Toyota Land Cruiser Ini Masih Bisa Jalan Padahal Kondisinya Hancur Lebur Akibat Terguling dari Atas Gunung

Toyota Land Cruiser yang saat ini dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah Land Cruiser 300 dengan varian tipe VX-R dan GR Sport.

Model ini menggunakan sasis tipe ladder frame yang sudah lama digunakan oleh Toyota pada beberapa model SUV-nya termasuk Fortuner.

Pada Land Cruiser rangka utama terdapat pada setiap bagian sisi yang memanjang secara vertikal dengan sebuah bagian melintang sebagai subframe yang jika dilihat fungsinya seperti anak tangga.

Dengan saling berhubungan, Toyota sukses membangun sebuah rangka tunggal yang kokoh untuk melindungi bagian mesin, transmisi, dan suspensi, kemudian pada bagian atasnya dipasang bodi.

Toyota Fortuner juga pakai sasis ladder frame

Konstruksi seperti ini banyak yang menyebut layaknya mainan Mini 4WD dengan bodi dan komponen mesin atau suspensi bisa dibongkar pasang dengan mudah.

Baca juga: Sejarah Toyota Fortuner Gen 2, SUV Ladder Frame Paling Buas di Kelasnya

Sasis Toyota Land Cruiser Terbukti Kuat

Buat Anda yang kurang paham mengenai teknik otomotif tentang konstruksi sebuah rangka kendaraan bermotor, sebaiknya percayalah, sasis tangga yang diterapkan pada Toyota Land Cruiser begitu kokoh.

Kabarnya habis terguling dari atas gunung

Fakta ini baru saja diunggah oleh seorang pengguna sosial media Instagram Khalid Al Azim dengan akun @lc300.qa

Yang ia unggah adalah video singkat yang memperlihatkan satu Land Cruiser dengan kondisi rusak parah, namun masih tetap melaju di jalan raya tanpa kendala.

Kondisi bak belakang juga hancur

Mobil tersebut sepertinya adalah Land Cruiser 70 pick up yang ada di Timur Tengah, negara dimana Land Cruiser begitu populer digunakan masayarakat.

Kondisi mobil tersbeut benar-benar ringsek pada bagian depan, yang kabarnya akibat mobil ini terjatuh dari puncak gunung pasri dan terguling beberapa kali.

Namun si pengemudi selamat hanya mendapat cedera ringan, dan mobil masih bisa dikemudikan lagi yang disebutkan mobil tersebut mengarak ke satu dealer Toyota untuk dilakukan perbaikan.

Kondisi ini pun seakan membuktikan jika sasis tangga Toyota sudah teruji beberapa dekade untuk didesain tahan banting dalam situasi paling ekstrim.

Selaam tidak ada masalah serius pada bagian mesin dan suspensi, pemilik mobil dengan ladder frame Toyota sepertinya dibuat tak khawatir.

Baca juga: Viral Mitsubishi Pajero Sport Pelat Polisi Ugal-ugalan di Jalan Tol, Nyaris Bikin Stargazer Kecelakaan

Mengenal Sasis Ladder Frame

Ladder frame yang dipakai pada Land Cruiser 300

Sesuai dengan namanya, bentuk sasis ini konstruksinya memang seperti tangga, yang awalnya diperuntukan buat kendaraan-kendaraan berat layaknya bus dan truk.

Nemun kemudian ladder frame juga dipakai untuk kendaraan pick up kabin tunggal dan ganda, serta SUV penumpang.

Kelebihan sasis ini adalah kekuatan konstruksi yang memberikan daya tahan maksimal ketika digunakan di medan cukup ekstrim atau kondisi off road.

Land Cruiser 70 pickup

Namun sasis tersebut cenderung kurang nyaman dibanding sasis tipe Monocoque, dan juga lebih berat sehingga tidak efisien dalam hal pemakaian bahan bakar.

Walau demikian, bukan hanya Toyota yang menyukai sasis ini, namun Mitsubishi Pajero Sport dan Triton, Isuzu MU-X dan D-Max, Ford Everest dan Ranger, sampai Nissan Terra dan Navara juga memakai konstruksi sasis yang serupa.

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Land Cruiser

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Nyobain Sistem Off-road Pintar Toyota Land Cruiser Baru

2021 Toyota Land Cruiser: : The Latest Model Year for a Rugged 4x4 SUV

ALL NEW Land Cruiser Prado 2021 Toyota - ADS

2020 TOYOTA LAND CRUISER 200

Berita Terbaru

3 Fitur Menarik Suzuki SX4 S-Cross yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Suzuki SX4 S-Cross (Spesifikasi | Berita) sudah tidak lagi dijual di Indonesia. Bahkan di India sendiri sebagai tempat lahirnya mobil ini sudah tidak lagi diproduksi sejak Oktober 2022. Di Tanah Air, SX4 S-Cross diluncurkan pada 11 Agustus 2016 bertepatan dengan diselenggarakannya GIIAS ke-24. Pada November 2017, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan versi improvement dari SX4 S-Cross dengan mendapat sejumlah penyegaran secara minor change. @garasi.autofun Kalah Populer Gak Berarti Suzuki

3 Mobil yang Putar Balik dan Lawan Arah di Tol Antasari Bisa Kena Pidana Berat, Netizen: Orang Kaya Gak Ada Otaknya

Sebuah video viral di media sosial belum lama ini, yang menunjukkan tiga mobil serentak putar balik dan melawan arah di Tol Depok-Antasari. Diketahui, peristiwa ceroboh dan membahayakan ini dilakukan ternyata terjadi pada 10 September 2023 lalu, dan terekam oleh pengendara mobil. Video yang diunggah akun Instagram @fakta.depok menduga, alasan mereka pengemudi SUV Mercedes-Benz, Toyota Vellfire serta Honda CR-V hitam tersebut karena pintu keluar terlewatkan. Baca juga: Mengejutkan, Begini Kondisi

Mobil Listrik Ternyata Bisa Pakai Knalpot yang Mengeluarkan Suara, Jadi Mirip Supercar

Satu hal yang bikin mobil listrik sangat berbeda dengan lainnya, yaitu tidak memiliki knalpot yang menghasilkan suara seperti kendaraan mesin konvensional. Namun siapa sangka, mobil listrik kini nggak cuma anteng dan sunyi senyap, pasalnya bisa juga menghasilkan suara yang menggelegar, berkat menggunakan produk Thor Electronic Exhaust. Baca juga: Hati-hati, Asap Knalpot Mobil Juga Mengandung Sianida! Menurut Executive Marketing Thor Electronic Exhaust, Raihan, suara yang dihasilkan dibuat sereal

Ketua MPR Dorong Supaya Mobil Modifikasi Legal Dikendarai di Indonesia

Industri modifikasi mobil di Indonesia dipercaya menjadi lokomotif penggerak sub sektor industri kreatif Nasional. Industri modifikasi dan aftermarket yang didominasi pelaku UMKM Nasional juga bertujuan mendorong para tuner lokal mengenalkan kreativitasnya secara lebih masif. Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ketua Dewan Pembina National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, pelaku modifikasi dan aftermarket lokal buk

Huawei Siap Luncurkan Mobil Listrik Luxeed S7 yang Lebih Baik dari Tesla Model S

Jika Anda hanya tahu Huawei merek smartphone, memang benar adanya. Akan tetapi, Huawei bersama Chery Automobile telah melahirkan merek mobil listrik yang dikenal dengan nama Luxeed. Nah, Luxeed dikabarkan tengah mempersiapkan peluncuran mobil listrik mewah perdananya yang disebut Luxeed S7. Baca juga: Tesla Berencana Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Bukan di Indonesia Melansir sejumlah sumber, Chairman of Huawei Smart Car Solutions Business Unit, Richard Yu Chengdong mengatakan, Luxeed S

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Land Cruiser
Lihat