window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Hanya Transmisi, Toyota Veloz 2022 MT dan Q CVT Ternyata Punya Sejumlah Perbedaan

Enda · 15 Des, 2021 20:00

Toyota Veloz 2022

varian MT dan Q CVT Toyota Veloz 2022 punya beberapa perbedaan
  • Toyota Veloz 2022 MT dan Q CVT punya beberapa perbedaan di tampilan dan fiturnya
  • Varian MT dan Q CVT Toyota Veloz 2022 memiliki selisih hingga Rp20,9 juta

Sebagai varian teratas Avanza, Toyota Veloz 2022 bukan hanya sekedar menampilkan kemewahan. Low MPV andalan pabrikan tiga oval yang kini tak lagi diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menyuguhkan bentuk yang sporty sekaligus atraktif.

Berkesempatan merasakan relaksasi PPnBM hingga akhir tahun, menurut situs resminya Veloz MT dibandrol Rp251,2 juta dan Rp272,1 juta untuk tipe Q CVT. Untuk kalian ketahui, antara varian MT dan Q CVT tidak hanya memiliki perbedaan di sektor transmisi saja. Ingin tahu apa saja perbedaan? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Test Drive Toyota Veloz Q CVT TSS: Model Termewah Nan Canggih, Tapi Kenapa Tidak Senyaman Avanza?

Tampilan Luar Sama, Dimensi Velg Toyota Veloz 2022 MT Lebih Kecil

Toyota Veloz 2022

Tampilan depan Toyota Veloz 2022 

Sekilas varian MT dan Q CVT Veloz 2022 terlihat sama. Pada bagian fascianya, mobil ini terlihat begitu futuristrik, mewah sekaligus sporty. Guna menampilkan kesan prestisius, Toyota menyematkan list krom memanjang di atas lampu utama tepat di bawah bonnetnya yang berotot.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk sistem pencahayaannya, keduanya telah mengadopsi teknologi LED dengan desain pipih yang mana didalamnya juga terdapat DRL plus tambahan lampu sein LED. pada grillnya, mobil ini mengadopsi bentuk trapezoidal dengan model diamond cut.

Selain itu terdapat juga foglamp di sisi kanan dan kiri dengan hiasan list krom menyerupai huruf T yang terkesan mewah. Oh iya, untuk bumpernya Veloz 2022 seolah dibagi menjadi dua bilah dengan air-dam yang mengaplikasikan garis horizontal dipadukan spoiler berkelir perak sekaligus menampilkan kesan tangguh nan sporty.

Bergeser ke bagian samping, mobil ini memperoleh garis tegas yang menghubungkan lampu depan hingga lampu belakangnya. Jendela di baris ketiga menuju pilar D nya pun dibuat melandai, serta adanya tambahan roof rail di bagian atapnya.

Toyota Veloz 2022

Velg Q CVT Veloz 2022 lebih besar

Pada spionnya, baik tipe MT maupun Q CVT disematkan turn signal lamp dan kamera 360 derajat. Namun pada lingkar rodanya, varian MT diaplikasikan velg 195/60 R16. Sedangkan Q CVT memperoleh ukuran 205/50 R17. Meski punya ukuran berbeda, keduanya mengadopsi bentuk serta warna yang sama, yaitu model palang dual-tone yang terlihat begitu atraktif. Meski demikian, keduanya mendapatkan side skirt memanjang dengan warna hitam dof dengan tampilan yang agresif sekaligus sporty.

Oh iya, untuk tipe Q CVT Veloz 2022 mendapatkan new foot lamp yang diletakan di bagian bawah spion guna memberikan pencahayaan ketika keluar mobil dalam kondisi gelap.

Beranjak ke bagian belakang, semua varian Veloz 2022 pada stoplampnya sudah menggunakan teknologi LED dan terhubung di kedua sisinya berkat adanya garnish dengan lampu LED bar memanjang. Pada backdoor, mobil ini juga mendapatkan tulisan ‘VELOZ’ sebagai identitasnya.

Untuk bumper belakang, di kedua sisinya ditambahkan reflektor yang terlihat kokoh berkat adanya underguard yang dilabur dengan wana silver. Pada bagian atas tengah, kalian bisa melihat adanya antena shark fin yang mana di kacanya terdapat rear defogger dan rear wiper.

Toyota Veloz MT Fiturnya Disunat

Toyota Veloz 2022

Fitur Toyota Veloz MT lebih sedikit

Tampilan interior tipe MT dan Q CVT sekilas juga terlihat sama. Namun jika dilihat secara lebih mendetail, kalian akan menemukan beberapa perbedaannya.

Untuk kalian ketahui, keduanya memiliki perbedaan pada head unitnya. Dimana sistem infotaiment Q CVT telah mendukung konektivitas smartphone. Selain itu tipe ini juga dilengkapi drive mode switch yang bisa disesuaikan akan kemauan pengendara.

Baca juga: Toyota Veloz Q CVT TSS Menang Fitur, Bikin Toyota Sienta Q di Ujung Tanduk

Bicara persamaannya, keduanya telah mendapatkan New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang berguna untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan ringan pada lingkar kemudi yang dibalut dengan material kulit, serta dilengkapi Drive Mode Switch. Tak hanya itu, baik MT dan Q CVT telah diaplikasikan New Advanced 7 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual.

Pada center clusternya keduanya terkesan premium dan stylish berkat adanya beberapa material soft touch, dan berhasil disematkan sistem hiburan berupa head unit layar senuth 9 inci serta new rear-seat entertainment.

Guna memberikan rasa nyaman disaat melakukan perjanalan jauh, semua tipe dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah serta New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Terdapat pula New Push Start Button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur New Auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, double blower, window jam protection, dan spion retractable. Tak hanya itu, Veloz 2022 turut tersematkan New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, yang dikombinasikan dengan New Vibrant Illumination Light.

Fitur Keselamatan Tipe Q CVT Lebih Komplit

Toyota Veloz 2022

Veloz dengan transmisi CVT memperoleh fitur keselamatan lebih lengkap

Pada sistem pengeremannya, model MT dan Q CVT Toyota Veloz 2022 telah menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci untuk semua rodanya. Bukan hanya itu saja, demi menunjang keselamatan berkendara, remnya telah mengadopsi fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA). Sebagai fitur keselamatan standar, keduanya juga memperoleh Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), rear parking sensor, dual airbag, dan alarm + immobilzer untuk fitur keamanannya.

Sebagai pembeda, tipe Q CVT telah disematkan all round view camera yang terintegrasi langsung dengan sistem infotaimentnya yang terletak di center cluster.

Mesin 1.5L Hasilkan Tenaga yang Sama

Toyota Veloz 2022

Semua Toyota Veloz 2022 ditawarkan mesin 1.5L 2NR-VE

Semua tipe Toyota Veloz 2022 dibenamkan jantung pacu berkodekan 2NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc yang dapat memeras tenaga hingga 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm. Untuk varian MT dikawinkan transmisi manual 5-percepatan.

Sedangkan tipe maticnya memakai transmisi CVT yang dilengkapi dengan split gear baru untuk memberikan rasio gigi lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis. Tak hanya itu, penggunaan transmisi CVT pada All New Veloz juga mampu menghasilkan tingkat konsumsi BBM yang lebih efisien.

Fitur Canggih T Intouch Hanya Bisa Dijumpai di Tipe Q CVT dan Q CVT TSS

Toyota Veloz 2022

Fitur T Intouch hanya bisa ditemui di varian Q CVT dan Q CVT TSS Toyota Veloz 2022

Fitur T Intouch berguna menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.

T Intouch pada All New Veloz menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari- hari serta solusi dan manfaat terintegrasi. Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Kemudian, terdapat fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Disisi lain, T Intouch juga hadir dengan fitur yang dapat memberikan peace of mind bagi pelanggan. Misalnya, adanya fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Selain itu, terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan kami mengalami kecelakaan, yang menghubungkan pelanggan kami dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat.

Baca juga: Buruan Beli Toyota Veloz 2022 Sekarang, Tahun Depan Harganya Naik Jadi di Atas Rp300 Juta!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil