window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar

Harry · 10 Apr, 2023 15:30

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 01

Honda CRF250 Rally.
  • Jadi favorit untuk touring adventure.
  • Harganya kini tembus Rp 90 juta.
  • Produk buatan Thailand.

Mencari motor sport tipe touring adventure, salah satu yang banyak disukai adalah Honda CRF250 Rally. Motor ini punya komunitas pengguna yang besar dan kerap melakukan perjalanan melewati beragam wilayah.

Hal itu menandakan motor tersebut memang mumpuni untuk dipakai bersenang-senang, touring jarak jauh dengan melintasi jalan off road ringan. Harganya kini Rp 92,145 juta on the road Jakarta.

Baca juga : Cek Cicilan Honda CRF250L di Jakarta, Mulai Rp 3 Jutaan Aja!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Padahal kala dikenalkan 2017 lalu, cuma diangka Rp 62 jutaan. Apa yang membuatnya semenarik itu? Simak langsung ulasan lengkapnya.

Posisi Berkendara Honda CRF250 Rally

Untuk banyak orang, motor ini terlihat besar meski bukan kategori motor gede. Ukurannya 2.230 x 920 x 1.415 mm (PxLxT). Belum lagi penggunaan lingkar roda 21 inci di depan dengan suspensi upside down yang sangat jenjang.

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 01

Nyaman dikendarai.

Dan karena berbasis motor trail, tentu saja posisi duduknya tinggi, dengan 885 mm. Tapi untungnya sok belakang amblas saat diduduki rider berbobot 72 kg, jadi kaki masih bisa menapak meski jinjit.

Nah, posisi berkendara yang ditawarkan Honda CRF250 Rally ini terhitung nyaman. Setang lebar dan tinggi, membuat tangan rileks tapi juga sigap. Pijakan kaki tak membuat kaki terlalu menekuk dan sudah dilapisi karet.

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 02

Jok panjang tapi sempit.

Joknya panjang khas motor trail, namun terasa sempit juga. Sehingga terkadang hal inilah yang membuatnya agak tak nyaman berkendara lama karena akan terasa panas.

Pandangan ke depan pun jelas dan sangat luas, meski terdapat windshield bening sebagai penghalang angin dari depan. Secara keseluruhan memang motor ini menawarkan posisi berkendara yang nyaman.

Baca juga : Makin Mahal Tapi Laris, Ini Dia Honda CRF250 Rally

Banyak Fitur Canggih

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 03

Lampu depan asimetris jadi ciri khas.

Dibandingkan dengan versi 2016, pada unit model 2021 yang kami pakai sudah ada banyak pengembangan. Tentu saja dalam hal fitur yang kini semakin memanjakan pengendaranya.

Misalnya panel meter digital dengan desain baru serta isinya yang informatif. Ada spidometer, takometer, odometer, tripmeter 1 dan 2, stopwatch, konsumsi bensin rata-rata dan aktual, kecepatan rata-rata dan jam digital.

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 04

Panel meter digital informatif.

Kemudian redaman suspensi depan andalkan Showa SFF (Separated Function Fork) berdiameter 43 mm, yang tiap tabung sok punya fungsi sendiri-sendiri. Bagian kanan berfungsi sebagai reaction dan kiri sebagai damper.

Suspensi belakang sendiri andalkan Showa monosok dengan link, serta memiliki setelan preload. Pengereman sudah pakai cakram pada kedua roda, tanpa sokongan teknologi ABS.

Baca juga : Tergoda Honda CRF250L 2023 Buat Main Tanah? Cek Dulu 5 Daya Tariknya

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 05

Suspensi depan upside down.

Pada sektor mesin, dibandingkan generasi awal, ada perubahan minor untuk mengail torsi lebih besar. Naik 0,95 PS dan 0,5 Nm dari mesin generasi pertamanya yang rilis 2017.

Belum lagi telah disematkan teknologi Assist & Slipper Clutch yang membuat kopling lebih ringan, tapi tetap responsif. Asyik untuk macet-macetan dan adventure sekaligus.

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 06

Andalkan monosok dengan link.

Dari tampilan, sisi penerangan seluruhnya sudah pakai lampu LED, mulai dari lampu depan asimetris yang khas, lampu sein kecuali lampu belakang. 

Handling dan Performa Honda CRF250 Rally

Mengendarai Honda CRF250 Rally dengan melewati beragam kondisi jalan sangat menyenangkan. Kala aspal mulus, motor terasa stabil dengan suspensi yang mengayun lembut.

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 07

Setang tak stabil dipakai ngebut lebih dari 120 km/jam.

Melintasi jalan rusak, redamannya pun nyaman dan terasa sangat empuk! Hanya saja ukrang stabil saat melaju lebih dari 120 km/jam atau melibas tikungan dengan cepat, motor mudah goyang dan setang bergetar seperti gejala tank slapper.

Wajar karena motor seperti ini lebih mengutamakan fungsi untuk melewati beragam kondisi jalan, bukan kebut-kebutan. Soal pengendalian di jalan rusak, motor pun jauh lebih mudah dikendalikan dari versi sebelumnya.

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 08

Mengayun saat dipakai menikung cepat.

Ini tak lepas dari diet yang dilakukan, sehingga bisa mengurangi bobot menjadi 153 kg dari sebelumnya 155. Ini karena perubahan pada sasis dan juga lengan ayun.

Padahal kapasitas tangki membesar lho. Alhasil, lewat tanah basah jadi lebih mudah. Setang yang lebar juga membantu mengontrol motor dengan baik, plus Assist & Slipper Clutch yang memudahkan.

Baca juga : Bukan Cuma Bodi, Beda Honda CRF250L dan CRF250 Rally Ternyata Banyak!

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 09

Mesin pakai Assist & Slipper Clutch.

Kinerja pengereman pun patut disoroti, dalam kondisi jalan on road atau off road sama baiknya. Absennya teknologi ABS tak jadi soal, toh siapa yang mau ABS-nya aktif ketika motor dipakai adventure? 

Bicara mesin, motor pun jadi berasa lebih responsif. Kini output maksimalnya mencapai 25,7 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 23,1 Nm di 6.500 rpm. 

Update pada mesin dimodel 2021 mencakup sistem pendinginan, camshaft IN dan EX, boks filter dengan volume lebih besar, desain ulang sekat dalam perut knalpot dan perubahan timing pengapian.

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 10

Performa mesin lebih baik dari sebelumnya.

Dengan bobot lebih ringan dipadu mesin lebih kuat, tak heran akselerasinya pun terhitung gesit. Pun soal efisiensi bahan bakar yang terhitung irit untuk penggunaan harian hingga touring.

Menggunakan BBM oktan 92 hasil pada layar panel meter menampilkan 33 km/liter. Data selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Akselerasi Honda CRF250 Rally
0-60 km/jam 3,34 detik
0-80 km/jam 5,5 detik
0-100 km/jam 8,92 detik
0-100 meter 6,46 detik
0-201 meter 10,18 detik
0-402 meter 16,62 detik
Top Speed Spidometer 136 km/jam
Top Speed Racebox 128,4 km/jam
Konsumsi Bensin (full to full) 31,3 km/liter
Konsumsi Bensin (MID) 32 km/liter
*Bobot rider 72 kg, BBM oktan 92.

Kesimpulan

Test Ride Honda CRF250 Rally, Semakin Mahal Tapi Banyak Penggemar 11

Pas buat lewat jalan rusak.

Selain semua hal tadi, jangan lupakan pula desain Honda CRF250 Rally yang khas. Tampilan motor adventure bergaya motor reli yang inspirasinya datang dari Honda CRF450 Rally, kuda besi andalan Honda di Dakar Rally.

Namun karena statusnya CBU Thailand, harganya terhitung tinggi saat ini. Belum lagi peminatnya yang membludak, membuat motor ini ghoib. Tak heran jika harga bekasnya cenderung stabil bahkan lebih mahal dari harga barunya dulu.

Spesifikasi Honda CRF250 Rally
Dimensi
PxLxT 2.230 x 920 x 1.415 mm
Sumbu Roda 1.455 mm
Tinggi Jok 885 mm
Jarak Terendah 275 mm
Berat Isi 152 g
Tangki 12,8 liter
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah 76 x 55 mm
Isi Silinder 249,6 cc
Rasio Kompresi 10,7 : 1
Tenaga Maksimal 25,6 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 23,1 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi Manual 6 speed
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Semi double cradle
Sok Depan Upside down
Sok Belakang Monosok
Ban Depan 80/100-21
Ban Belakang 120/80-18
Rem Depan Cakram 296 mm
Rem Belakang Cakram 220 mm

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });