Ini 10 Perbedaan Honda Vario 160 2022 dan Vario 150, Bukan Cuma Mesin dan Fitur!

Daftar perbedaan Honda Vario 160 dengan Vario 150, bukan cuma mesin dan fitur.
  • 10 perbedaan Honda Vario 160 dan Vario 150
  • Bukan cuma beda di mesin 156 dan 149 cc ternyata
  • Peningkatan fitur Honda Vario 160 bikin versi lawas ketinggalan zaman banget

All new Honda Vario 160 menjadi penerus skutik pabrikan sayap mengepak yang lahir pada 2006 lalu. Pada generasi keenam ini, motor baru itu mendapat sejumlah ubahan dan pembaruan fitur dibandingkan model Honda Vario 150 yang dirilis pada 2018. 

Menarik dibahas mengenai daftar ubahan pada produk anyar ini. Sebab pabrikan mengklaim setiap generasi Vario mengalami peningkatan fitur dan ragam penyempurnaan. Lalu apa saja yang baru? Mari ketahui bersama dari 10 perbedaan antara Honda Vario baru dan lama berikut ini. 

1. Pakai Rangka Baru eSAF

Dimulai dari rangkanya dulu. Honda Vario 160 menggunakan platform baru eSAF yang telah diaplikasikan di Honda BeAT, Honda Genio, dan Honda Scoopy. Rangka ini lebih ringan sekitar 1,1 kilogram dari sasis terdahulu, untuk meningkatkan stabilitas dan kelincahan motor.

Rangka baru eSAF Honda Vario 160 lebih ringan 1,1 kilogram.

Jadi sasisnya kini bukan berbentuk pipa, melainkan terbuat dari lembaran baja yang dipress kemudian dilas laser. Benefit lain penggunaan platform eSAF adalah menjanjikan durabilitas yang tinggi, serta tahan defleksi atau pembengkokan dari penggunaan yang ekstrem.

2. Mesin eSP+ 4-katup serupa Honda PCX 160

Unsur penting dari Honda Vario 160 adalah penggunaan mesin baru, makanya ada embel-embel angka 160 seperti Honda PCX 160. Kedua produk tersebut menggunakan dapur pacu yang sama berupa eSP+ berkonfigurasi 4-katup. Sebelumnya di Honda Vario 150 masih eSP biasa 2-katup. 

Honda Vario 160 tipe CBS masih pakai rem belakang tromol.

Dari kubikasi mesin meningkat dari awalnya 149,3 cc menjadi 156,9 cc. Jeroannya tetap SOHC dan berpendingin cairan. Karena kapasitas isi silindernya membengkan, tenaga juga naik 2,3 PS dari 13,1 menjadi 15,4 PS. Namun torsinya tidak begitu melonjak dari 13,4 menjadi 13,8 Nm. 

3. Dimensi Membesar

Lanjut bicara ukuran dimensi Honda Vario 160 yang bila dibandingkan dengan Honda Vario 150 ternyata lebih besar sedikit. Dari foto tampak Honda Vario 160 tampil membengkak, lebih berisi, dan tebal. Namun rupanya dimensinya tak berubah banyak. 

Perbedaan tampilan Honda Vario 150 dengan Vario 160.

Panjangnya naik dari awalnya 1.919 mm ke 1.929 mm, lebar tetap 679 mm, adapun tinggi dari 1.062 mm menjadi 1.088 mm. Besar kemungkinan peningkatan ketinggian total motor dari penggunaan ukuran ban yang lebih besar sehingga mampu mendongkrak tinggi motor. 

4. Pakai Ban Gambot Bikin Lebih Gemuk

Masih berkaitan dengan poin ketiga, profil ban yang digunakan di Honda Vario 160 lebih besar dan lebar. Tujuannya selain menyesuaikan penampilan juga untuk mengejar kestabilan motor, serta agar pendistribusian tenaga dari mesin ke roda lebih baik. 

Secara dimensi, Honda Vario 160 sedikit lebih besar dan tinggi dari Vario 150.

Ukuran bannya naik secara signifikan, dari awalnya untuk depan 90/80 menjadi 100/80. Sementara belakang 100/80 menjadi 120/70. Ban baru tadi menyelimuti pelek palang Y yang dilabur warna coklat kehitaman dan hitam tergantung tipenya. 

Baca Juga: Harga All New Honda Vario 160 2022 Mulai Rp25 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkapnya

5. Honda Vario 160 Sudah Rem Cakram Belakang 

Peningkatan fitur lain yang ada di Honda Vario 160 adalah hadirnya rem cakram di roda belakang. Semula belum ada sistem pengereman ini. Disinyalir karena banyaknya masukkan dari pengguna Honda Vario yang menginginkan rem cakram belakang karena kerja lebih optimal dan menghindari decitan. 

Ban belakang Honda Vario 160 berukuran 120/70, sebelumnya di Vario 150 ukurannya 100/80.

6. Honda Vario 160 Dilengkapi ABS

Hanya saja rem cakram belakang cuma tersedia di varian tertinggi yang sudah disematkan fitur rem ABS (Anti-lock Braking System) single channel di cakram depan. Harga untuk menebusnya Rp28,5 juta. Peningkatan fitur inilah yang menjadikannya semakin naik kelas dan disebut AHM sebagai skutik premium sporty. 

Honda Vario 160 tipe tertinggi dilengkapi rem ABS.

Adapun untuk tipe CBS masih menggunakan rem belakang tromol. Harganya juga disesuaikan tetap terjangkau bagi yang menginginkan Honda Vario 160 namun tidak membutuhkan ABS. Harganya Rp25,8 juta. 

7. Fitur USB Power Charger, Nggak Perlu Adaptor!

Fitur tambahan lain yang sebelumnya absen adalah adanya fasilitas pengecasan ponsel pintar. Bentuknya sudah port USB type-A, bukan soket lighter sehingga pengguna motor nggak perlu siapkan adaptor tambahan. Tinggal bawa kabel casan kelar urusan. Akhirnya ya ada chargeran di Vario. 

Honda Vario 160 telah dilengkapi port USB charger.

8. Fascia Pakai DRL Baru

Kami setuju fascia Honda Vario 160 makin sedap dipandang. Ini karena tetap mempertahankan dual keen eyes atau lampu utama LED kembar, juga disematkan rona daytime running light (DRL) baru yang desainnya ala mobil mewah kekinian.

Lampu depan Honda Vario 160 punya dua DRL terpisah, kayak mobil mewah ya!

Kenapa begitu? Karena bukan LED bar biasa, desainnya berupa LED alis di atas lampu utama, kemudian terpotong panel bodi moncong depan dan memanjang lagi hingga housing lampu sein motor. Menarik, ya!

9. Desain Belakang Sedap Dilihat

Selain dari depan, tampilan belakang Honda Vario 160 juga menarik untuk diperhatikan. Bentuknya lebih menawan dibanding Honda Vario 150. Desain housing lampu dengan lekukan garis tegas dan sedikit lebih minimalis. Lalu tetap dipadukan sepakbor layaknya motor sport dan dilengkapi sein tangkai terpisah. 

Tampilan belakang Honda Vario 160 yang sedap dipandang.

10. Spion Baru dan Spakbor Depan Layaknya Motor Sport

Perintilan lain yang berubah adalah desain knalpot beserta cover. Kemudian bila diperhatikan lagi desain spion ikut berbeda, jadi seperti yang dipasang di Honda PCX 160. 

Spakbor depan Honda Vario 160 semakin menempel roda depan, beda dengan Vario 150 yang mengambang.

Lalu perbedaan yang signifikan lagi adalah posisi sepakbor depan Honda Vario 160 yang penempatannya mendekati lingkar atas ban depan seperti motor sport fairing. Kalau di Honda Vario 150, fendernya mengambang mendekati moncong motor. 

Baca Juga: Honda Vario 160 2022 Tersedia Dalam Varian ABS dan CBS, Selisih Rp 2,7 Juta Apa Bedanya?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 150
Lihat