya, Toyota harus memilih untuk menggunakan ban dengan profil yang lebih tipis untuk mempertahankan diameter roda secara keseluruhan. Salah satu resiko penggunaan ban yang lebih tipis ini adalah berkurangnya kenyamanan.

Ban Veloz menggunakan ukuran 205/50 R17

Soal kenyamanan ini tampaknya kurang pas dikorbankan pada Veloz yang diposisikan sebagai mobil keluarga. Karena secara signifikan, perbedaan kenyamanan dengan ‘Sang Adik’ Toyota Avanza begitu terasa signifikan. Sebagai perbandingan, Toyota Veloz menggunakan ban berukuran 205/50 R17, sementara Toyota Avanza menggunakan ban berukuran 195/60 R16 yang membalut velg 16 inci.

Ban Avanza menggunakan ukuran 195/60 R16

Ban dengan profil lebih tipis ini menjadikan pengendaraan Veloz menjadi terasa lebih keras saat menghantam lubang di jalan atau speed trap di jalan raya dan jalan tol. Hal ini terasa lebih tidak nyaman lagi terutama bagi penumpang yang duduk di belakang. 

Perbandingan Ukuran Ban LMPV vs Toyota Veloz Q CVT
Mobil Ukuran Ban
Toyota Veloz Q CVT TSS 205/50 R17
Daihatsu Xenia 1.5 R CVT A.S.A 195/60 R16
Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS 195/60 R16
Mitsubishi Xpander CVT Ultimate 205/55 R17
Suzuki Ertiga SS Hybrid AT 186/65 R15
Honda BR-V Prestige CVT 215/55 R17

Jika mau dibandingkan dengan rival dengan harga setara di kelasnya, hal ini jelas menjadi kekurangan yang harus diterima oleh Veloz. Pada Mitsubishi Xpander Ultimate CVT (Rp307,1 juta), dengan redaman suspensi yang lebih baik, ditambah pemilihan ban dengan ukuran 205/55 R17, jelas menyuguhkan kenyamanan lebih baik. 

Lihat video: Komparasi Kenyamanan Toyota Veloz vs Mitsubishi Xpander 

2. Kepraktisan Kabin Kurang Optimal

Dengan platform yang serupa dengan Toyota Avanza, maka Veloz pun berbagi komponen dan bagian tubuh yang sama dengan Avanza. Meski di bagian luar jelas menampilkan tampilan yang berbeda terutama di bagian wajah depan dan belakang, namun di interior, tampak jelas dashboard-nya serupa. Meski begitu, ternyata ada beberapa detail yang berbeda pada kabinnya yang membuat Veloz terasa tidak sepraktis Avanza.

Konsol tengah Veloz (kiri) dan konsol tengah Avanza (kanan)

Pada bagian konsol tengah misalnya, pada Veloz bagian di balik tuas transmisi tertutup oleh panel plastik glossy yang membuat bagian tersebut tak berfungsi sebagaimana Avanza menyuguhkan ruang penyimpanan yang cukup leluasa. Selain itu, pada bagian dashboard di hadapan penumpang depan, pada Veloz juga tertutup oleh panel berlapis kulit sintetis yang seakan memberikan sentuhan lembut pada dashboard.

Dashboard sisi kiri Veloz (atas) dan ruang penyimpanan di lokasi yang sama pada Avanza (bawah) 

Sementara pada Avanza, ruang tertutup tersebut menawarkan ruang penyimpanan serupa laci terbuka yang bermanfaat untuk menyimpan beberapa barang kecil, seperti ponsel atau kartu tol. Bagian lain yang juga terasa kurang optimal penggunaannya adalah pada konsol di antara kedua bangku depan.

Lokasi wireless charging di bagian tengah yang lebih banyak berfungsi sebagai tempat penyimpanan

Veloz memang menyediakan tempat pengisian ulang baterai ponsel nirkabel alias wireless charging di lokasi tersebut. Secara fungsional, fitur ini memang sangat bermanfaat untuk mengisi ulang baterai ponsel sepanjang perjalanan, namun, kami yakin, dengan masih minimnya varian ponsel dengan fitur canggih itu, maka tempat tersebut lebih banyak difungsikan sebagai tempat menaruh ponsel apapun.

Baca juga: Bukan Hanya Transmisi, Toyota Veloz 2022 MT dan Q CVT Ternyata Punya Sejumlah Perbedaan

3. Ventilasi AC Serupa LCGC

Sebagai sebuah varian flagship di kelas LMPV, seharusnya Toyota tak menyuguhkan komponen yang serupa dengan model yang berada di segmen “termurah” di Indonesia. Ya, jika diperhatikan, pada ventilasi AC di kabin kedua Veloz memiliki komponen yang sama dengan milik Toyota Calya ataupun Daihatsu Sigra di kelas LCGC.

Penggunaan ventilasi ini sejak awal menjadi salah satu bagian yang tampak kurang tepat berada di Veloz. Apalagi dengan maraknya penggunaan Calya atau Sigra sebagai armada taxi online, beberapa kasus yang terjadi, ventilasi ini pada akhirnya akan tak berfungsi maksimal karena tampak terkulai akibat longgar.

