Bengkel 902 Garage sudah terbiasa menggarap motor dengan genre sport, baik fairing maupun naked. Bengkel ini pun punya spesialisasi di bidang cangkok area kaki-kaki agar lebih gambot dan gagah.
Namun kali ini, Yusa Firdaus sebagai owner 902 Garage ingin mencoba sesuatu hal baru pada bengkelnya. Caranya dengan menggarap sebuah motor tipe matic, Honda Scoopy (Spesifikasi | Berita) lansiran 2019 pun dipilih.
“Ya karena dikomporin dan diracunin juga sama teman-teman buat main matic, ngerasa juga sih kalau naik matic itu gampang gak repot. Akhirnya nyari ‘bahan’ dan pilih Scoopy karena kayanya menarik. Motor kecil dan desainnya bulat-bulat gitu kan,” sebutnya.
Langkah pertama dengan mengaplikasikan warna baru pada sekujur bodi Scoopy. Grafis dari helm Arai HRC Edition pun dipilih yang khas dengan warna putih, merah, dan biru.
Baca juga: Astra Honda Ganti Nahkoda di Bulan April, Siap Hadapi Era Motor Listrik
Untuk memberi kesan sporty, beberapa bagian bodi dibalut dengan forged carbon beserta akses biru untuk menyamakan bodi utamanya. Pemanis lain ada pada pijakan kaki yang diambil dari Scoopy generasi terbaru.
“Ini Honda Genuine Accessories tapi buat Scoopy 2021 ke atas, ada beda di dudukan baut. Tetap bisa kepasang, cuma bautnya di depan aja, yang belakang pakai double tape.”
“Gue ngerasa kalau desainnya bagus, gak cuma pelat tapi juga ada karetnya biar kaki tetap ngegrip. Habis itu pasang diffuser bolong-bolong custom biar gampang ditekuk ngikutin desain bodi, warnanya juga matching sama injekan kaki,” tunjuk Yusa.
Seluruh lampu penerangannya masih orisinal. Tapi agar memberi aksen gahar dan sporty, mika lampunya dilabur smoke. Konsep yang diusung matic satu ini gak sekadar sporty, tapi ternyata mengarah ke Cafe Racer.
Baca juga: Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar
Karenanya ada beberapa perangkat pendukung untuk mengentalkan kesan Cafe Racer-nya. Seperti visor pada spidometer dan jok custom dengan desain ala single seat.
“Nama motornya Scooper, Scoopy Cafe Racer, hahaha… Aksesoris visor ini biar lebih kental aja aura Cafe Racer di motor ini. Jok model single seat ini masih enak banget buat boncengan karena busanya tebal,” sambung pria yang bengkelnya ada di bilangan Rawa Bebek, Bekasi ini.
Modifikasi berlanjut ke area kaki-kaki dengan penggantian bottom shock menggunakan VND berwarna emas dengan tabung kecil. Lalu perangkat pengereman gak ketinggalan, pakai paket Brembo lengkap.
Master rem Brembo RCS14 memompa kaliper Brembo 2 piston red logo yang tersambung berkat slang rem TDR, racy abisss…. Biar gak belang, satu set handle rem belakang diganti pakai Accossato warna merah anodize.
Baca juga: Busyet! Honda Supra Fit Jadul Jadi Armada Perang di Vietnam
“Enaknya main matic ini banyak part yang plug and play. Tapi tetep sih harus matengin konsepnya biar enak dilihat dan komposisinya bagus. Ban pakai Pirelli Diablo Rosso Scooter SC ukuran rata 100/90-12.”
“Udah beli yang ukuran 120/90-12 buat belakang, tapi ternyata mentok ulir per. Bisa sih diganjel sisi dalem tromolnya, tapi nanti ban belakang sama depan jadi gak sejajar,” tambahnya.
Untuk memperkuat kesan racy, knalpot jadi komponen wajib yang perlu diganti. Knalpot aftermarket untuk Scoopy memang punya pilihan model yang tidak terlalu banyak.
“Kebanyakan model standar racing gitu. Karena gue biasa main motor tipe sport, jadi pengen pakai Akrapovic gitu. Akhirnya kepikiranlah pakai Akrapovic buat R25 ini, cuma emang suaranya lumayan keras, hahaaa…” tutup Yusa.
Cakep!
902 Garage: 0856-9213-9629
Data Modifikasi Honda Scoopy | ||
---|---|---|
Cat bodi | Full airbrush Arai HRC | |
Handgrip | Domino | |
Spion | Scarlet Racing Bar End | |
Tabung minyak rem | Lightech | |
Master rem | Brembo RCS14 | |
Slang rem | TDR | |
Kaliper depan | Brembo 2P | |
Cakram | PSM semi-floating Ø220 mm | |
Handle rem belakang | Accossato | |
Bottom shock | VND tabung | |
Shock belakang | Öhlins | |
Pelek | VND Roulette | |
Ban | Pirelli Diablo Rosso Scooter SC 100/90-12 | |
Knalpot | Akrapovic GP + Header blue | |
Jok | Custom Cafe Racer style |