Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition

Enda · 12 Apr, 2021 15:00

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 01

Toyota Kijang Innova Limited Edition

Toyota Kijang Innova Limited Edition menjadi persembahan utama Toyota Indonesia kepada masyarakat Tanah Air dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-50 pada tahun ini. Sebagai bentuk atensi, Toyota Astra Motor menghadirkan 50 unit edisi khusus Toyota Kijang Innova yang sudah bisa dipesan mulai Jumat, 9 April 2021.

Dalam edisi khusus ini, Toyota memberi beberapa sentuhan ikonik pada varian Toyota Kijang Innova Limited Edition baik pada sektor eksterior maupun fiturnya. Dikethaui bahwa edisi khusus yang digunakan pada perayaan di usia emasnya ini menggunakan varian dari Innova 2.0 V A/T Luxury serta Innova Venturer 2.4 A/T.

Namun dalam pembahasan kali ini, kami ingin mengulas kelebihan dan kekurangan yang ada pada Toyota Kijang Innova Limited Edition.

Baca juga: Simak 5 Alasan Mengapa Harus Membeli Toyota Kijang Innova, Banyak Untungnya

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan Toyota Kijang Innova Limited Edition

1. Didukung Fitur Serupa Seperti Sedan Premiumnya

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 01

Tampilan dashboard Toyota Kijang Innova Limited Edition

Bicara mengenai fitur hiburannya, Toyota Kijang Innova Limited Edition ini disematkan head unit New Versatile 9” yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. Pada edisi khusus Kijang Innova yang mengambil basis dari Venturer, menggunakan head unit New Comprehensive 9” yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

Pada sisi safety, mobil ini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal dan Hill Start Assist (HSA). Tak tertinggal sistem pengereman ABS dan EBD juga disematkan pada mobil ini, guna memberikan kenyamanan lebih ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba. Kijang Innova Limited Edition juga terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags (varian Venturer).

Pada fitur lainnya, Toyota Kijang Innova Limited Edition mendapatkan pembersih udara terintegrasi, Integrated Air Purifier (Car Ionizer). Alat ini untuk  menghasilkan udara yang baik serta meningkatkan kualitas kesegaran udara. 

Air purifier dapat bekerja secara otomatis sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin. Healthy feature ini dirasa dapat memberikan kenyamanan lebih bagi anggota keluarga yang sedang melakukan perjalanan.

Kalian yang menyukai gaya berkendara, opsi Eco Mode dan Power Mode bisa dipilih salah satunya untuk menyesuaikan mood berkendara dan kondisi jalan.

Baca juga: Toyota Kijang Innova 2021: Varian Diesel Lebih Diminati Dibandingkan Bensin, Kenapa?

2. Fitur dan Aksesoris Khusus di Toyota Kijang Limited Edition

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 02

Audio JBL sebanyak 6 buah pada Toyota Kijang Innova Limited Edition

Sebagai ikonik, Toyota Kijang Innova Limited Edition tampil dengan balutan sticker berwarna emas sebagai lambang 50 tahun kehadiran Toyota Indonesia. Sticker yang melekat pada edisi khusus Kijang Innova ini menggambarkan perjalanan Toyota Kijang dari generasi pertama hingga generasi keenam.

Selain itu, Toyota Kijang Innova Limited Edition mendapat warna spesial white pearl (putih mutiara), ornamen grill depan berlapis krom untuk tipe V dan dark chrome di varian Venturer, warna spesial di velg, interior premium noble brown dan panel kayu warna coklat.

Untuk memberikan kualitas suara yang baik, edisi khusus Kijang Innova juga mendapatkan sound system JBL serta emblem 50th di belakang, serta logo pada karpet. Sebagai bentuk apresiasi, Toyota Astra Motor memberikan plakat Toyota Kijang Innova Limited Edition, kunci mobil & kunci cadangan yang disertai booklet Innova journey “BEYOND THE GOLDEN LINE” dan kulkas mini portable untuk 50 customer yang berkesempatan memiliki edisi terbatas Toyota Kijang Innova dalam perayaan ulang tahun ke-50 Toyota Indonesia.

3. Jok Model Captain Seat yang Lebih Prestius dan Nyaman

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 03

Toyota Kijang Innova Limited Edition mendapat jok model captain seat yang terkesan prestisius dan nyaman

Bicara mengenai konfigurasi tempat duduk, Toyota Kijang Innova Limited Edition ini mendapatkan jok model captain seat dengan bahan yang tebal dan lebar. Secara keseluruhan, mobil ini bisa dimuati hingga enam penumpang tanpa mengorbankan kesan yang sempit. Tidak cuma itu saja, di baris kedua juga terdapat folding table yang bisa kalian gunakan sebagai meja makan atau minum bahkan untuk menaruh laptop.

4. Didukung Dua Pilihan Mesin yang Bertenaga

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 04

Mesin 1TR-FE dan 2GD-FTV Toyota Kijang Innova Limited Edition

Seperti yang disampaikan sebelumnya, 50 unit yang ditampilkan pada edisi khusus Toyota Kijang Innova diperayaan ulang tahun TAM kali ini menggunakan varian dari Innova 2.0 V A/T Luxury serta Innova Venturer 2.4 A/T.

Pada varian yang diambil dari Innova 2.0 V A/T Luxury ini dipersenjatai mesin bensin legendaris berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc, mesin ini mampu merilis tenaga 139 PS @5.600 rpm di angka torsi 183 Nm @4.000 rpm.

Sedangkan edisi khusus yang menggunakan basis dari Innova Venturer 2.4 A/T ditanamkan mesin berkodekan 2 GD FTV 4-silinder, 4-silinder, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 2.393 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin sebesar 149 PS @3.400 rpm dan torsinya mencapai 359 Nm @1.200-2.600 rpm. Kedua varian yang ditawarkan sama-sama dikawinkan transmisi otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic yang kemudian ditranslasi melalui penggerak roda belakang yang tangguh disegala medan.

5. Harga Bekas Toyota Kijang Innova Limited Edition Akan Terus Stabil dan Jadi Buruan Kolektor

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 05

Tampilan belakang Toyota Kijang Innova Limited Edition

50 unit Toyota Kijang Innova Limited Edition yang disediakan memiliki skema pemelian First In First Out (FIFO). Namun begitu, proses seleksi juga dilakukan dalam penentuan calon konsumen yang berkesempatan untuk memilikinya.

Karena edisi khusus Kijang Innova ini hanya dihadrikan secara terbatas, harga bekas mobil ini diperkirakan akan stabil bahkan terus melonjak tinggi. Mengingat akan banyak kolektor yang memburunya baik sebagai koleksi pribadi ataupun dijual kembali nantinya.

Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition

1. Varian Bensin Terasa Lemot dan Lebih Boros Bahan Bakar

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 06

Mesin 1TR-FE

Innova 2.0 V A/T Luxury untuk edisi khususnya ini menggunakan mesin bensin yang terkenal akan boros dalam hal penggunaan bahan bakar. Tercatat bahwa konsumsi BBM mesin berkombusi injeksi ini mampu menempuh jarak 8-10 km/liter. Tidak hanya itu, tenaga dari mesin bensinnya ini dianggap kurang responsif, terlebih dikawinkannya transmisi otomatis 6-percepatan.

2. Mesin Dieselnya Tidak Disarankan Menggunakan Bio Solar

Menggunakan teknologi Injection With Common Rail, jantung mekanis mesin diesel yang digunakan mobil ini tidak cocok mengkonsumsi BBM jenis bio solar. Jika terus memaksakan menggunakan solar jenis ini, hal terburuknya akan memperpendek usia injector, serta membuat kerak pada ruang bakar.

3. Harganya Kemahalan

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 07

Harga Toyota Kijang Innova Limited Edition

Dengan kehadiran Toyota Kijang Innova Limited Edition, harga jualnya kini dianggap semakin tidak ‘reasonable’. Bagaimana tidak, MPV yang masuk dalam kelas mid-high ini kini dibandrol Rp404,5 sampai Rp482,7 juta.

Mobil ini juga terkesan sangat mahal apabila dibandingkan dengan produk sekelasnya asal China maupun Korea Selatan yang menyuguhkan fitur lebih lengkap dan harga lebih terjangkau.

4. Hampir Menembus Setengah Miliar, Toyota Kijang Innova Limited Edition Masih Menggunakan Rem Tromol

Dibandrol dengan harga yang terbilang mahal, harusnya TAM memberikan sistem pengereman model solid disc pada roda belakangnya. Namun disayangkan, edisi khusus Kijang Innova ini juga masih menggunakan rem model drum brake pada roda belakang yang terkesan murahan.

5. Suspensi yang Empuk Mengakibatkan Body Roll

Hanya Tersedia 50 Unit, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Limited Edition 08

Caption

Mengaplikasikan suspensi model Double Wishbone With Coil Spring and Stabilizer pada bagian depan, serta 4 Link With Coil Spring and Lateral Rod di roda belakang, membuat bantingan mobil ini terasa empuk. Di balik suspensinya yang lembut, ketika dibawa menikung dalam kecepatan di atas 60 km/jam mobil ini menimbulkan gejalan body roll. Dengan begitu kekhawatiran menikung dalam kecepatan tinggi masih ditakuti setiap penggunanya.

Kesimpulan

Berbagai kelebihan dan kekurangan mengenai Toyota Kijang Innova Limited Edition berhasil disebutkan di atas. Sebagai persembahan ulang tahun Toyota Indonesia ke-50, edisi khusus Kijang Innova ini bisa menjadi salah satu investasi dikarenakan banyak konsumen yang berebut yang ingin memilikinya. Selain itu, Toyota Kijang Innova juga memiliki tingkat durabilitas yang baik dari sektor mesin, transmisi, dan struktur rangka.

Baca juga: Bukan Mesin Cumi-cumi, Ini Kehebatan dari Mobil Diesel yang Jarang Diketahui

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru