window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Daftarkan Paten Baru, Honda PCX 160 bakal Dipasangi Airbag?

Ary · 18 Jun, 2021 17:00

Honda mendaftarkan sebuah paten baru berupa airbag untuk sepeda motor. Bukan hal baru sebetulnya. Toh, item tersebut juga sudah disematkan terhadap Honda Gold Wing. Namun menjadi menarik, lantaran hadirnya sebuah model yang diduga adalah Honda PCX 160. 

Hal ini sontak memecahkan anggapan, bahwa Gold Wing sajalah yang bakal memiliki fitur kantung udara tersebut. Pemikiran akan eksklusifitas si motor touring pun sebenarnya cukup logis. Terlebih tak ada lagi implementasi di motor Honda lain, pasca airbag tersebut diperkenalkan 15 tahun silam. 

Paten Airbag Baru Motor Honda

Honda pertama kali menyematkan airbag pada Honda Gold Wing.

Baca juga: Simak Keunggulan dan Kekurangan Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax

Keberadaan paten baru inilah yang kemudian menjadi menarik untuk dibahas. Bukan saja kepastian mengenai penggunaannya di motor selain Gold Wing. Kuat dugaan jika desain dan kinerja airbag barunya ini berbeda dengan sebelumnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Apalagi, model yang digunakan adalah Honda PCX 160. Memperkuat dugaan bahwa airbag ini akan dikembangkan untuk pendukung keselamatan di lingkup perkotaan. Paten ini memperlihatkan, airbag akan keluar dari celah antara cover bodi depan dan windshield. 

Airbag Honda PCX 160

Paten baru Honda menggunakan model Honda PCX 160.

Baca juga: Butuh Performa dan Akomodasi, Honda PCX 160 Bisa Jadi Opsi Ideal

Honda Daftarkan Tiga Paten Airbag

Alih-alih menggelembung layaknya pada Honda Gold Wing. Ketika aktif, airbag baru ini justru membentang bak sebuah tirai. Bukan tanpa alasan. Menukil dari Ride Apart, Honda mengklaim cedera akibat tabrakan frontal menyumbang 68% dari kecelakaan roda dua di jalanan. 

Melihat lagi kinerja pada paten airbag pertama tersebut, jelas berbeda dengan terapan di Honda Gold Wing. Dengan peletakannya di area kemudi, airbag akan menahan pengendara untuk tetap berada di area kokpit. 

Gambar Paten Airbag Motor Honda

Paten ini memperlihat airbag mengembang di belakang windshield.

Baca juga: Pakai Rangka Baru, Dimensi Honda PCX 160 2021 Tak Berubah Banyak Dari Honda PCX 150 2020

Sementara airbag baru ini, lebih kepada mengurangi efek benturan terhadap kendaraan atau obyek lain di depannya. Ketika airbag mengembangkan, windshield akan otomatis terdorong ke depan yang jua berfungsi memberikan penahan tambahan. Secara logika, item ini memang bakal dipasangkan untuk produk non-moge (motor gede) Honda.  

Selain paten pertama tadi, Honda juga menyertakan paten kedua dengan penempatan yang berbeda. Airbag ini berbentuk 'U' dan berada di area panel meter sang skutik. Saat terjadi tumbukan, airbag bakal langsung mengembangkan. Dengan begitu, pengendara tidak akan sampai membentur setang bahkan windshield saat terjadi kecelakaan. 

Airbag Baru Motor Honda

Pada paten ini, mekanisme kerja airbag seperti kepunyaan Honda Gold Wing.

Baca juga: Simak 5 Fakta Menarik Honda PCX di Indonesia, Berawal Dari Produk CBU Hingga Dirakit Lokal

Kinerja pada panel ketiga pun sebenarnya mirip-mirip. Hanya saja, kantung udara tersebut berlokasi di bagian tengah setang. Seketika tabrakan terjadi dan membuat sensor aktif, airbag akan menyembul. Dibanding kedua paten tadi, paten ini yang rasanya paling aman. Pasalnya jarak kantung udara lebih dekat dengan pengendara. Mirip sekali seperti pengaplikasian pada Honda Glod Wing. 

Meski gambar paten airbag baru Honda ini sudah tersebar, belum diketahui kapan ide tersebut diterjemahkannya secara nyata. Tentu menarik, jika salah satu pengaplikasiannya dilakukan terhadap Honda PCX 160. Jikalau benar adanya, jangan kaget bila harga jual Honda PCX 160 lebih mahal dari banderol sekarang. 
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });