Test Drive Singkat Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT: Lincah dan Ganteng, Menggoda Kaum Hawa

Sudah dapat diduga jika ternyata mobil ini menarik hati Kaum Hawa. Ya, karena saat mengikuti Journalist Test Drive Toyota Raize yang diadakan PT Toyota Astra Motor  (TAM) Selasa (4/5) lalu, komentar terbanyak yang hadir terkait dengan mobil ini hadir dari para wanita. Tak heran memang karena dari impresi pertama, desainnya yang ganteng sudah menggoda!

Desainnya yang sportif ini memang menampilkan aura yang berbeda. Menurut saya secara pribadi, Toyota Raize (dan juga kembarannya Daihatsu Rocky) memiliki garis desain yang khas sebagai sebuah produk Japan Domestic Market (JDM).  Garis-garis desain tegas dan agresif mengingatkan saya pada sosok kartun Anime yang memang khas Jepang. Apalagi pada varian berbalut bodi kit GR Sport ini, membuat tampilannya lebih menarik perhatian.

Tampilan desainnya kental dengan sentuhan ala Jepang

Tak heran, mengingat, Toyota Raize memang lahir di Jepang dan Indonesia merupakan negara kedua yang mendapatkan produk ini di dunia. Pada 2020 lalu di Jepang, mobil yang mendapatkan tema "active, useful, and compact" ini bahkan mencatatkan penjualan terlaris hingga 120.000 unit hanya dalam 6 bulan. Dan jika melihat dari antusiasme pasar compact SUV saat ini, bukan tak mungkin mobil ini bisa mengikuti kesuksesan Toyota Raize di Jepang.

Lalu seperti apa pengalaman berkendara dengan Toyota Raize ini? Kami berkeliling Jakarta untuk mengetahui rasa berkendaranya sekaligus kepraktisannya.

Baca Juga: Toyota Raize Sudah Dipesan Lebih dari 1.200 Unit Kurang Dari Seminggu, Paling Banyak Tipe GR Sport

Performa responsif mesin 3-silinder 1.0 Turbo

Tak hanya penampilannya yang patut dipuji, namun performanya juga cukup mengejutkan. Begitu duduk di balik kemudi, dan mulai berkendara, injakan ringan di pedal gas dapat membuatnya ringan untuk bergerak. Jika Anda menginjak pedal gas lebih dalam, mobil ini akan dengan responsif menyuguhkan akselerasi yang responsif melebihi ekspektasi saya yang baru pertama kali mencobanya.

Mesin 1.0L Turbo menyuguhkan performa yang responsif

Karakter mesin 3-silinder dengan imbuhan turbocharger menjadikan performanya terasa penuh sejak putaran mesin rendah. Melintasi lalu-lintas stop-and-go di kemacetan membuat mobil ini dapat mudah mengikuti arus lalu lintas. 

Spesifikasi Mesin Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT
Mesin 1KR-VET, 3-silinder DOHC VVT-i
Kapasitas  998 cc
Tenaga Maks. 98 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maks. 140 Nm @ 2.400 - 4.000 rpm
Bore x Stroke 71,0 x 83,9 mm
Rasio Kompresi 9,5:1
Transmisi CVT

Sementara begitu memasuki jalan bebas hambatan, kecepatan 100 km/jam dapat dengan mudah dicapai, terutama saat putaran mesin melewati puncak torsi 140 Nm yang bisa didapat pada 2.400 hingga 4.000 rpm. Transmisi CVT kopling-ganda juga dengan sigap menyalurkan tenaganya ke roda depan dengan halus. 

Mesin 1.0L Turbo juga menyuguhkan efisiensi bahan bakar

Yang menarik, pengendaraan Toyota Raize dapat semakin menyenangkan jika Anda memanfaatkan paddle shift di balik kemudinya. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih sendiri simulasi gear yang dibutuhkan saat ingin berakselerasi lebih cepat untuk menyusul mobil di depan.  Ya, transmisi CVT pada Raize memang menawarkan simulasi transmisi otomatis 7-speed.

Transmisi CVT dengan opsi perpindahan gear melalui paddle shift

Baca juga: Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa?

Pengendalian istimewa plus suguhan kenyamanan

Dimensinya yang kompak membuat mobil ini memang cocok untuk dikendarai di tengah kepadatan lalu lintas kota. Ground clearance yang mencapai 200 mm membuat mobil ini juga ideal menghadapi medan jalan di Tanah Air.

Penggunaan platform DNGA menawarkan kenyamanan berkendara

Selain itu, penggunaan platform DNGA (Daihatsu New Generation Architecture) turut menjadikan mobil ini semakin nyaman saat dikendarai. Tak seperti model-model Toyota-Daihatsu sebelumnya saat menghadapi jalanan bergelombang atau lubang-lubang jalanan, Raize dapat mengatasinya dengan lebih halus.

Dimensi Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT
Panjang (mm) 4.030 mm
Lebar (mm) 1.710 mm
Tinggi (mm) 1.635 mm
Wheelbase (mm) 2.525 mm
Jarak Pijak (depan) (mm) 1.475 mm
Jarak Pijak (belakang) (mm) 1.470 mm
Ground Clearence (mm) 200 mm
Ukuran ban 205/60 R17

Soal pengendaliannya juga bisa dipuji. Karena mulai dari feedback di kemudi hingga kestabilannya bisa dibilang memuaskan untuk sebuah mobil perkotaan. Paduan suspensi MacPherson strut di depan dan Torsion Beam di belakang seakan menjadi racikan paling pas untuk mobil-mobil masa kini sekaligus menjanjikan jaminan kenyamanan. 

Saat bermanuver di tengah kepadatan lalu-lintas, gejala limbung juga sangat minim. Oya, terkait dengan stabilitas, mobil kompak ini juga telah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga pengendalian mobil secara elektronik. Tak hanya itu, adanya fitur Hill Start Assist (HSA) juga membantu pengemudi saat harus berhenti di tengah tanjakan, karena dapat menjaga mobil tetap diam.

Kemudi dapat diatur ketinggiannya, namun tidak jangkauannya

Terkait pengendaraannya, posisi duduk di balik kemudi juga cukup baik, berkat pengaturan bangku yang cukup fleksibel, baik reclining maupun ketinggiannya, maka dapat diperoleh visibilitas yang baik untuk mengemudi. Sayang kemudi hanya bisa diatur ketinggiannya (tilt) belum ada pengaturan teleskopik atau jangkauan. Meski begitu, untuk mobil entry level SUV ini sudah lebih dari cukup.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Toyota Raize Pakai Aksesoris JDM, Tampilan Makin Keren Nih!

Kepraktisan kabin yang istimewa

Salah satu poin keunggulan Toyota Raize ini juga hadir dari interiornya. Meski dari sisi kualitas material tidak terlalu istimewa, namun Raize tetap menyuguhkan impresi yang positif. Semua tombol di dashboardnya ergonomis, bahkan layar head unit 9 inci di bagian tengah, posisinya menghadap pengemudi sehingga memudahkan saat dioperasikan.

Tata letak tombol pada dashboard ergonomis

Keleluasaan kabin juga cukup lapang untuk sebuah mobil kompak dengan dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Berkat pengaturan tempat duduk yang juga fleksibel, ruang duduk yang disuguhkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Toyota mengklaim jarak antara bangku depan dan belakang yang mencapai 900 mm dapat menyajikan ruang kaki yang luas bagi penumpang belakang di kelasnya.

Ruang bagasi lapang dan mudah terjangkau

Sebagai sebuah SUV berdimensi kompak, jarak sumbu roda yang mencapai 2.525 mm juga menjadi salah satu kunci keleluasaan di dalam kabinnya. Kapasitas 5 orang penumpang menjadi opsi paling tepat, tanpa perlu memaksakan kehadiran bangku tambahan di bagian belakang. Hal ini menjadikan Raize menyuguhkan ruang bagasi yang luas di bagian belakang.

Kapasitas bagais 369 liter dan masih dapat bertambah dengan melipat bangku tengah

Berdasarkan data yang tersedia, kapasitas bagasi Toyota Raize sebesar 369 liter, yang menarik, lantai bagasinya memiliki dua level ketinggian untuk memaksimalkan ruang sesuai dengan barang yang ingin diangkut.  Tak hanya itu, bangku belakang yang terpisah 50:50 dapat dilipat hingga rata sehingga kapasitas bagasi dapat meningkat.

Baca juga: Cuma Rp4.5 Juta Setiap Bulan, Berikut Skema Kredit Toyota Raize Untuk Semua Varian

Beberapa Catatan Kecil Tentang Toyota Raize

Tak hanya kelebihannya saja yang kami rasakan sepanjang perjalanan pengujian pertama Toyota Raize ini, namun ada beberapa catatan terkait dengan pengendaraan mobil ini. Yang pertama adalah soal kualitas material di kabinnya. 

Kualitas plastikdi dalam kabin Toyota Raize masih tampak murah

Seperti sempat disinggung di atas, kualitas plastik keras mendominasi di bagian dashboardnya. Beberapa aksen silver yang ada di ventilasi udara nyaris tak menolong tampilannya.  Warna hitam yang mendominasi memang membuat tampilannya tampak lebih sporty, tak mudah tampak kotor serta tak menjadikan silau saat tengah berkendara di tengah teriknya matahari, namun terasa monoton.

Layar panel instrumen dapat diubah dalam 4 desain

Selanjutnya adalah soal visibilitas, meski keleluasaan pandangan saat berkendara luas berkat posisi duduk yang fleksibel, namun ada satu poin kekurangan yang mengganggu adalah ruang pandang di spion kiri yang terasa terlalu sempit. Hal ini sedikit menggangu saat parkir atau mengamati lalu-lintas di sebelah kiri.

Untungnya, Toyota Raize telah mendapatkan kamera belakang yang sangat membantu untuk parkir. Dan khususnya pada varian tertinggi Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS, untuk mengantisipasi kekurangan dari kaca spion di sisi kiri telah terdapat fitur Blind Spot Monitoring yang akan memberikan peringatan dari potensi hambatan di sebelah kiri mobil.

Blind Spot Monitoring ini memang hanya tersedia pada varian tertinggi Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS, sebagai bagian dari fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) bersama dengan Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control dan Rear Crossing Traffic Alert.

Penggunaan ban serep full-size bisa menyulitkan wanita untuk menggantinya 

Dan catatan terakhir, terkait denga penggunaan full-size spare tyre alias ban cadangan/serep dengan ukuran penuh, yang sama dengan ban yang digunakan. Memang pemiihan ban serep dengan ukuran sesungguhnya ini memiliki kelebihan karena ban serep dapat langsung digunakan, tak seperti jika menggunakan space-saver spare tyre yang lebih kecil. 

Namun perlu diingat, karena ini adalah mobil yang juga ditujukan bagi para wanita, penggunaan ban serep berukuran penuh ini akan menjadi hambatan jika perlu mengganti ban. Mengapa? Karena jelas, ban ini jauh lebih berat dibandingkan ban cadangan hemat ruang yang saat ini lebih kerap digunakan. Artinya, bagi para pengguna wanita, Anda tampaknya akan membutuhkan bantuan jika perlu mengganti ban mobil ini saat diperlukan.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Raize Raih Bintang 5, Lengkapi Jaminan Keselamatan

Harga dan opsi warna Toyota Raize

Saat diluncurkan pada 30 April 2021 lalu, PT Toyota Astra Motor mengumumkan harga Toyota Raize dengan opsi relaksasi PPnBM 100% yang berlaku hanya hingga akhir Mei 2021. Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa harga ini sangat bergantung pada waktu penerimaan produk yang dipesan. Artinya, jika Anda memesan mobil ini dan menerimanya setelah bulan Mei 2021, maka harga yang berlaku adalah harga dengan diskon PPnBM 50% saja. 

Berikut ini daftar harga normal Toyota Raize, serta harga dengan diskon PPnBM 100%:

Daftar Harga Toyota Raize 1.0T (OTR DKI Jakarta)
Varian Harga Harga (Diskon PPnBM 100%) 
Toyota Raize 1.0T G MT Rp236,8 juta Rp219,9 juta
Toyota Raize 1.0T G CVT Rp251,1 juta Rp233,1 juta
Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT Rp263,2 juta Rp244,7 juta
Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS Rp283,8 juta Rp263,7 juta

Untuk pilihan warna yang dapat dipilih, Toyota menyediakan hingga 12 opsi warna termasuk variasi warna dual tone yang dapat dipilih dengan harga lebih mahal Rp2 juta. Berikut ini pilihan warna yang dimiliki oleh Toyota Raize:

Pilihan Warna Toyota Raize
Dual Tone
(Tersedia di varian 1.0T)
Mono Tone
Black - White White
Black - Red Red
Black - Yellow SE Yellow SE
Black - Silver Metallic Silver Metallic
Black - Tuquoise MM Tuquoise MM
  Black
  Grey Metallic

Baca juga: Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan

Kesimpulan

Jika kebutuhan Anda adalah mobil yang memiliki kemampuan luas untuk digunakan di dalam kota, maka Toyota Raize bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan sosoknya sebagai sebuah compact SUV, mobil ini meyuguhkan rasa percaya diri menghadapi kepadatan lalu lintas kota, termasuk untuk menghadapi berbagai kondisi jalan yang ada di Tanah Air.

Dari sisi kenyamanan, Toyota Raize memberikan pengendaraan yang memuaskan berkat platform chassis dan suspensi yang digunakan. Ruang kabin yang lapang dan praktis juga menjadi poin keunggulan yang dapat memuaskan kebutuhan berkendara di dalam kota.

Sementara dari sisi performa, mesin 1,0 liter dengan imbuhan turbocharger menyuguhkan responsifitas berkendara yang memudahkan sepanjang perjalanan. Dengan kapasitas mesin kecil ini, konsumsi bahan bakar juga diprediksi bisa cukup irit. Klaim yang disebutkan Daihatsu bagi model kembarannya Daihatsu Rocky, konsumsi bahan bakarnya bahkan bisa mencapai 18 km/liter.

Dari sisi banderol harga, Toyota Raize sangat kompetitif untuk bersaing dengan rival di kelasnya, Nissan Magnite dan KIA Sonet. Menurut kami, lawan paling berat hadir dari KIA Sonet yang menawarkan fitur berlimpah serta memiliki opsi varian berdaya angkut 7 penumpang. Namun satu keunggulan yang tak dimiliki kedua rivalnya itu, citra merek, serta jaringan dan kualitas layanan purna jual Toyota jelas menjadi faktor penentu untuk meminang Toyota Raize.

 

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky vs Nissan Magnite dan KIA Sonet, Pertarungan Anime vs Bollywood

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Raize

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Yakin WR-V Lebih Baik dari Raize? | Komparasi

Awas Gagal Ngerem, Gini Ternyata Cara Kerja Fitur TSS Toyota Raize

Toyota Raize Baru Dibuat Untuk Kepribadian Dinamis Anak Muda Indonesia

Melihat lebih dekat ke Toyota Raize terbaru, Eksterior Berani & Aktif, Desain Interior Bergaya

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Raize vs XL7
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Raize vs Rush
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Raize vs Almaz
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Raize vs Terios
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Raize vs Rocky
Toyota Raize
Lihat