Toyota Agya GR Sport 2023 memang sudah diturunkan pada beberapa ajang motorsport Nasional seperti Kejurnas Slalom hingga Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).
Melalui tim official Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) city car terbaru dari PT Toyota Astra Motor (TAM) itu turun dalam Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.200.
Tapi ternyata, mobil balap Toyota Agya generasi kedua ini bukan cuma bisa kalian lihat sata berlaga di lintasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, namun bisa kalin bawa langsung!
Caranya, kalian bisa ikut program dari Pertamina Mandalika International Circuit yang dinamakan Agya GR Arrive & Drive.
Baca juga: Toyota Agya GR Sport 2023 Versi Balap, Cakep Buat Jadi Inspirasi Modifikasi Racing Look
Program Agya GR Arrive & Drive merupakan program dari Pertamina Mandalika International Circuit bekerjasama dengan dealer Krida Toyota Mataram.
Dengan ikut program ini, kalian bisa geber langsung atau duduk di bangku penumpang sebuah mobil Toyota Agya GR yang sudah dimodifikasi oleh tim Toyota Gazoo Racing (TGR) Jepang untuk kebutuhan balap Nasional.
"Kalau ingin merasakan sensasi duduk dan nyetir di mobil balap sungguhan, maka jangan ragu ikut program ini. Karena ini adalah mobil balap yang diracik khusus oleh tim Gazoo Racing Jepang," sebut Denny Pribadi, Car Racer Navigator Rally & Offroad Coach Drifting Manager Pertamina Mandalika International Circuit, saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (18/02/2024).
Menurut Denny yang merupakan pembalap senior ini, syarat untuk mengikuti program Toyota Agya GR Arrive & Drive ini tidak sulit.
"Syaratnya cuma bisa nyetir mobil manual dengan lancar. nanti saya akan ajari bagaimana teknik mengerem di sirkuit yang benar, mengikuti racing line, menikung, sampai kalau terjadi oversteer atau understeer akibat hujan misalnya," kata Denny.
Jika kalian merasa ini baru kali pertama nyetir mobil balap sungguhan, Denny juga berpesan tidak perlu takut dan tidak harus memacu kendaraan itu semaksimal mungkin.
Sebab yang ingin dituju kata Denny, adalah bagaimana sensasi merasakan langsung menjadi pembalap di mobil balap sungguhan langsung di lintasan sirkuit kelas internasional.
"Jadi mereka bisa merasakan kalau jadi pembalap itu gak selamanya enak loh, masuk mobilnya sempit, di dalam mobil panas tidak pakai AC, pasang seatbelt susah dan harus sangat kencang, itu semua bisa dirasakan di mobil ini," sebut Denny.
Tidak perlu repot membawa perlengkapan balap, karena kebutuhan akan helm balap mobil, sarung tangan, racing suite, sampai sepatu sudah disediakan oleh pihak panitia penyelenggara.
Lantas berapa harga sewa Toyota Agya GR balap di Sirkuit Mandalika ini?
Biaya sewanya cuma Rp2 juta untuk penggunaan selama 1 jam, tapi khusu masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB), selama periode Februari hingga Maret 2024 ada diskon khusus 50% dari harga normal.
Kalau tertarik, kalian bisa sambangi Instgram @themandalikagp atau datang saja ke booth Pertamina Mandalika International Circuit Indonesia International Motor Show 2024 Hall C1&C2 JIExpo Kemayoran Jakarta selama IIMS 2024 berlangsung 15-25 Februari, bisa pula hubungi pihak Booking Circuit Mandalika di nomor telepon 0821-2559-6792.
"Untuk rentang waktu satu jam itu, sudah bisa muter sirkuit 20-25 lap, nanti di lap-lap awal saya akan ajari dulu teknik membalap yang baik, sisanya mau gas pol silahkan, mau menikmati sirkuitnya silahkan," kata Denny.
Sebagai bahan perbandingan, saat balap sungguhan, pembalap profesional di kelas ITCR 1200 umumnya hanya menghabiskan balapan sekitar 15 lap.
Jadi dengan harga sewa yang terbilang masih terjangkau, kalian akan puas merasakan bagaimana performa sesungguhnya dari Agya balap tersebut.
Baca juga: Resmi Dijual, Harga Toyota Agya 2023 Tembus Seperempat Miliar
Toyota Agya GR Sport versi balap ini pertama kali ditampilkan ke hadapan publik Indonesia saat ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2023.
Secara tampilan eksterior, tak banyak berubah pada mobil yang berbasis Toyota Agya GR Sport 2023 bertransmisi manual (MT) tersebut.
Hanya saja kalau dilihat sepintas, mobil ini telah dibekali livery balap dari tim TGRI dengan tema warna putih, perah dan ada aksen hitam.
Namun khusus untuk unit yang akan dipakai pada program Toyota Agya Arrive & Drive unit yang digunakan adlaah All New Agya tipe G bertransmisi manual.
Tema warna eksteriornya tetap dominasi putih dengan aksen merah dan hitam serta ada tambahan livery MGPA dan KRiDA pada bagian sisi kiri dan kanan bodinya.
Mobil ini terlihat masih menggunakan lampu utama, grill depan masih utuh seperti bawaan pabrik, masih dilengkapi dua wiper, serta di belakang masih ada rear upper spoiler original, serta lampu-lampu di belakang dan bemper pun tak diubah.
Bedanya ada pada bagian kaki-kaki yang sudah dibuat lebih ceper berkat penggantian suspensi spek balap dari Tein racikan Gazoo Racing.
Kemudian velgnya sudah diganti ukuran R15 motif 6 spoke hitam lansiran TRD Jepang yang dibalut ban GT Radial Champiro SX2 berukuran 195/50/R15.
Untuk mesinnya, dibocorkan oleh Denny masih memakai mesin 1.200 cc berkode WA-VE yang sama dengan Agya tipe G atau GR Sport versi produksi massal.
"Hanya saja ECU sudah di remap oleh tim Gazoo racing Jepang dan tenaganya naik sekitar 20 PS dengan rpm juga naik jadi 6.900 rpm," sebut dia.
Selain meracik ulang bagian ECU, tim Gazoo Racing juga sudah mengganti saluran intake dan exhaust di mesin tersebut supaya aliran udara lebih lancar.
Terakhir di bagian rem, sudah disematkan perangkat penghenti laju yang sesuai spesifikasi balap.
"Tapi rem di mobil ini canggih gak seperti rem mobil balap lain. Karena remnya gak usah dipanaskan, dia bisa langsung pakai begitu mobil start. Beda sama rem mobil balap lain yang harus dipanaskan dulu 1-2 lap sebelum balapan. Ini canggihnya tim Gazoo Racing," sebut Denny.
Dari segi kabin, ubahan yang dilakukan antara lain dengan mengeluarkan jok penumpang belakang, dan mengganti jok pengemudi dan penumpang depan dengan racing seat lansiran Gazoo Racing.
Dasbor bawaan pabrik tetap dipertahankan, tetapi beberapa perangkat yang tidak dibutuhkan di copot, seperti radio dan AC, serta setir standar diganti dengan setir Gazoo racing.
Demi memperkuat bodi mobil ini saat menikung dan melindungi pembalapnya, dipasang juga Roll Bar yang sudah sesuai dengan peraturan ISSOM di Indonesia.
Menurut Denny, hasil modifikasi seperti ini bisa ditiru jika ada yang mau membangun mobil balap berbasiskan Toyota Agya.
"Harga part modifikasinya sekitar Rp250 juta di luar harga mobil, ini sebenarnya murah karena semua partnya langsung dari Jepang dan diracik khusus untuk Agya," tutup dia.
Baca juga: Jajal Bedanya Toyota Agya 2023 Tipe G dan GR Sport, Lebih Fun yang Mana?
Berikut ini harga dan spesifikasi lengkap Toyota Agya 2023 yang dijual massal.
Spesifikasi Toyota Agya 2023 | |
---|---|
Dimensi | |
Panjang | 3.760 mm |
Lebar | 1.665 mm |
Tinggi | 1.505 mm |
Jarak sumbu roda | 2.525 mm |
Jarak ke tanah | 180 mm |
Kapasitas tangki BBM | 33 liter |
Mesin | |
Tipe mesin | WA-VE Dual VVT-i |
Isi silinder | 1.198 cc |
Jumlah silinder | 3 |
Daya maksimum | 88 PS @6.000 rpm |
Torsi maksimum | 113 Nm @4.500 rpm |
Transmisi | Manual 5 percepatan |
Otomatis D-CVT | |
Sistem penggerak roda | Penggerak Roda Depan |
Sasis | |
Suspensi depan | MacPherson Strut |
Suspensi belakang | Torsion Beam |
Rem depan | Ventilated disc |
Rem belakang | Drum |
Harga Toyota Agya per 2024 | |
---|---|
Tipe | Harga |
1.2 E M/T (Spot Order) | Rp 167.900.000 |
1.2 G M/T | Rp 175.400.000 |
1.2 G CVT | Rp 191.400.000 |
1.2 GR-Sport M/T | Rp 237.500.000 |
1.2 GR-Sport M/T (Two Tone) | Rp 240.000.000 |
1.2 GR-Sport CVT | Rp 253.500.000 |
1.2 GR-Sport CVT (Two Tone) | Rp 256.000.000 |
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}