window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios

Herdi · 12 Okt, 2022 16:02

Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios 01

  • All New Toyota Vios 2023 resmi diluncurkan di Indonesia, Rabu (12/10/2022).
  • All New Toyota Vios 2023 sudah dilengkapi fitur Toyota Safety Sense (TSS).
  • Ada tiga tipe varian All New Vios, yakni E MT, G CVT, dan G CVT TSS.

PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi luncurkan All New Toyota Vios ke Indonesia.Toyota mengklaim, dengan ubahan yang terjadi, Vios generasi keempat ini semakin berkelas.

All New Vios hadir dengan platform baru, termasuk desain pada eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan juga teknologi.

"Kami harap All New Vios dapat menjawab kebutuhan pelanggan di segmen sedan dan meneruskan perannya sebagai market leader," ungkap Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, saat peluncurannya melalui online, Rabu (12/10/2022). 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: All New Toyota Vios Resmi Meluncur, Tipe Tertinggi Sudah Pakai TSS!

All New Toyota Vios

All New Toyota Vios versi Indonesia

Sementara itu, Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy menyatakan, kehadiran All New Toyota Vios dapat memenuhi ekspektasi pelanggan dengan desain interior dan eksterior yang lebih elegan dan powerful.

Selain itu, sedan compact ini juga dilengkapi dengan berbagai macam teknologi, khususnya advanced safety technology yaitu Toyota Safety Sense (TSS). "Kami harap All New Vios dapat menghadirkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bermobilitas," ujar Anton.

Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios 02

Toyota Vios generasi keempat

Nah, mau tahu apa saja yang menarik dari mobil sedan satu ini, berikut ulasannya:

Dimensi All New Toyota Vios Jadi Melar

All New Toyota Vios memiliki panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau wheelbase mencapai 2.620 mm.

All New Toyota Vios

All New Toyota Vios tampak samping

Oh ya, Vios generasi terbaru yang dibawa dari Thailand ini sudah menggunakan platform baru DNGA-B, sehingga dimensi jadi lebih melar 10 mm dan lebih rendah 20 mm.

Bodi yang lebar juga membuat Vios terbaru dapat memberikan rasa nyaman dan lega pada kabin. Serta wheelbase bertambah 70 mm, membuat mobil ini diklaim diklaim dapat dapat lincah ketika bermanuver. 

Eksterior Makin Stylish

Jika melihat sedan Vios terbaru, mungkin Anda belum menyadari, bahwa pada hakikatnya mobil ini masih masuk segmen entry level. Kendati begitu, Toyota bekerja keras agar tampilan penerus Soluna tersebut menjadi berbeda dari generasi sebelumnya. 

Tampang depan All New Toyota Vios

Tampang depan All New Toyota Vios

Nah, untuk bagian desain eksterior, All New Vios memiliki gaya Keen Look yang sporty dan powerfull. Hal ini disebabkan karena bagian depan sudah dilengkapi grille trapezoidal besar dengan bilah hitam bergaya tiga dimensi. 

Tak hanya itu, pada bagian depan terdapat aksen tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED dan  membentuk air dam di sudut bumper depan.

Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios 05

Velg 17 inci untuk Vios tipe G

Untuk bagian samping, All New Vios sudah dilengkapi dengan sepatu berupa Velg alloy 17 inch. Sedangkan Kehadiran jendela ketiga di belakang pintu samping ternyata untuk menegaskan kabin jadi lebih mundur ke belakang.

Selain itu, fastback style dengan jendela belakang melandai mendekati ujung bagasi memberikan siluet khas sedan mewah. 

Tampang belakang all New Toyota Vios

Tampang belakang all New Toyota Vios

Sedangkan pada bagian buritan, desain mobil ini cukup terlihat simpel, namun tetap memberikan kesan modern. Hal ini berkat sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Baca juga: All New Toyota Vios 2023 Rilis Pekan Ini di RI, Berbagi Mesin dengan Avanza?

Interior Jadi Lebih Elegan

Untuk bagian interior, Toyota Vios anyar ingin memberikan kesan elegan. Hal ini berkat dominasi warna hitam, sehingga terkesan berkelas.

Interior All New Toyota Vios

Interior All New Toyota Vios

Sementara itu, desain dashboard baru yang juga jadi terasa modern, berkat penggunaan material soft touch yang selaras dengan desain door trim. 

Toyota menyebut Vios adalah mobil fun to drive, sehingga kenyamanan cukup diperhatikan. Maka dari itu, mobil ini juga dilengkapi panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer, serta dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern mengikuti selera pengemudi. 

Mobil ini juga telah memberikan sistem hiburan mumpuni, seperti layar sentuh berukuran 9 inch floating yang dilengkapi smartphone connection di head unit melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP) di seluruh grade All New Vios.

Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios 08

Desain jok All New Toyota Vios

Khusus Vios grade G, tipe ini juga menggunakan bahan soft touch pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

Adapun untuk desain kokpit mengusung driver-oriented, dimana posisi duduk pengemudi akan memberikan ruang untuk visibilitas keluar memadai dan menjaga kenyamanan mobilitas harian. 

Baca juga: First Drive Toyota Vios 2023 di Thailand: Sedan yang Nyaman Tapi Bisa Menyebalkan Saat Terjebak Kemacetan

Ada Fitur TSS

Toyota Vios anyar dilengkapi Electric Parking Brake diaplikasikan pada seluruh grade All New Vios. Untuk Vios grade G sudah mendapatkan pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport lewat tombol di kemudi.

Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios 09

Fitur TSS di All New Vios

Untuk tipe tertinggi All New Vios sudah dilengkapi teknologi keselamatan TSS. Fitur ini terdiri Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam (AHB), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Front Departure Alert (FDA). 

Selain TSS, mobil ini juga memiliki fitur lainnya, mulai dari ABS, EBD, BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda.  Tak hanya itu, ada juga Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios. Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC).

All New Vios juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna All New Vios ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

Jantung Pacu All New Toyota Vios Seberapa Hebat?

Untuk jantung pacu, All New Toyota Vios sudah dijejali mesin berkode 2NR-VE, ditambah teknologi Dual VVT-i yang memiliki kapasitas 1.496 cc, 4-silinder, sehingga menghasilkan daya 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. 

Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios 10

Mesin 1.5L 2NR-VE

Tenaga yang dihasilkan tersebut, didistribusi ke roda depan yang kemudian disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

Pilihan Warna dan Harga All New Toyota Vios 2023 

All New Vios hadir dengan lima pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

Berikut daftar harga Toyota Vios 2023:

  • Vios 1.5 E M/T  Rp314.900.000
  • Vios 1.5 G CVT Rp355.200.000
  • Vios 1.5 G CVT (premium color) Rp356.700.000
  • Vios 1.5 G CVT TSS Rp368.400.000
  • Vios 1.5 G CVT TSS (premium color) Rp369.900.000. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil