Harga BBM jenis Pertamax semakin melambung saat ini, apalagi kini harganya fluktuatif menyikuti harga minyak dunia setiap bulannya.
Jika dulu harganya fix Rp 9.000 lalu bertahan di Rp 12.500 per liter, maka per Februari 2024 ini sudah menyentuh Rp 12.950 per liter.
Ini tentu memberatkan pengguna motor yang biasanya menggunakan BBM RON 92 tersebut, tak terkecuali konsumen Honda Vario 160.
Memang secara kompresi mesin sebesar 12:1, motor matic tersebut seharusnya menenggak BBM dengan nilai oktan 95.
Namun karena BBM ini jarang, tak sedikit yang mengisi tangki bensinnya pakai BBM RON 92 karena lebih terjangkau, mudah didapat, dan lebih bersih dibanding jenis BBM di bawahnya.
Baca Juga: Tak Semuanya Baru, Honda Vario 160 2022 Masih Menyisakan 5 Hal Ini dari Vario Lawas
Hanya saja dengan kenaikan harga yang bisa terjadi setiap saat, pengguna Honda Vario 160 apa diperbolehkan mengisi Pertalite?
Pasalnya BBM jenis ini harganya masih ramah kantong, karena termasuk BBM subsidi.
Apalagi juga gampang ditemukan di SPBU Pertamina di Indonesia.
Soal ini, Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM) Reza Resdie mengatakan, sejatinya matic tersebut sudah dirancang fleksibel.
Artinya bisa dioperasikan dengan berbagai jenis BBM yang ada di negara ini, karena memang tujuannya agar bisa dipakai di seluruh Indonesia.
Menurutnya pada buku pedoman pemilik, walaupun kompresinya tinggi 12:1, tetap bisa menggunakan BBM Oktan minimum 88 (Premium), bukan lagi Pertalite (RON 90)
"Tanpa ada penyesuaian apapun karena teknologi PGM-FI kami sudah canggih," katanya dalam diskusi virtual, Kamis (7/4/2022).
Hal ini berkat sistem timing pengapian yang lebar, sehingga dapat menyesuaikan dengan oktan bahan bakar yang disemprotkan injektor.
Kemudian mesin mendeteksi BBM berdasarkan pembacaan hasil pembakaran dari sensor O2, yang dikirim ke ECM (Electronic Control Unit).
Baca Juga: Ini 10 Perbedaan Honda Vario 160 2022 dan Vario 150, Bukan Cuma Mesin dan Fitur!
Lalu ECM pada Honda Vario 160 akan mengatur ulang sudut pengapian maupun semprotan bensin sesuai pengaturan yang terdeteksi.
ECM membaca lewat sensor O2 yang posisinya diletakkan di saluran sistem pembuangan gas.
Kemudian untuk menyesuaikan lagi agar output mesinnya dengan BBM oktan rendah bisa lebih optimal.
"Artinya bisa menggunakan BBM RON rendah yang ditetapkan, artinya sampai diisi Premium pun aman ya," katanya.
Kendati demikian, rekomendasinya tetap gunakan bahan bakar yang sesuai nilai kompresi, supaya performa tetap optimal maupun efisiensi bahan bakarnya terjaga.
Honda Vario 160 dengan kompresi 12:1 ideal menenggak bensin RON 95 seperti Shell V-Power, BP 95, atau Vivo Revvo 95.
Namun semua jenis BBM tadi agaknya sulit ditemukan, cuma tersedia di kota-kota besar tertentu dan masih terpusat di Pulau Jawa.
Oleh karena itu amannya diisi Pertamax Turbo (RON 98) yang dijual Pertamina, karena distribusinya hampir merata di seluruh Indonesia.
Baca Juga: Honda Vario 160 2022 Meluncur, Vario 125 Langsung Disuntik Mati?
Model 2024 sudah dihadirkan AHM dengan memberikan opsi warna dan varian baru yang dikenalkan Agustus lalu (2/8/2023).
Namun warna baru yang disebut sebagai warna premium ini hanya tersedia untuk tipe CBS-ISS saja.
Yakni opsi warna Grande Matte White dan Grande Matte Black yang dipadukan dengan 3D emblem dan velg berwarna burnt titanium yang memberikan kesan mewah.
Untuk warna pada tipe CBS-ISS lainnya masih ada Active Matte Red dan Active Matte Black, yang kini dilengkapi dengan stripe bodi baru.
Sementara itu, tipe ABS pada model ini tetap mengusung pilihan warna Grande Matte White dan Grande Matte Black.
Harga jualnya kini mulai dari Rp Rp 26,639 juta untuk CBS-ISS Active, lalu Rp 26,889 juta untuk CBS-ISS Grande dan Rp 29,513 juta tipe ABS.
Dibandingkan dengan versi Vario 150, motor ini punay desain bodi yang lebih besar dan kokoh.
AHM menempatkan motor tersebut dalam kategori premium matic, sekelas dengan Honda PCX 160.
Baca juga : Honda Vario 160 2023 Usung Warna Premium, Harga Jadi Segini
Dimensinya membesar, panjangnya naik dari awalnya 1.919 mm ke 1.929 mm, lebar tetap 679 mm, adapun tinggi dari 1.062 mm menjadi 1.088 mm.
Sumbu roda yang 1.277 mm membuat tugas pengendara untuk membelokkan motor terasa mudah.
Apalagi bobotnya cuma 115 kg (CBS) dan 117 kg (ABS). Paling ringan di kelasnya saat ini, jadi sangat pas untuk andalan di perkotaan.
Mesinnya responsif, dengan spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup eSP+, berkapasitas 156,9 cc.
Tenaga maksimal 15,4 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm terasa nendang.
Tapi konsumsi bensinnya terhitung irit, klaim pabrikan mencapai 46,9 km/liter.
Sedangkan hasil pengetesan internal Autofun.co.id tercatat 47,4 km/liter dan angka pada MID menampilkan 48,4 km/liter.
Terhitung irit bukan?
Spesifikasi Honda Vario 160 2024 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.929 x 679 x 1.088 mm | |
Sumbu Roda | 1.277 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 778 mm | |
Jarak Terendah | 140 mm | |
Berat Kosong | 115 kg (CBS) 117 KG (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Transmisi | Otomatis, CVT | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Tenaga Maksimal | 15,4 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 13,8 Nm @ 7.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 100/80-14 | |
Ban Belakang | 120/80-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol (CBS) Cakram (ABS) |