Sirip ventilasi ini berpotensi menjadi longgar setelah beberapa lama

Bisa dipahami jika penggunaan komponen ini bisa jadi bagian dari efisiensi penggunaan komponen, tapi tampaknya perlu ada sentuhan yang lebih baik jika ingin menjadikan Veloz sebagai varian termewah keluarga Avanza.

Baca juga: 5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal

4. TSS Tanpa Adaptive Cruise Control

Khususnya bagi konsumen yang ingin meminang Veloz varian tertinggi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS), ada satu fitur yang patut disayangkan tak dilengkapi pada Veloz Q tertinggi, yaitu Adaptive Cruise Control (ACC). Bahkan tak sekadar ACC, Toyota tak melengkapi Veloz dengan Cruise Control konvensional sekalipun.

Kamera stereo di bagian kaca depan sebagai "mata" TSS

Hal ini berbeda dengan rival-rivalnya, seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Honda BR-V yang sudah dilengkapi dengan Cruise Control. Bahkan Honda BR-V, sudah dilengkapi dengan ACC. Wajar jika melihat harga jualnya yang paling mahal di antara lawannya, namun hal ini secara signifikan meningkatkan nilai pengendaraannya.

TSS pada Toyota Raize malah sudah mendapatkan Adaptive Cruise Control

Satu hal lain yang perlu diingat, Sang Adik, varian tertinggi small SUV Toyota Raize 1.0T GR CVT TSS yang juga telah dilengkapi dengan TSS serupa, dengan banderol harga lebih murah (Rp299,2 juta) telah mendapatkan fitur ACC tadi. Tersedianya fitur ADAS pada sebuah model mobil tanpa kehadiran ACC itu rasanya bagaikan sayur tanpa garam.

Baca juga: Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk

5. Blindspot Di Balik Pilar A

Fitur Blind Spot Monitoring yang terdapat pada TSS di Veloz memang mampu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi lalu-lintas di bagian kiri-kanan mobil, terutama yang tak nampak dari kaca spion samping mobil. Namun ada satu titik blindspot yang juga penting dan menjadi hal cukup mengganggu saat mengendarai Veloz, termasuk Toyota Avanza dan juga Daihatsu Xenia.

Blindspot di balik pilar A Veloz juga dapat dirasakan pada Avanza dan Xenia

Blindspot tersebut adalah titik di balik pilar A sebelah kanan yang beberapa kali cukup mengejutkan saat mendapati ada objek di balik pilar tersebut. Hal ini bisa jadi karena selain pilar yang cukup tebal, juga kemiringan pilar A yang cukup landai sehingga ruang pandang yang diberikan berkurang. Apalagi posisi duduk pada Veloz ataupun Avanza relatif rendah, seperti sebuah hatchback.

Posisi duduk dan visibilitas yang disuguhkan pada Veloz ini jelas berbeda dengan rival-rivalnya yang memang terasa lebih tinggi, terutama Xpander dan BR-V. Keduanya juga memiliki ruang buta di balik pilar A, namun dalam pengalaman kami mencoba ketiganya, tak sebesar yang disuguhkan oleh Veloz. Saran kami terkait hal ini, ada baiknya Anda mencoba mengendarai mobil ini atau test drive sebelum memutuskan meminangnya. Lebih baik lagi jika Anda juga mencoba mengendarai lawan di kelasnya juga.

Baca juga: Toyota Veloz 2022 Meluncur di Thailand, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia

Kesimpulan

Banyak hal yang memang perlu dipertimbangkan sebelum meminang mobil dambaan. Dengan adanya 5 pertimbangan di atas, bukan berarti mobil ini tak layak untuk dipinang. Masih banyak kelebihan Toyota Veloz yang bisa dipertimbangkan. Salah satunya adalah keleluasaan kabin dan pengendaliannya yang baik. Soal pengendalian, ini merupakan salah satu keunggulan yang disuguhkan oleh pemilihan ban lebih lebar dan profil lebih tipis pada Veloz Q CVT.

Toyota Veloz masih memiliki banyak keunggulan di kelasnya, terutama soal desain dan layanan purna jual Toyota yang istimewa

Soal efisiensi bahan bakar juga menjadi keunggulan Toyota Veloz, sebagaimana yang juga disuguhkan oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Selain itu, dengan nama besar Toyota, Veloz memberikan jaminan layanan purna jual yang lebih mudah dibandingkan rival-rivalnya. Jaringan dealer Toyota adalah yang terluas di Indonesia, dan resale value-nya juga biasanya lebih baik.

Kelima alasan di atas bisa menjadi modal kuat Toyota dalam melakukan perbaikan di pertengahan usia Avanza dan Veloz dalam 2 atau 3 tahun ke depan. Yang pasti, saat ini persaingan di kelas LMPV memang tengah ketat, sehingga banyak hal yang patut menjadi pertimbangan konsumen sebelum memutuskan model terbaik sesuai dengan kebutuhannya.

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Veloz ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.


 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Veloz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

19.997 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Toyota Veloz

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Memperkenalkan All New Toyota Veloz 2022

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Veloz
Lihat