Toyota GR Yaris 2024 Pakai Transmisi Matic dengan Teknologi Pertama di Dunia

Toyota GR Yaris 2024 sudah dirumorkan bakal hadir dengan varian transmisi matic meskipun tidak meninggalkan pula opsi gearbox manual sebelumnya.

Namun baru-baru ini Akio Toyoda, Chairman Toyota Motor Corporation mengkonfirmasi bahwa transmisi otomatis yang terpasang itu, akan menjadi game changer untuk semua sistem transmisi di industri otomotif.

Dan penerapan transmisi matic baru ini di sebuah mobil performa tinggi, bakal menjadi yang pertama di dunia.

Baca juga: Toyota GR Yaris Transmisi Matic Sedang Dipersiapkan, Tetap Galak Pakai Paddle Shift

Akio Toyoda Uji Langsung Toyota GR Yaris 2024 Matic

Pengembangan gearbox matic terbaru

Toyoda menjelaskan jika pihaknya sudah mengembangkan teknologi transmisi otomatis terbaru ini selama bertahun-tahun.

Barulah di 2022, pihaknya mulai melakukan uji coba dengan memasang gearbox terbaru itu pada satu unit GR Yaris versi track car.

Lantas pabrikan berlogo tiga oval itu mulai berani mencoba memasang transmisi tersebut pada unit GR Yaris yang turun dalam ajang Toyota Gazoo Rally Racing Challenge.

Akio Toyoda yang menguji langung GR Yaris matic

Guna membuktikan kinerja transmisi anyar ini, Toyoda bahkan mencoba sendiri mobil ini di trek bersama pembalap profesional Masahiro Sasaki.

Ternyata hasilnya diluar dugaan, GR Yaris matic bisa lebih cepat dari GR 86, meskipun harus ada di belakang Nissan Z Concept pada kelas STQ (eksperimental).

GR Yaris tersebut menyelesaikan 130 putaran dalam 5 jam 2 menit 40 detik, tidak terlalu jauh dari Nissan Z yang menyelesaikan lap dengan catatan waktu 5 jam 2 menit 16 detik.

Baca juga: Bos Audio Rode Oprek Performa Toyota GR Yaris, Setara McLaren 750S

Gearbox Direct Automatic Transmission Lebih Gesit

Transmisi otomatis GR Supra (foto: Doubleclutch)

Hasil dari uji coba yang dilakukan, Toyoda rupanya merasa sangat puas dengan gearbox baru yang dinamakan Direct Automatic Transmission (DAT) itu.

“DAT memang luar biasa, namun pengembangannya masih memerlukan banyak waktu, masih banyak kendala yang perlu diatasi," komentar Toyoda.

Bos Toyota itu mengungkapkan, sistem transmisi otomatis terbaru ini memungkinkan pengemudi merasakan kepraktisan berkendara mobil matic, namun tetap punya keseruan ala mobil sport.

Pakai transmisi baru lebih sigap

Dalam sebuah wawancara dengan media internal Toyota, Akio Toyoda mengaku kalau dia kehilangan waktu di lintasan balap saat harus mengganti posisi persneling di GR Yaris manual.

Namun hal itu tidak terjadi pada versi yang hadir dengan transmisi otomatis baru.

Dengan memasang transmisi DAT, Toyoda memastikan tidak ada waktu yang terbuang saat berpindah gigi, sehingga pembalap tetap dapat fokus penuh pada akselerasi, pengereman, dan menikung.

"Anda juga akan merasakan perbedaan suara dan rasa saat transmisi itu bergeser ke atas atau ke bawah," sebut Toyoda.

Transmisi baru debut di GR Yaris

Sayangnya sistem kerja transmisi DAT ini belum dijelaskan lebih rinci, namun disebut-sebut mekanismenya merupakan penyempurnaan dari sistem transmisi otomatis Direct Shift 8-speed yang sudah ada.

Itu berarti transmisi ini memungkinkan perpindahan gigi langsung ke posisi sesuai putaran mesin dan kecepatan, misalnya dari gigi 8 bisa langsung ke gigi 4 tanpa harus turun dulu ke gigi 7,6, dan 5, sehingga didapat akselerasi mobil lebih baik.

Belum ada pula informasi yang menyebut jika transmisi DAT ini apakah akan dikawinkan untuk model GR lainnya di luar GR Yaris.

Baca juga: Bosan dengan Morris Mini, Mr Bean Pilih Kendarai Toyota GR Yaris Hidrogen

Toyota GR Yaris 2024 Juga Alami Perubahan Fisik

Prediksi GR Yaris facelift

Setelah dirilis pertama kali pada 2020, Toyota memang berencana akan meluncurkan GR Yaris facelift di Jepang pada tahun 2024. 

Pada versi penyegaran, GR Yaris 2024 bakal mendapatkan sejumlah pembaruan di bagian eksterior.

Misalnya pada bagian fasad GR Yaris facelift mendapat lampu baru yang diprediksi sudah menggunakan teknologi BI-LED serta DRL LED dengan bentuk lebih dinamis.

Selain itu ubahan lain terletak pada bumper yang mana pada sisi samping ketambahan dua buah winglet di setiap sisinya. 

Tampilan belakang juga berubah

Untuk airdam dibuat lebih lebar dengan foglamp LED yang digeser sedikit ke tengah menyatu dengan kisi-kisi udaranya tersebut.

Buritan GR Yaris terbaru nantinya juga mendapat spoiler baru dengan bentuk lebih besar sekaligus aerodinamis, serta bentuk stoplamp yang terlihat semakin sporty.

Ubahan lainnya pun terletak pada bumper belakang, dimana bentuknya terlihat semakin berotot berkat lekukan yang diterima.

Selain mendapat ubahan tampilan secara minor change, menariknya pada sistem peredam kejut GR Yaris 2024 mendapat peningkatan berikut juga sistem pengeremannya.

Tak ketinggalan juga struktur body turut ditingkatkan guna membuat GR Yaris semakin rigid dan stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota GR Yaris

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Nyoba TSS Paket Lengkap di Mobil Manual | Tes Drive GR Yaris Dalam Kota

Nyoba TSS Paket Lengkap di Mobil Manual Tes Drive GR Yaris Dalam Kota

Ngulik Hal Unik di GR Yaris, Gak Bakal Nemu di Toyota Lokal

Balapan Pake GR Yaris di Sirkuit Test Drive

Toyota GR Yaris 2024 sudah dirumorkan bakal hadir dengan varian transmisi matic meskipun tidak meninggalkan pula opsi gearbox manual sebelumnya. Namun baru-baru ini Akio Toyoda, Chairman Toyota Motor Corporation mengkonfirmasi bahwa transmisi otomatis yang terpasang itu, akan menjadi game changer untuk semua sistem transmisi di industri otomotif. Dan penerapan transmisi matic baru ini di sebuah mobil performa tinggi, bakal menjadi yang pertama di dunia. Baca juga: Toyota GR Yaris Transmisi Matic
Tak sedikit orang yang bertanya-tanya berapa banyak kapasitas oli mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March. Untuk diketahui, baik Grand Livina, Evalia, dan March varian 1.5 sama-sama dibekali mesin bensin berkodekan HR15DE 4-silinder segaris DOHC 16 valve 1.498 cc dengan tenaga 111 PS di 6.000 rpm serta torsi 143 Nm pada 4.400 rpm. Mesin ini dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter. Sekedar informasi, pada model facelift Grand Livina, transmisi maticn
Daftar mobil baru di Indonesia periode September 2023 ternyata masih cukup banyak meski ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 sudah lewat. Bahkan sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan premium di Tanah Air seperti Ranger Rover dan Ferrari ikut menawarkan model-model terbarunya. Tentunya Toyota sebagai penguasa pasar otomotif di dalam negeri juga tak absen dengan menghadirkan mobil baru di Indonesia sepanjang September tahun ini. Nah daripada panjang lebar, mending k
Menghadapi persimpangan jalan atau bundaran jalan, Anda wajib mengentahui siapa yang berhak untuk diberi jalan lebih dulu. Ketika Anda mulai mengemudi di jalan raya, maka harus siap dengan keadaaan apapun yang bakal terjadi, termasuk mematuhi seluruh peraturan lalu lintas yang berlaku di wilayah tersebut. Tentunya berkendara di jalan umum bukan hanya akan menemui jalan lurus dengan kondisi lalu lintas yang lengang, tapi ada kalanya menjumpai kawasan macet, atau persimpangan jalan yang ramai. Wal
Toyota Veloz buatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memang bukan cuma di pasarkan di Indonesia, namun juga didistribusikan ke beberapa negara tak terkecuali Thailand. Namun ada yang menarik untuk pasar Negeri Gajah Putih, pasalnya Toyota Thailand baru-baru ini merilis Veloz X-Urban yang merupakan versi crossovernya pesaing dari Mitsubishi Xpander Cross. Dibandingkan dengan Veloz yang dijual di Indonesia, Toyota Velox X-Urban di Thailand mendapat sejumlah ubahan kosmetik yang memb

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Toyota GR Yaris
Lihat