Banderol TVS Dazz bikin Honda Beat berasa Mahal, Menarik Dibeli?

Honda Beat dan TVS Dazz
  • Termasuk ke dalam matic entry level.
  • TVS Dazz cuma dijual Rp 14 jutaan.

Hampir luput dari pandangan mata, TVS Dazz nyatanya menjadi motor termurah di segmen matic entry level. Bahkan dengan banderol yang ditawarkan, membuat Honda Beat jadi berasa kemahalan. 

Melihat dari katalog resmi TVS Indonesia, harga TVS Dazz FI malah tak sampai Rp 15 juta. Tepatnya 14.950.000 atau lebih mahal sedikit dari versi karburator yang dijual Rp 14.450.000 (on the road Jakarta). 

Sementara itu, Honda Beat termurah saja sudah Rp 18.050.000. Jika pun ingin varian tertinggi, harganya menyentuh Rp 18.900.000. 

Dari perbandingan harga baik TVS Dazz maupun Honda Beat di atas, selisihnya mencapai Rp 3 jutaan. Padahal sebagaimana diketahui, keduanya sama-sama dibekali mesin 110 cc. 

Walau begitu, apakah TVS Dazz yang notabene lebih murah ini jadi menarik dibeli? Mari kita simak pembahasannya berikut ini. 

Desain ala Motor Bebek

Dari sektor desain, TVS Dazz menawarkan tampilan agresif berkat guratan tegas di sekujur tubuhnya. Belum lagi tekukan panel bodi pada beberapa bagian yang membuatnya terasa sporty. 

Lampu utama TVS Dazz terdapat di bagian kemudi

Baca juga: Pilihan Motor Baru di Bawah Rp 20 Juta Buat Ojol, Gak Cuma BeAT!

Suguhan tersebut kemudian dipertegas lewat terapan decal atraktif. Pun pada bagian pelek berkat stripe berwarna merah.

Namun, penawaran berbeda TVS Dazz terletak pada sektor penerangan. Tidak seperti Honda Beat yang ditempatkan pada bodi depan. Lampu utama TVS Dazz justru terintegrasi dengan setang, selayaknya penyajian pada motor bebek. 

Dimensi TVS Dazz

Beralih pada rancang bangun, dimensi TVS Dazz dan Honda Beat boleh dikatakan beda tipis. Namun, ada beberapa catatan terkait bobot dan ground clearance. 

Honda Beat nyatanya punya jarak terendah ke tanah 147 mm, lebih tinggi dari TVS Dazz dengan ground clearance 115 mm.

TVS Dazz lebih berat ketimbang Honda Beat

Baca juga: Selisih Rp 5 Jutaan, Ini Beda Fitur Suzuki Avenis 125 dan Burgman Street 125 EX

Sementara dari sisi bobot, TVS Dazz yang memiliki berat 95 kg nyatanya masih lebih berat ketimbang Honda Beat. Seperti diketahui, Honda Beat bersama rangka eSAF yang ringan, cuma berbobot 89 kg saja. 

Performa TVS Dazz

Faktor itu pun lantas berpengaruh terhadap performa. Meski sama-sama berbekal mesin 110 cc injeksi, performa TVS Dazz masih lebih kecil ketimbang Honda Beat. 

TVS Dazz yang mengandalkan mesin SOHC 4-tak berkapasitas 109,6 cc, memiliki tenaga 7,9 PS di 7.500 rpm dan torsi maksimal 8,3 Nm pada 6.500 rpm. 

Sementara Honda Beat bersama mesin eSP 109,5 cc, mampu melontarkan tenaga serta torsi puncak masing-masing 9 PS di 7.500 rpm dan 9,3 Nm di 5.500 rpm. 

TVS Dazz maupun Honda Beat masih dilengkapi kick starter

Baca juga: Jangan Langsung Tergiur, Beli Honda Vario 160 2024 Harus Tahu Hal Ini! 

Tangki Bensin Sampai 5 Liter

Sedangkan fitur TVS Dazz berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Ketersediaan seperti power outlet, tuas pengunci rem depan, ban tubeless hingga tangki bensin 5,1 liter terbilang cukup. Termasuk pula kick starter sebagai opsi untuk menyalakan mesin selain electric starter. 

Nyatanya kick start ini juga masih digunakan oleh Honda Beat. Hanya saja, kelebihan lain Beat terletak pada side stand switch. Di mana mesin tidak akan menyala jika standar samping masih turun.    

Kesimpulan

Dengan demikian, ada beberapa catatan dari perbandingan antara TVS Dazz dan Honda Beat. Pada sisi rancang bangun, bobot matic jenama India lebih berat dari pada Honda Beat. 

Hal itu pun nyatanya memengaruhi output yang ditawarkan, mengingat adanya selisih 6 kg. Lalu urusan ground clearance, jarak pada TVS Dazz yang lebih rendah tentu menjadi pertimbangan ketika dihadapkan pada kondisi jalan yang tergenang. 

Spesifikasi
  Honda Beat TVS Dazz
Tipe Mesin 4 – Langkah, SOHC, eSP Digitech-R, 4 Stroke, SOHC
Volume Langkah 109.5cc 109.6 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI)
Karburator/Digital Fuel Injection
Diameter X Langkah 47.0 x 63.1 mm 53.5 x 48.8 mm
Tipe Tranmisi Otomatis, V-Matic Otomatis
Rasio Kompresi 10.0 : 1  
Daya Maksimum 9.0 PS/7.500 rpm 7,9 PS/7.500 rpm
Torsi Maksimum 9.3 Nm/ 5.500 rpm 8,3 Nm/6.500 rpm
Tipe Starter Elektrik dan Kick Starter Elektrik dan Kick Starter
Panjang X Lebar X Tinggi 1.877 x 669 x 1.074 mm 
1.855 mm x 675 mm x 1.075 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm  
Jarak Sumbu Roda 1.256 mm
1.240 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 147 mm
115 mm
Curb Weight 89 Kg 95 Kg
Tangki Bensin 4,2 liter 5,1 liter
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Telescopic Shock Absorber
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal Single Shock Absorber
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C – Tubeless 80/90-14 M/C 40P Tubeless
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C – Tubeless 90/80-14 M/C 40P Tubeless
Rem Depan Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Disk Brake 200 mm
Rem Belakang Tromol
Drum Brake 130 mm
Sistem Pengereman Combi Brake System  
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Pakai cakram belakang KLX dan kaliper Vario. Tromol perlu dilubangi untuk membaut adaptor cakram. Kawasaki W175 series mengusung konsep retro modern,tapi memang kesan retro di motor ini lebih terasa jika dibandingkan kompetitornya. Seperti masih menggunakan lampu bohlam, mesin 175 cc karburator, dibekali rem cakram di depan namun rem tromol di belakang. Memang untuk kesan jadul kombinasi rem ini pas. Tapi untuk beberapa orang ternyata rem tromol dirasa kurang pakem. Seperti Wahyu Subagja pemilik
Punya bobot 258 kg tapi tetap lincah dan nyaman di area offroad. Mesin barunya minim vibrasi dengan karakter smooth namun bertenaga. Harley-Davidson Pan America 1250 Special benar-benar menjadi segmen baru untuk para pecinta Harley-Davidson baik di dunia maupun Indonesi. Pasalnya, motor satu ini punya konsep touring adventure. Karena itu JLM Auto Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) serta distributor resmi untuk Harley-Davidson di Indonesia mengajak seluruh konsumen, komunitas dan juga re
Motul mengundang pembalap WSBK dan MXGP Honda ke Jakarta Meet and Greet bersama pembalap dihadiri ratusan komunitas motor PT Motul Indonesia Energy secara eksklusif mengundang empat pembalap dari kejuaraan World Superbike (WSBK) dan MXGP ke Indonesia, Rabu (29/11/2023). Dalam giat bertajuk The Ultimate Ride ini, joki Honda Racing Corporation (HRC) juga menyempatkan diri untuk motoran di Jakarta. Agenda bersama keempatnya dimulai terlebih dulu dengan sesi Meet and Greet di bilangan hotel di Jakar
Torsi setara dengan Kawasaki Ninja ZX-4RR. Dilengkapi Walk modes untuk memudahkan di parkiran. Baterainya diklaim punya jarak tempuh 72 km. Secara mengejutkan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memperkenalkan motor listrik pertamanya di Indonesia bernama Kawasaki Ninja e-1 dengan harga Rp 149,9 juta dan Z e-1 seharga Rp 146,9 juta. Sebelumnya kedua motor tersebut sudah lebih dulu dipasarkan di pasar Amerika Serikat. Motor yang dibawa utuh dari Jepang ini hanya hadir dalam pilihan warna Metallic B
Pulser ring ABS menyatu dengan cakram depan. Lubang pengisian air radiator di bagasi. Ukuran ban lebih besar. Kemunculan Honda Vario 160 pada 2022 lalu mendapatkan respon beragam, diantaranya rasa penasaran akan performa dari motor matic satu ini. PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan, kehadiran Honda Vario 160 2022 karena banyaknya permintaan konsumen akan matic sporty dipasaran. Kini statusnya pun naik lebih tinggi, masuk segmen premium bersama dengan Honda PCX 160. Baca juga : Catatan! Honda

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
TVS Dazz
Lihat