Toyota Vios 2024 Mendekati Jadwal Peluncuran, Ada Varian Hybrid GR Sport

Toyota Vios 2024 sedang dipersiapkan waktu peluncurannya, beberapa penampakan mobil yang punya nama lain Yaris Ativ ini pun mulai beredar.

Ya, di Thailand sedan Vios pakai nama Yaris Ativ yang generasi terbarunya sudah diluncurkan Agustus 2022 silam.

Adapun untuk All New Vios di Indonesia baru rilis Oktober 2022, itupun PT Toyota Astra Motor (TAM) mengimpornya dari Thailand.

All New Vios versi Indonesia

Meskipun pangsa pasar mobil tipe sedan di Tanah Air tidak setinggi LMPV dan SUV, namun hal ini beda cerita dengan di Negeri Gajah Putih.

Sebab disana, kombinasi antara desain yang menarik, mesin efisien dalam hal konsumsi BBM, serta mendapatkan program Eco Car dari pemerinah setempat, membuat penjualan Yaris Ativ cukup moncer.

Baca juga: Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios

Thailand Siapkan Toyota Vios Hybrid 2024

Yaris Ativ di Thailand

 

Akibat penjualan yang melimpah, dikabarkan oleh Headlightmag jika Toyota di negara tetangga itu menyiapkan varian mesin baru untuk Yaris Ativ.

Saat ini Yaris Ativ di negara itu pakai mesin 1.2-liter 4 silinder DOHC Dual VVT-iE berkode 3NR-VE yang sanggup menghasilkan daya puncak 92 PS dengan torsi 109 Nm.

Nantinya Toyota akan menambah dengan varian mesin hybrid (HEV) yang mengkombinasikan mesin bensin N/A dengan motor serta baterai listrik.

Menariknya, mesin ini akan sama dengan Yaris Cross Hybrid, yaitu mesin 1.5-liter 4 silinder Dual-VVT-i dengan kode 2NR-VEX.

Vios bakal ada varian hybridnya

Tenaga yang dihasilkan pun serupa, yakni 91 PS pada 5.500 rpm dan torsi 121 Nm di 4.000-4.800 rpm untuk mesin bensinnya.

Selain itu dapat juga tambahan daya 80 PS dengan torsi 141 Nm dari motor listriknya, serta memakai baterai lithium-ion.

Ada tiga Drive Mode yang disediakan, yaitu Eco, Normal, dan Sport, serta model ini memakai transmisi otomatis E-CVT untuk mengegrakkan roda depan.

Baca juga: Segini Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid Disiksa 500 Km

Ada Varian GR Sport

Vios varian sporty di Thailand

 

Selain tipe mesin hybrid, Toyota Vios 2024 juga bakal hadir dengan varian GR Sport.

Penampakan wujudnya pun sudah terlihat melalui spyshoot saat sedan ini tengah digunakan pada pengujian dibeberapa ruas jalan di Thailand.

Kemungkinan besar, Toyota Vios GR Sport ini akan hadir dalam varian mesin hybrid sebagaimana yang Toyota terapkan juga di Yaris Cross HEV GR Sport Package.

Vios HEV GR Sport (Foto: Headlightmag)

Beberapa pembedanya yaitu terpasang bodykit add-on di bemper depan dan belakang, sideskirt, spoiler kecil di belakang berbentuk duck-tail, serta pemakaian velg 17 inci.

Untuk pasar Thailand, Toyota Vios 2024 akan dirilis kuartal pertama 2024, jadwal ini sebenarnya sedikit mundur rdari rencana sebelunya di akhir 2023.

Perubahan jadwal peluncuran tersebut karena Toyota masih alami keterbatasan produksi mesin hybrid, mengingat pesanan Corolla Cross HEV dan Yaris Cross HEV yang cukup membludak di sejumlah negara Asia Tenggara.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Vios

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

New 2021 Toyota Vios sedan with new exterior and interior design || Design & Interior

New 2021 Toyota Vios GR Sport is one good looking sedan | Design & Interior

2021 Toyota Vios GR-S Review: Drive, Interior & Exterior

ALL NEW 2021 Toyota Vios Affordable Sedan

Berita Terbaru

5 Fitur Tersembunyi Daihatsu Terios 2023 yang Membuat Toyota Rush Terasa Kemahalan

Daihatsu Terios facelift 2023 telah diluncurkan di Tanah Air dengan mendapat ubahan secara minor yang kini parasnya berbeda dengan "saudara kembarnya" Toyota Rush. Daihatsu Terios 2023 bukan cuma tampil lebih atraktif namun semakin nyaman dikencarai berkat adanya beberapa fitur baru yang disematkan. Meski mendapat sejumlah improvment, untuk harga Terios bisa dibiliang masih cukup terjangkau. Melansir situs resminya, mobil yang menempati segmen Low SUV 7-seater ini dibandrol mulai dari Rp236.050.

Tips Modifikasi Audio Mobil Listrik, Awas Ganggu Kinerja Baterainya

Modifikasi audio mobil listrik saat ini mulai meningkat seiring populasi kendaraan elektrifikasi yang juga terus alami kenaikan. Apalagi ditambah munculnya kendaraan mulai dari bersistem Hybrid Electric Vehicle (HEV) seperti Toyota Innova Zenix Hybrid, model PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) seperti Mitsubishi Outlander PHEV, sampai mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) macam Wuling Air ev, Hyundai Ioniq 5, dan KIA EV6 di Indonesia. Dan tak berbeda dengan pemilik mobil m

Catat! Ini Ukuran Garasi Mobil Ideal Untuk Dibuat di Rumah

Saat hendak membangun garasi, pastikan kamu memperhatikan ukurannya agar mobil dapat masuk dan keluar secara mudah. Jika bingung, mending cermati dulu ukuran garasi mobil ideal untuk dibuat di rumah pada artikel ini! Sebelum membeli mobil baru, pastikan kamu sudah menyiapkan ukuran garasi yang sesuai dengan jenis dan dimensi kendaraan. Langkah ini penting diperhatikan karena mobil memerlukan garasi yang ideal agar kendaraan aman dan terhindar dari debu. Garasi mobil berfungsi untuk memarkirkan k

Asap Hitam Keluar dari Knalpot Mobil Bensin, Ternyata Ini Penyebabnya

Umumnya mobil bensin tidak mengeluarkan asap hitam dari knalpot. Asap hitam yang keluar dari knalpot menandakan ada masalah di bagian mesin. Keluarnya asap pekat berwarna hitam dengan jumlah cukup banyak selain menyumbang polusi besar serta mengganggu pengendara lain, terkadang membuat pengendara merasa was-was. Tak hanya itu, biasanya asap yang keluar dibarengi dengan bau yang tidak enak. Untuk mengetahui apa penyebab mobil bensin serasa mobil diesel cumi darat, simak ulasan di bawah ini. Baca

Teknologi Idling Stop System Sebaiknya Ditinggalkan Karena Bikin Aki Cepat Soak?

Idling Stop System saat ini cukup banyak diaplikasikan pada mobil-mobil baru meski dengan penyebutan yang berbeda. Misalnya di Daihatsu, pakai nama Eco Idle, kemudian Mitsubishi menggunakan istilah Auto Stop and Go, sementara Toyota menamakannya Automatic Idling Stop. Fungsinya tetap sama, yakni menghentikan kinerja mesin dalam waktu singkat pada saat pedal rem diinjak pada saat berhenti di lampu merah. @autofun.indonesia Main ke Toyota xEV Center buat liat cara kerja mesin hybrid dan pengembang

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Vios
Lihat