window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV

Yongki Sanjaya · 6 Okt, 2021 19:00

Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV 01

Tren MPV bergaya SUV yang naik daun dalam beberapa tahun terakhir sebenarnya bukanlah hal baru, ini sempat terjadi pada akhir dekade 1990-an. Dulu, ada beberapa merek yang merilis model bertemakan SUV yang mengambil basis dari MPV. Kali ini, kita akan melakukan perbandingan antara Daihatsu Taruna dengan Toyota Kijang Rangga sebagai MPV dengan baju SUV.

Untuk Daihatsu Taruna, memang jadi model independen alias model yang memang berdiri sendiri. Tidak seperti Toyota Kijang Rangga yang dibangun dari basis Toyota Kijang SSX alias Kijang Kapsul short chassis.

Lantas, mana paling value for money untuk dimiliki saat ini dengan statusnya sebagai motuba? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Kijang Rangga, MPV Rasa SUV Dengan Ban Serep di Pintu Belakang

Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV 01

Kijang Rangga dulu keluar sebagai salah satu varian Kijang kapsul generasi pertama, berbarengan dengan Kijang Krista yang keduanya hadir sebagai tipe tertinggi. Artinya, Kijang Rangga merupakan seri topline kijang kapsul pada sasis pendek.

Harga pasaran Toyota Kijang Rangga ini antara Rp60 jutaan sampai Rp70 jutaan. Namun, hanya sedikit penjual mobil bekas yang menawarkan Kijang Rangga ini. 

Spesifikasi Kijang Rangga sama dengan SSX, perbedaannya adalah dari sisi eksterior yang pakai body kit dengan aksen warna dual tone seperti merah – silver, hitam – silver, dll. Penampilannya khas SUV atau jip era 90-an dengan ban serep di pintu belakang. 

Namun demikian ban serep ini dudukannya terpisah, karena pintu belakang Kijang Rangga tetap membuka ke atas. Ban serepnya digantung pada sebuah rangka besi yang disambung pada pilar D. 

Trik ini dilakukan Toyota karena bobot ban serep ini cukup riskan buat engselnya kalau membuka ke atas. Sedangkan ini platform rangka dsb sama persis dengan Kijang Kapsul. Jelas aneh kalau pintu belakang dengan ban serep dibuat bukaan pintunya ke samping. 

Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV 02

Sayangnya Kijang Rangga memiliki masa hidup yang sedikit akibat minimnya peminat. Kijang Rangga ini pun hanya diproduksi pada tahun 1997-1999 saja. 

Karena basisnya dari tipe SGX, jelas fiturnya mirip Kijang Krista yang basisnya dari tipe LGX. Kijang Rangga ini telah memakai transmisi 5 percepatan dan ada tachometer pada panel instrumen. 

Interior cukup banyak fitur, dimana untuk audio sudah ada 4 speaker sebagai standar. Penyejuk udara memakai AC double blower, power stering hadir, namun untuk bukaan jendela masih pakai engkol. Pada tipe ini, bangku belakang desainnya saling berhadapan.

Spesifikasi Mesin Toyota Kijang Rangga Masih Sederhana

Untuk mesin Kijang Rangga karena model ini masuk ke generasi awal tahun 1997 hingga 1999, maka masih memakai mesin bensin dengan karburator seperti Kijang Grand Extra. Mesinnya berkapasitas 1800 cc dengan kode mesin 7K. Mesin bensin 7K ini memiliki output 60kW (81PS/80hp) @4600 rpm dengan torsi 139 Nm @2800rpm.

Daihatsu Taruna SUV Cikal Bakal Terios

Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV 03

Brand Daihatsu secara konsisten rutin merilis model SUV sebagai model andalan mereka. Secara segmentasi, Taruna ini sebenarnya berada persis di bawah Kijang Rangga karena kapasitas mesinnya 1.600 cc. 

Taruna sendiri pertama kali diproduksi di Indonesia pada 1999 dalam versi C-series, yang dibagi lagi menjadi beberapa varian, yaitu CL, CX, dan CSX. untuk C-Series, secara default jumlah kursi di mobil ini hanyalah lima buah. Baru pada generasi facelift era F-series berubah menjadi 7-seater yang meluncur pada 2001.

Spesifikasi Daihatsu Taruna, Menang Tenaga Dari Kijang Rangga

Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV 04

Meskipun kapasitas mesin Daihatsu Taruna ini lebih kecil 200 cc daripada Kijang Rangga, namun tenaga yang dihasilkan lebih baik. Mesin 1.6L HD-C karburator mampu memproduksi tenaga 96 ps @5.700 rpm dengan torsi 127 Nm @4.800 rpm. Unggul kurang lebih 15 ps daripada Kijang Rangga. Sebagai budget car, semua varian Daihatsu Taruna yang meluncur di Indonesia hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan. 

Harga Lebih Murah, Fitur Daihatsu Taruna Lebih Baik

Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV 05

Daihatsu Taruna populasinya cukup banyak di Indonesia karena memang penjualannya laris kala itu. Soal harga jual, kini Taruna bekas dibanderol mulai dari Rp50 juta sampai Rp70 jutaan. Harganya mirip dengan Kijang Rangga tapi fiturnya lebih oke. 

Daihatsu Taruna memiliki fitur yang unggul di zamannya. Mobil ini memiliki power window, electric mirror, sistem audio 1DIN dan AC yang dilengkapi dengan double blower. 

Desain Mirip Daihatsu Xenia Gen 1, Ditambah Ban Serep 'Konde'

Daihatsu Taruna memang termasuk mobil jadul, namun kalau diperhatikan ada beberapa kemiripan terutama di sisi fascia seperti Daihatsu Xenia generasi pertama. 

Desain headlamp agak oval dan grill horizontal dengan aksen krom. Namun, Taruna tampil maskulin dengan style over fender. Tak kalah penting yaitu desain pintu belakang yang sederhana dengan ban serep.

Rancangannya jelas khas SUV dimana engselnya ada di pilar D sehingga bukaannya ke samping bukan ke atas seperti Kijang Rangga. Ini membuatnya lebih bersih tapi juga terkesan kokoh. Bahkan untuk F-series ini sudah mengusung konsep SUV 7-seater modern. 

Kesimpulan

Dengan range harga yang mirip, Daihatsu Taruna memiliki value yang jauh lebih oke daripada Kijang Rangga. Memang, image masyarakat terhadap Kijang Rangga juga tak begitu antusias sehingga kurang populer.

Dengan budget yang mirip, Daihatsu Taruna jelas pilihan yang lebih oke untuk ukuran motuba. Lain cerita kalau kamu memang penghobi Kijang, maka Kijang Rangga jadi barang koleksi yang menarik. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil