window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Langsung Tergiur, Beli Honda Vario 160 2024 Harus Tahu Hal Ini!

Harry · 29 Nov, 2023 11:30

Jangan Langsung Tergiur, Beli Honda Vario 160 2024 Harus Tahu Hal Ini! 01

Honda Vario 160 2022 mencuri perhatian.
  • Pulser ring ABS menyatu dengan cakram depan.
  • Lubang pengisian air radiator di bagasi.
  • Ukuran ban lebih besar.

Kemunculan Honda Vario 160 pada 2022 lalu mendapatkan respon beragam, diantaranya rasa penasaran akan performa dari motor matic satu ini.

PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan, kehadiran Honda Vario 160 2022 karena banyaknya permintaan konsumen akan matic sporty dipasaran.

Kini statusnya pun naik lebih tinggi, masuk segmen premium bersama dengan Honda PCX 160.

Baca juga : Catatan! Honda Vario 160 ABS 2022 Gak Boleh Sembarang Ganti Cakram

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Untuk yang belum tahu, kini motor tersebut ditawarkan dengan 2 tipe, yakni CBS (Combi Brake System) dengan harga Rp 26,639 juta untuk tipe CBS Active.

Kemudian serta tipe CBS Grande Rp 26,889 juta dan tipe ABS (Anti-lock Braking System) dilepas Rp 29,513 juta. Seluruh harga on the road Jakarta.

Tapi sebelum kalian menebus motor ini, ada baiknya simak 6 hal menarik dari Honda Vario 160 ini.

Yup, wajib kalian pahami dulu sebelum akhirnya menuju dealer dan memboyong unitnya ke rumah. Apa saja?

Rem ABS Honda Vario 160 2024

Seperti sudah disebutkan, motor ini ada tipe ABS. Pada tipe ini rem ABS yang digunakan berjenis single channel, alias hanya terdapat pada rem depan saja.

Honda memang menerapkan ABS single channel pada beberapa maticnya, seperti Honda ADV 150 dan Honda PCX 160.

Tak hanya itu, diameter cakram depannya pun punya ukuran yang lebih besar, sampai 220 mm dibandingkan versi CBS.

O iya, tipe ABS ini rem belakangnya juga sudah cakram ya, kalau tipe CBS rem belakang tetap tromol.

Baca juga : Alasan Honda Pertahankan Tangki Vario 160 2022 Tetap di Balik Jok

Sensor ABS Menyatu Cakram

Rem ABS memanfaatkan sensor kecepatan untuk membaca putaran roda, dengan menggunakan pulser ring yang letaknya berdekatan dengan piringan rem.

Begitu pula pada Honda Vario 160 ABS, tapi yang unik pulser ring dibuat menyatu dengan cakram.

Jangan Langsung Tergiur, Beli Honda Vario 160 2024 Harus Tahu Hal Ini! 01

Pulser ring ABS menyatu dengan cakram.

"Iya, sistem ABS di Vario 160 ini sudah menggunakan model terbaru. Pulser ringnya menjadi satu dengan cakram depan," buka Endro Sutarno, yang kala itu masih menjadi Technical Service Division AHM.

Dikatakannya, alasan cakram Vario 160 dibuat menyatu dengan pulser ring itu agar lebih kompak.

Tentunya tanpa pulser ring terpisah, relatif lebih aman dari kerusakan pada pulser ring, yang mudah rusak karena benturan.

Belum lagi letak sensor kecepatan juga dibuat khusus pada bottom shock (tabung sok)tepat di atas as roda.

Alhasil kalian tak bisa sembarangan modifikasi mengganti tabung sok depan dengan versi aftermarket ya!

Baca juga : Klaim Konsumsi BBM Honda Vario 160 2022 Tembus Segini, Gak Kalah Irit Dari Versi 150 Cc!

Cover Bodi Honda Vario 160 2024

Ada hal unik saat peluncuran dan melihat unitnya dari dekat. Pada bagian bodi depan yang juga sebagai dudukan plat nomor, dibuat mirip seperti windshield kecil.

Alhasil bagian ini sedikit menimbulkan pro-kontra, ada yang suka ada pula yang mengatakan lebih baik bagian ini tak usah dibuat ala windshield. Untungnya saat plat nomor terpasang, bagian ini tertutup.

Tabung Reservoir di Bagasi

Jangan Langsung Tergiur, Beli Honda Vario 160 2024 Harus Tahu Hal Ini! 02

Tabung reservoir radiator dengan cover plastik bening.

Salah satu ciri khas dari Honda Vario Series adalah sudah menggunakan mesin berpendingin cairan, kecuali Vario 110 LED pastinya.

Begitu pula pada model terbaru ini, yang mengandalkan pendingin cairan untuk mesin 157 cc eSP+ miliknya.

Tapi yang unik, untuk mengisi ulang cairan radiator kini tepat berada di bagasi. Bukan lagi di samping tangki bahan bakar.

Honda pun memberikan cover plastik transparan dengan cover yang memiliki lekuk seirama dengan bentuk bagasi.

Baca juga : Harga All New Honda Vario 160 2022 Mulai Rp25 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Aki di Balik Dek

Untuk calon pengguna baru yang belum pernah memiliki Honda Vario 150 sebelumnya, mengetahui letak aki adalah salah satu hal yang harus dipahami.

Jangan sampai saat aki soak, motor tak bisa distarter, bingung mencari posisi aki.

Pada Honda Vario 160 2022, letak aki berada di dek pijakan kaki pengendara.

Meski posisi aki ada di dek, tetap diklaim aman dari air dan banjir, karena diberikan cover penutup khusus yang membuatnya kedap air.

Jangan Langsung Tergiur, Beli Honda Vario 160 2024 Harus Tahu Hal Ini! 03

Letak aki di bawah dek.

Pelek Baru & Ban Lebar

Asyiknya Honda setiap mengeluarkan produk baru, desain peleknya juga ikut berganti.

Begitu pula pada sosok Honda Vario 160 yang kini mengandalkan pelek palang 5 Y spoke miring yang memberikan kesan sporty sangat kuat.

Pada model ini, Honda membuat area kaki-kaki lebih padat dengan memasangkan ban berukuran 100/80-14 dan 120/80-14.

Ukuran ban depan naik 1 tingkat dan ban belakang naik 2 tingkat dari ukuran ban Honda Vario 150.

Spesifikasi Honda Vario 160 2023
Dimensi
P x L x T 1.929 x 679 x 1.088 mm
Sumbu Roda 1.277 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Jarak Terendah 140 mm
Berat Kosong 115 kg (CBS) 117 KG (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Transmisi Otomatis, CVT
Rasio Kompresi 12 : 1
Tenaga Maksimal 15,4 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 7.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 100/80-14
Ban Belakang 120/80-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol (CBS) Cakram (ABS)

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });