Mesin 1.200 cc 3-Silinder Jadi Andalan di Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, Tenaganya Lebih Baik?

Demi mengejar efisiensi, maka compact crossover seperti Daihatsu Rocky atau Toyota Raize seluruhnya akan memakai mesin 3-silinder, dan salah satu variannya telah memakai turbo. Mesin dengan silinder ganjil sempat jadi kontroversi, karena getarannya yang besar. Apakah nantinya kinerja mesin 3-silinder di Daihatsu Rocky dan Toyota Raize semakin baik? 

Tren mesin kecil tiga silinder ini sebenarnya sudah ada sejak zaman MPV Daihatsu Xenia 1.000 cc. Tren tersebut kemudian digunakan pada LCGC bermesin 1.000 cc keluaran Astra setelah Xenia tidak menggunakannya. 

Kini, mesin dengan silinder ganjil bahkan semakin tren, bahkan di mobil sport seperti GR Yaris dengan kombinasi turbo supaya menekan konsumsi BBM tanpa mengorbankan tenaga. Adalah Nissan yang menginisiasi mesin 3-silinder turbo di Indonesia melalui Nissan Magnite di segmen compact crossover.

Masyarakat kita situasinya sekarang membutuhkan mobil yang bertenaga, responsif, tapi sekaligus irit bahan bakar. Hal ini sesuai dengan fokus utama mesin 3-silinder soal efisiensi baik bahan bakar maupun bobot hingga ukuran mesinnya. 

Pakai Mesin 3-Silinder, Bikin Harga Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Lebih Murah? 

Pada umumnya harga mobil-mobil dengan mesin tiga silinder akan lebih murah dari mobil dengan mesin empat silinder, apalagi enam silinder. Selain itu mesin 3-silinder ukurannya lebih kecil juga menjadikan kap mesin menjadi lebih lapang.

Mesin 3 silinder merupakan solusi dan menjadi pilihan banyak produsen mobil besar. Bahkan raksasa Volkswagen hingga BMW juga menggunakan meisn 3 silinder sebagai jawaban atas efisiensi bahan bakar mobil.

Mesin 3-silinder di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Irit dan Sederhana 

Mesin dengan jumlah silinder yang sedikit, juga berefek ke ruang pembakaran yang lebih sedikit. Alhasil kebutuhan bahan bakar tidak perlu banyak untuk bisa memicu terjadinya pembakaran. Inilah alasan mobil-mobil dengan mesin tiga silinder lebih irit bahan bakar.

Pengembangan mesin 3 silinder yang ukurannya ringkas memungkinkan bisa digunakan pada banyak model mobil terutama untuk city use. Keuntungannya bisa mengurangi biaya untuk melakukan pengembangan mesin baru meski dengan kapasitas mesin sama.

Minimnya komponen yang digunakan pada mesin 3-silinder menjadikan biaya produksi jadi lebih murah bagi produsen dalam memproduksi mesin tersebut. Dengan kondisi demikian, maka mesin 3-silinder sangat cocok untuk dipakai perkotaan. Namun tidak menutup kemungkinan perjalanan luar kota juga menyenangkan dengan adanya sokongan turbo. 

Performa mesin 1.200 cc 3-Silinder Tidak Kalah dengan Mesin 4-Silinder 

Mesin kecil dengan konfigurasi 3 silinder seperti pada Rocky 1.2 bisa menyamai tenaga mesin 4 silinder dengan kubikasi lebih besar. Seperti pada bocoran mesin Daihatsu Rocky 1.200 cc tenaganya mencapai 88 PS, nyaris serupa dengan tenaga Honda Brio sebesar 90 PS.

Bahkan untuk sesama 'compact crossover', tenaga mesin 1.200 cc milik Rocky dan Raize ini lebih besar dari Suzuki Ignis. Mobil mungil Suzuki ini tenaganya sebesar 83 PS dari mesin berkapasitas serupa. 

Bahkan output mesin baru yang dipersiapkan oleh grup Astra ini setara dengan mesin 1.200 cc 4-silinder yang digunakan pada LCGC. Mesin 3NR-VE menghasilkan daya sebesar 88 PS juga. 

Bila melihat kemampuan yang dimiliki, kita bisa berasumsi kalau mesin WA-VE di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini nantinya bakal menggantikan mesin 4-silinder 3NR-VE yang selama ini digunakan pada LCGC. 

Kelemahan Mesin 3-Silinder, Getaran dan Bising Telah Teratasi? 

Konfigurasi tiga silinder berarti ganjil, otomatis mesin bakal menghasilkan vibrasi lebih kuat karena jumlah silinder yang tidak seimbang (2-1).

Cara kerjanya, satu piston akan bekerja pada titik kerja maksimal atau dikenal top dead centre. Sementara itu dua piston lainnya menyeimbangkan tenaga mesin dengan jarak 120 derajat dari top dead centre. Untuk itu, banyak produsen yang menyiasatinya dengan penambahan poros penyeimbang, agar getaran kinerja mesin tidak terlalu dirasakan.

Persoalan lainnya yaitu pada pembakarannya yang tetap menimbulkan getaran karena tidak ada silinder lawan untuk mengimbangi seperti pada mesin 6 silinder segaris. Nah, ledakan pembakaran yang 'pincang' ini menghasilkan efek getaran lebih besar. 

Alhasil suara dari mesin tiga silinder dirasakan terdengar lebih kasar dibanding mesin konfigurasi genap seperti empat silinder. Kombinasi getaran dan suara bising membuat kita di kabin merasa kurang senyap. 

Getaran mesin 3 silinder akan lebih terasa, kalau kondisi saluran masuk BBM kotor. Untuk itu kita perlu menjaga kualitas bensin supaya pembakaran tetap sempurna. 

Untungnya kelemahan mesin ini pun telah mampu di atasi dengan baik. Getaran mesin berlebih telah tereduksi dengan beragam teknologi berbeda dari setiap produsen. Produsen mobil kemudian menambah balancer shaft, fleksible flywheel, atau memperkuat engine mounting supaya getarannya berkurang. 

Tujuannya tidak lain agar pengemudi tetap merasa nyaman, meski berkendara dengan mesin tiga silinder. Anda pun kini kian sulit untuk membedakan mobil bermesin 3-silinder atau 4-silinder saat idle karena getarannya semakin halus. 

Kesimpulan 

Bisa disimpulkan bahwa mesin kecil dengan konfigurasi tiga silinder tak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih isu hemat bahan bakar dan pengurangan gas karbon yang semakin bergema sangat pas untuk didukung oleh mobil dengan mesin 3 silinder.

Pabrikan mobil pun berhasil mengeliminasi kelemahan mendasar dari mesin 3-silinder jadul. Kini, mobil bermesin tiga silinder tak lagi bising dan menghasilkan getaran yang berlebihan. Sensasinya semakin halus layaknya empat silinder. 

Jadi, mesin 3-silinder sudah semakin baik bukan?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Rocky

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Daihatsu Rocky Sahabat Eksis, Tunjukkan Sisi Lain dari Dirimu

New Advanced Safety Assist dari Daihatsu Rocky

Yakin WR-V Lebih Baik dari Raize? | Komparasi

Awas Gagal Ngerem, Gini Ternyata Cara Kerja Fitur TSS Toyota Raize

Toyota Raize Baru Dibuat Untuk Kepribadian Dinamis Anak Muda Indonesia

Melihat lebih dekat ke Toyota Raize terbaru, Eksterior Berani & Aktif, Desain Interior Bergaya

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Rocky vs Rush
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rocky vs XL7
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rocky vs Almaz
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rocky vs Raize
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rocky vs Terios
Daihatsu Rocky
Lihat