3 Kelemahan Toyota Kijang Rangga, Bikin Kalah Pamor dari Kijang Krista

Saat Toyota Kijang Kapsul hadir pada 1997, PT Toyota Astra Motor saat itu juga merilis Kijang Rangga untuk tipe termewah dari varian short chassis. Agak disayangkan, kiprah Kijang Rangga hanya mampu bertahan selama dua tahun. Lantas apakah kelemahan di MPV ini begitu banyak?

Tak seperti Krista, Kijang Rangga berwujud semi jip. Ciri khas pada model ini terdapat pada bagian belakangnya yang memiliki ban serep yang tergantung di pintu. 

Baca juga:

Kemudian dari sisi eksterior Rangga pakai body cladding yang membuatnya terkesan maskulin. Kemudian, Rangga tersedia dalam aksen warna dual tone seperti merah – silver, hitam – silver, dll. Dengan gaya yang adventure, rupanya Rangga tak cukup memikat masyarakat.

Eksistensinya hanya mampu bertahan selama dua tahun, sampai dengan 1999. Di sisi lain, Kijang Krista malah bisa terus bertahan sampai 2004 atau ketika era Kijang Kapsul berakhir. 

Lantas apa saja kelemahan dari Kijang Rangga tersebut Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Toyota Kijang Rangga Mesin Boros dan Teknologinya Jadul

Karena Kijang Rangga masuk ke generasi awal tahun 1997 hingga 1999, maka MPV ini masih memakai mesin bensin dengan karburator seperti Kijang Grand Extra. Mesinnya berkapasitas 1.800 cc dengan kode mesin 7K. 

Mesin bensin 7K ini memiliki output 60kW (81PS/80hp) @4600 rpm dengan torsi 139 Nm @2800rpm. Kijang Rangga hanya tersedia dalam transmisi 5 percepatan, dan telah memiliki tachometer pada panel instrumen.  

Bicara konsumsi bahan bakarnya, mesin 1.800 cc untuk  penggunaan dalam kota rata-rata hanya dapat menempuh jarak 6-8 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kotanya berkisar di angka 10-12 km/liter. 

Sudah boros, tarikan awalnya juga berat. Kalian harus mengurut gas secara perlahan dan memperhatikan timing kapan waktu yang tepat untuk pindah gigi. Masih banyak mobil lain yang tenaganya lebih oke dengan konsumsi bahan bakar segitu.

2. Fitur di Interior Toyota Kijang Rangga Sudah Kuno

Jangan banyak berharap dari sebuah Kijang Rangga sebagai mobil yang memenuhi ekspektasi masyarakat modern. Interior di Kijang Rangga fiturnya saja tidak istimewa dan sudah kuno. Untuk audio memakai 4 speaker sebagai standar dengan head unit single DIN Radio-CD. 

Penyejuk udara memakai AC double blower, power steering, namun untuk bukaan jendela pada kondisi aslinya masih pakai engkol. Tak cuma itu, kursi baris ketiga desainnya saling berhadapan. Ruang yang sempit membuat penumpang bisa adu dengkul serasa naik angkot.

Kalian juga tidak bisa menjumpai fitur seperti airbags, ABS maupun EBD pada mobil ini. Fitur keselamatannya sebatas seatbelt dan rem cakram di roda depan.

3. Interior Tak Terlalu Nyaman

Keunggulan yang coba ditawarkan dari keluarga Kijang Kapsul termasuk Rangga ialah interior yang luas. Namun soal kenyamanan bakal jadi prioritas ke sekian. Peredaman kabinnya tipis, sehingga kalian dapat mendengarkan suara kendaraan lain dari luar atau raungan mesin cukup keras masuk ke dalam kabin.

Kalian perlu memasang peredam tambahan, termasuk mengganti karet pintu dengan yang lebih tebal agar kabin lebih kedap.

Kesimpulan

Melihat dari beberapa poin di atas, biasa kita simpulkan kalau hal negatif dari sebuah Kijang Rangga sifatnya merupakan hal basic dari sebuah mobil. Mulai dari sisi kenyamanan kabin hingga kelengkapan fitur di mobil ini begitu minim. 

Itulah mengapa Kijang Rangga jadi kurang dilirik ketimbang Kijang Krista yang mampu bertahan hingga 2004. Alhasil, usia edar mobil ini hanya sekitar dua tahun saja karena minimnya minat masyarakat.


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Berita Terbaru

GIIAS Surabaya 2023 Resmi Dibuka, Mobil Listrik Neta dan Ora Absen Dalam Pameran

Setelah dilaksanakan di Tangerang pada 10 - 20 Agustus kemarin, pagelaran otomotif GIIAS 2023 kembali diselenggarakan dengan bertempatkan di Grand City Convex, Surabaya. Diselenggarakan selama 5 hari mulai dari 20 - 24 September 2023, perhelatan GIIAS ke-8 di kota Pahlawan ini memberikan kesan khusus dalam penyelenggaraannya, mengingat GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) ingin memberikan inovasi terkini dari otomotif Indonesia. “GAIKINDO ingin menghadirkan inovasi terkini d

Suzuki Jimny 5 Pintu Siap-siap Masuk Indonesia

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia digadang-gadang tengah menyiapkan mobil terbarunya, yaitu Suzuki Jimny 5 pintu. Meski pihak Suzuki masih enggan membocorkan produk barunya itu, namun kabar mobil yang dikenal sanggup melumat jalanan offroad karena memiliki varian penggerak empat roda ini semakin santer terdengar. Terlebih, rencana baru perusahaan dengan logo huruf S ini diperkuat dengan informasi dari bocoran yang ditampilkan Nilai Jual Kendaraan Berm

Toyota Hilux Berbahan Bakar Hidrogen Meluncur, Bye-bye Asap Hitam!

Toyota Hilux (Spesifikasi | Berita) hidrogen baru-baru ini diluncurkan di Inggris. Kendaraan ramah lingkungan yang disebut hydrogen fuel cells tersebut bagian dari Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Sekedar informasi, teknologi FCEV sebelumnya telah diaplikasikan pada Toyota Mirai. FCEV sendiri menggunakan sel bahan bakar dimana hidrogen bereaksi secara kimia dengan oksigen di udara untuk menghasilkan listrik. Selanjutnya sumber daya yang dihasilkan dimanfaatkan untuk menggerakkan motor listrik

3 Hal Menarik Kia Carens 2, MPV Matic Cuma Rp50 Jutaan

Kia Carens 2 menjadi MPV yang kalah tersohor bila dibandingkan Kijang Kapsul. Padahal MPV asal Korea Selatan ini punya banyak hal menarik sebagai sebuah MPV medium. Kia merakit mobil ini dalam negeri (CKD) pada penghujung 2003. Kia Carens II akhirnya pensiun pada tahun 2008. Baca juga: Kia Carens 2023 Dapat Mesin Baru di India, Indonesia Menyusul? Kia Seltos dan Kia Carens 2023 Bakal Pakai Mesin Baru Lebih Bertenaga Lebih Murah Rp11 Juta, Kia Carens Apakah Lebih Baik dari Toyota Kijang Innova Ze

9 Hal yang Bisa Menjadikan Anda Mahir Mengemudi dengan Aman dan Nyaman

Memiliki sebuah mobil belum tentu bisa dianggap mahir mengemudi, apalagi menjadi sang ahli dalam berkendara. Pasalnya, tak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas yang ternyata dikarenakan kesalahan pengemudi lantaran menganggap sepele tata cara mengemudi yang baik dan benar. Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol, Jangan Jadi Kesempatan Buat Kebut-kebutan! Nah menurut berbagai sumber, agar bisa menjadi mahir mengemudi dengan aman dan nyaman, sebenarnya tidaklah susah. Berikut ulasannya. 1. Se

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat