window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Boros dan Tenaganya Pas-pasan, Toyota Kijang Kapsul LGX Apakah Worth Dibanding Kijang Innova Gen 1?

Yongki Sanjaya · 13 Mar, 2023 17:00

Boros dan Tenaganya Pas-pasan, Toyota Kijang Kapsul LGX Apakah Worth Dibanding Kijang Innova Gen 1? 01

Toyota Kijang Kapsul menjadi salah satu MPV yang peminatnya masih cukup besar. Masyarakat melihat kalau Toyota Kijang Kapsul terutama tipe LGX ini menjadi suatu standar minimum sebuah mobil keluarga. Namun dengan semakin banyaknya pilihan, apakah membeli Toyota Kijang Kapsul LGX ini masih ideal di 2023?

Nah, banyak orang terutama kaum mendang-mending tetap menjatuhkan pilihan pada Kijang, karena pada generasi ini punya varian mesin bensin dan diesel. Dengan nama besar Toyota, masyarakat awam beranggapan kalau harga jual kembali masih tetap tinggi dan harga sparepart juga bersahabat.

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rp80 Jutaan, Pilih Toyota Kijang Innova 2005 atau Toyota Kijang Kapsul 2003?

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin 2004 Kok Lebih Boros Dari Versi 2008, Apa Sebabnya?

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Kapsul Diesel, Musuh Bebuyutan Isuzu Panther

Banyak masyarakat terutama di kota-kota kecil menganggap kalau Kijang Kapsul keluaran terakhir ini sebagai sebuah alternatif bila belum cukup membeli Kijang Innova. 

Lantas apakah faktanya benar demikian? Bagaimana dengan aspek dasar sebuah mobil keluarga seperti kenyamanan maupun konsumsi bahan bakar? Nah, ternyata Kijang LGX agak sulit memenuhi kedua kriteria tersebut.

"Buat kaum mendang mending ini adalah salah satu mobil terbaik untuk dimiliki. Ingat, salah satu parameter utama kaum mendang mending adalah yg berhubungan dengan harga. Ya harga beli, harga perawatan, harga operasional, pajak dan tentu saja harga jual," tulis Hariyanto Yakobus pada forum Quora.

Lantas, apakah Toyota Kijang Kapsul LGX ini masih begitu proper untuk first car di kota besar seperti Jakarta? Berikut ini ulasannya sebagaimana kami kutip dari forum Quora.

Toyota Kijang Kapsul, Kalah Irit Menang Sparepart

Boros dan Tenaganya Pas-pasan, Toyota Kijang Kapsul LGX Apakah Worth Dibanding Kijang Innova Gen 1? 01

Berdasarkan penelusuran kami di forum Quora, banyak pemilik atau mantan pengguna Kijang Kapsul yang curhat kalau mobil mereka tidak bisa disebut irit, dan benar-benar nyaman. Hanya saja, desain dan kenangan di mobil ini membuatnya masih terus dicari.

"Bagi yang belum punya dana untuk meminang Innova, LGX solusinya. Mesin bandel, sparepart mudah didapat dan murah. Dan desainnya timeless, nggak kalah saing dengan desain mobil kemarin sore," tulis akun Irfa Zuhdan Al Fikkri pada forum Quora.

Bicara ketersediaan sparepart, tentu masih banyak toko yang menjual suku cadang untuk Kijang Kapsul. Ini karena mesin bensin 5K, 7K atau mesin diesel 2L dulu begitu populer. Bila tidak ada yang original Toyota, masih banyak tersedia part OEM dari produsen yang juga menyuplai komponen original ke pihak Toyota. Namun untuk sparepart slow moving, kini mulai sulit dicari karena usia mobil yang sudah 20 tahunan. 

Boros dan Tenaganya Pas-pasan, Toyota Kijang Kapsul LGX Apakah Worth Dibanding Kijang Innova Gen 1? 02

Soal kenyamanan, banyak pemilik Kijang Kapsul yang mengakui bila mobil ini masih cukup ideal. Namun demikian, konsumsi bahan bakar mobil ini jelas patut dipertanyakan. Pasalnya, konsumsi BBM di Kijang Kapsul bensin maupun diesel nyaris sama borosnya.

"Nenggak bensin seliter per up to 7 km, solar seliter per up to 9 km. Ini boros. Saya tidak paham pola pikir kaum mendang mending ini," sebut Muharmansyah An dalam forum Quora.

Mending Toyota Kijang Kapsul Atau Toyota Kijang Innova Bensin Keluaran Awal?

Boros dan Tenaganya Pas-pasan, Toyota Kijang Kapsul LGX Apakah Worth Dibanding Kijang Innova Gen 1? 03

Mengacu pada beberapa fakta di atas, maka opsi lain yang cukup realistis ialah memilih Toyota Kijang Innova bermesin bensin dengan kode 1TR. Pasalnya, harga antara Kijang Kapsul keluaran terakhir dengan Kijang Innova bensin keluaran awal selisihnya tidak terlalu besar.

Sebagai informasi, harga pasaran Kijang Kapsul 2004 berkisar antara Rp59-83 juta sedangkan Kijang Innova bensin termurah mulai dari Rp85 juta sampai dengan Rp126 juta untuk harga termahalnya. 

Kijang Kapsul memang punya reputasi sebagai kendaraan yang boros BBM. Apalagi varian bermesin 2,4 liter. Salah satu alasannya karena Kijang Kapsul punya AC double blower. Sehingga ketika dinyalakan membuat boros bahan bakar.

Boros dan Tenaganya Pas-pasan, Toyota Kijang Kapsul LGX Apakah Worth Dibanding Kijang Innova Gen 1? 04

"Mesin jadul, tenaga kecil tapi borosnya mirip-mirip sama Innova yang 2.000 cc. Lega karena komponen interior tipis-tipis, engga kaya mobil sekarang yg tebel-tebel. Kalau nyaman ya masih nyaman Innova," sebut akun Kevin Fazar.

TAM merilis dua pilihan mesin bensin EFI pada generasi terakhir Kijang Kapsul, yakni 7K-E dan 1RZ-E. Mesin 7K-E berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder, mesin 1RZ-E berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder.

mesin 1.8 liter dengan kode 7K-E injeksi MT 5 speed mampu mengeluarkan tenaga  maksimal sebesar 94 Hp/ 5000 rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 155 Nm/ 3300 Rpm. Selanjutnya terdapat juga mesin bensin injeksi 2.0 liter dengan kode 1RZ-E. Tenaga yang dihasilkan sebesar 105 HP/ 4.800 RPM dan torsi yang dihasilkan mencapai 160Nm/ 2.800 RPM.

Dengan konsumsi BBM yang mirip, Kijang Innova bermesin 1.998 cc berkode 1TR-FE 4-silinder DOHC 16-katup berteknologi VVT-i lebih bertenaga. Mesinnya menghasilkan tenaga 136 PS atau 134 dk pada 5.600 rpm dengan torsi 182,4 Nm pada 4.000 rpm yang disalurkan ke roda belakang dengan transmisi manual 5-percepatan.

Kesimpulan

Kijang Kapsul menjadi salah satu living legend dalam jagat otomotif nasional. Mobil ini terkenal dengan durabilitasnya, walau soal kenyamanan kini sudah kalah dengan mobil lain. Bahkan, Kijang Innova generasi awal bisa memberikan kenyamanan kabin lebih oke dan tenaga mesin lebih oke.

Bila kalian mencari mobil untuk nostalgia, mungkin Kijang Kapsul akan sulit tergantikan. Lain cerita kalau memang mencari mobil keluarga yang proporsional dari berbagai aspek dengan harga di bawah Rp100 juta. Untuk poin ini, Kijang Innova bensin masih lebih menjanjikan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil