Cukup mengejutkan saat mengetahui harga Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition yang berbasis Venturer Diesel AT mencapai Rp482,7 Juta. Berkat diskon PPnBM, mobil ini memang mendapatkan harga lebih murah dari seharusnya. Namun jika kita abaikan soal relaksasi PPnBM tadi, harga varian special edisi terbatas ini akan melampaui Rp500 juta! Satu hal yang kemudian hadir dalam benak kami, apakah harga ini sebanding dengan fitur yang diberikannya?
Salah satu fitur yang tengah menjadi opsi trend bagi pabrikan-pabrikan mobil adalah ADAS. Ya, fitur Advanced Driving Assistant System atau ADAS memang tengah menjadi salah satu fitur keselamatan yang menjadi menu baru pada beberapa model yang diperkenalkan beberapa bulan belakangan. Pada merek Toyota, fitur ADAS ini disebut sebagai Toyota Safety Sense dan menjadi bagian dari fitur keselamatan pada compact SUV terbarunya, New Toyota Raize.
Bahkan, Toyota Raize – bersama kembarannya Daihatsu Rocky tentunya -- bisa dibilang menjadi model mobil termurah di Indonesia yang telah mendapatkan fitur bantuan berkendara tingkat lanjut ini. Dengan banderol di kisaran Rp200 Juta hingga Rp290 juta, fitur ini sebelumnya hanya tersedia pada model-model mobil dengan harga di atas Rp500 Juta.
Sebut saja Honda Accord, Honda CR-V, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Corolla Altis Hybrid, model-model tersebut telah mendapatkan fitur ADAS dengan nama yang berbeda-beda dari setiap pabrikan. Meski begitu, kehadiran Wuling Almaz RS dengan banderol harga di kisaran Rp350 jutaan, kemudian seakan mendobrak “nilai mahal” fitur ADAS ini.
Perbandingan Berbagai Fitur ADAS | ||||
---|---|---|---|---|
Model | Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS | Wuling Almaz RS | Mitsubishi Pajero Sport Dakar UItimate 4x4 | Honda Accord |
Harga | Rp265,9 juta* | Rp364,8 juta** | Rp733,7 juta | Rp729,6 juta |
ADAS | Toyota Safety Sense | WISE | MI-PILOT*** | Honda Sensing |
Fitur |
|
|
|
|
Catatan:
*= Harga dengan diskon PPnBM 100%
**= Harga promo sampai 31 Mei 2021
***= Fitur ADAS Mitsubishi disebut di Jepang
Ya, dengan banderol harga mulai Rp300 juta hingga Rp350 jutan, Wuling Motors menawarkan fitur-fitur canggih yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh mobil-mobil premium. Wuling Almaz RS menawarkan WISE (Wuling Interconected System Environment) yang merupakan gabungan fitur ADAS dan Internet of Car.
Deretan fitur Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA) menjadi bagian WISE pada Wuling Almaz RS. Sementara itu, masih ada juga fitur-fitur Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security yang menjadi bagian dari Internet of Vehicle.
Baca juga: Penasaran Dengan Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin dan Diesel?
Usai Wuling Almaz RS hadir dengan tawaran WISE berbanderol lebih murah jika dibandingkan dengan rival di kelasnya. Pada akhir April lalu, giliran dua pabrikan besar Tanah Air, Toyota dan Daihatsu yang memperkenalkan model baru dengan fitur serupa ADAS pada mobil yang dibanderol hanya seharga Rp200 hingga Rp290 jutaan.
Pada Toyota Raize seluruh tipe telah dilengkapi fitur keselamatan berupa sistem pengereman dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm dan Immobilizer.
Pada tipe 1.2 G, 1.0T G dan 1.0T GR Sport dilengkapi dual airbags, sementara tipe 1.0T GR Sport TSS memperoleh 6-airbags (driver+passanger+side+curtain) ditambah fitur Toyota Safety Sense (TSS). Dalam daftar TSS terdapat fitur Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.
Sementara pada Daihatsu Rocky, sistem keselamatan serupa ADAS yang disematkan pada mobil ini disebut sebagai A.S.A atau Advanced Safety Assist. Teknologi A.S.A memiliki fungsi untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan dengan mendeteksi berbagai obyek yang berada di sekitar mobil. Fitur masuk dalam teknologi A.S.A pada Daihatsu Rocky akan memberikan peringatan hingga membantu pengaturan agar dapat terhindar dari kecelakaan dengan kendaraan maupun obyek lainnya.
Daihatsu Rocky di Indonesia mendapatkan 6 fungsi ADAS pada fitur A.S.A yang dimilikinya, yaitu pre-collision warning, pre-Collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning dan lane departure prevention. Penggunaan fitur A.S.A ini hanya terdapat pada Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA.
Baca juga: Toyota Raize vs Toyota Kijang Innova Bekas 2016 di Harga Rp 200 Jutaan, Pilih yang Mana?
Nah, jika kita perhatikan, dengan sederet fitur canggih ADAS yang ada pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang hanya berbanderol di kisaran Rp280 Jutaan, apakah artinya untuk sebuah Toyota Kijang Innova yang berbanderol hampir Rp500 juta juga perlu fitur ini? Menurut kami, tentu saja hal ini diperlukan, mengingat, Kijang Innova adalah salah satu mobil favorit keluarga Indonesia yang membutuhkan jaminan keselamatan lebih baik.
Saat ini Toyota Kijang Innova telah memiliki fitur keselamatan berupa sistem pengereman ABS dan EBD, tujuh buah airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HAS) dan Emergency Brake Signal (EBS). Jika diperhatikan, fitur-fitur keselamatan itu adalah fitur standard yang dimiliki oleh Toyota Raize. Sementara pada varian Raize termahal telah mendapatkan Toyota Safety Sense.
Saat kami tanyakan apakah Toyota Kijang Innova juga akan mendapatkan TSS kepada pihak Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia, secara diplomatis mereka menjawab bahwa fitur TSS yang disematkan pada Toyota Raize saat ini merupakan bagian dari studi Toyota terhadap respon masyarakat terhadap fitur ini.
“TSS yang dipasang pada Toyota Raize juga menjadi cara kami mengetahui bagaimana penerimaan pasar terhadap fitur ini dan bias menjadi konsiderasi akan adanya fitur TSS ini di model-model lain (Toyota) di masa mendatang,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM di sela-sela Test Drive Toyota Raize awal Mei lalu.
Dalam kesempatan yang sama, Dimas Aska selaku Interactive Communication Departement Head TAM juga sempat mengatakan bahwa dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Toyota di Indonesia, konsumen potensial mobil keluarga seperti Toyota Kijang Innova dan Toyota Rush, lebih memilih fitur kenyamanan serta kapasitas penumpang yang besar sebagai prioritas mereka.
Artinya jika kemudian penggunaan fitur TSS pada Toyota Raize ternyata banyak diterima dan dipilih oleh konsumen, bukan hal yang tak mungkin jika model-model Toyota di masa mendatang akan mendapatkan fitur keselamatan canggih ini.
Apalagi dengan disematkannya fitur TSS pada Toyota Raize dan A.S.A pada Daihatsu Rocky serta WISE pada Wuling Almaz RS, mereka juga membutktikan bahwa penggunaan fitur ADAS yang canggih, plus teknologi Internet of Vehicle juga dapat ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Tak ada lagi alasan bagi pabrikan mobil untuk dapat menawarkan berbagai fitur canggih ini di masa mendatang dengan harga yang lebih murah. Termasuk pada Toyota Kijang Innova tentunya!
Baca juga: Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat