Toyota Agya GR Sport 2023 Versi Balap, Cakep Buat Jadi Inspirasi Modifikasi Racing Look
Prasetyo · 13 Mar, 2023 08:03
0
0
Kehadiran Toyota Agya 2023 langsung menyedot banyak perhatian publik. Bagaimana tidak, mobil ini akhirnya berganti generasi setelah 10 tahun berjibaku di segmen LCGC (Low Cost Green Car).
Ada tiga varian tipe Agya terbaru ini yang ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Yaitu tipe E dengan status Spot Order, serta tipe G dan tipe GR Sport dengan tampilan yang lebih sporty. Untuk harga Toyota Agya 2023 dimulai Rp167,9 juta hingga Rp256 juta.
Dipajang di GJAW 2023
Namun ada satu unit Agya 2023 yang cukup menarik dan ditampilkan di booth Toyota pada gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023. Yakni adanya keberadaan Toyota Agya GR Sport versi balap.
Dijelaskan oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM kalau unit Agya GR Sport tersebut adalah mobil yang bakal dipakai Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI). "Jadi kita pajang juga disini unit yang akan dipakai untuk berlaga di beberapa event motor sport Indonesia," kata Anton ketika ditemui di JCC Senayan, Jumat (10/03/2023).
Siap terjun di kelas Touring Car dan Slalom
Penggunaan All New Agya ini, jelas dia, sejalan dengan proses penelitian dan pengembangan tim Gazzo Racing Indonesia untuk Agya yang sebelumnya juga sudah dipakai di beberapa ajang balap Nasional, seperti Touring Car dan Slalom sepanjang 2022. "Jadi karena ada model barunya, unit All New Agya ini kita develop juga untuk kejuaraan balap Nasional," sebut Anton.
Kalau melihat Agya GR Sport versi TGRI ini, mobil tersebut terlihat jauh lebih keren dibanding Agya GR Sport standar. Hadir dengan livery putih, merah, dan hitam khas tema tim Toyota Gazoo Racing, mobil ini tampak sudah mengalami cukup banyak modifikasi.
Tampilan belakangnya tak banyak berubah
Utamanya terlihat di bagian kaki-kaki yang dibuat lebih ceper berkat penggunaan suspensi khusus balap. Kemudian velg standarnya juga sudah diganti dengan model 6 spoke warna hitam dan dibalut ban semi slick GT Radial Champiro SX2 berukuran 195/50 R15.
Setir, dasbor dan trim pintu diganti semua
Area kabin juga sudah dirombak total yang hanya menyisakan satu jok buat pengemudi. Itupun telah diganti dengan sport seat keluaran Bridge. Lantas lingkar kemudinya juga sudah disubtitusi menggunakan merek GR Sport. Sementara trim pintu dan dasbor diganti pelat custom berbahan karbon dan ditanam rollbar untuk keselamatan pengemudi.
Jok Bridge
Untuk mesinnya tentu saja tidak dibocorkan oleh pihak Toyota. Tetapi dalam kondisi standar, Agya generasi kedua ini menggunakan mesin 1.2L 3 silinder WA-VE naturally aspirated (N/A) yang dapat menghasilkan daya puncak 88 PS dengan torsi 131 Nm. Tipe transmisi yang disediakan ada manual 5 percepatan atau otomatis CVT dengan bantuan paddle shift.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.