Honda Vario 125 KZR Harga Bekasnya Manteng, Mesinnya Dikenal Bandel!

Honda Vario 125 Techno 2012 dengan warna khas oranye
  • Mesin tergolong bandel dan irit.
  • Ruang bagasi muat helm.
  • Karakter busa jok keras.

Honda Vario 125 KZR jadi salah satu model Vario Series yang telah dihadirkan PT Astra Honda Motor.

Nama Honda Vario sendiri sudah memiliki banyak sekali model dan generasi, sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2006.

Dari zaman Honda Vario 110 sampai kini sudah lahir Honda Vario 160 yang merupakan Vario denagn mesin paling besar.

Dan dari sekian banyak generasi Vario, ada beberapa generasi yang menjadi favorit dan harga jual bekasnya tetap ciamik.

Salah satunya Honda Vario 125 Techno lansiran 2012-2015, biasa dikenal juga dengan sebutan Vario super old atau Vario KZR sesuai dengan kode partnya.

Kalau melihat di beberapa situs jual beli online, ternyata Vario 125 KZR ini punya harga bekas yang cukup stabil.

Rata-rata orang menjualnya dengan harga Rp 7 jutaan hingga Rp 12 jutaan, tergantung kondisi dan wilayah.

Bahkan cenderung naik karena sempat menjadi ‘gorengan’ di kalangan komunitas maupun para modifikator.

Baca juga: Honda Akan Tambah Model Motor Listrik Lagi Tahun Ini

Pilihan warna Honda Vario 125 Techno tipe standar

Untuk area DKI Jakarta sendiri rentang harganya mulai dari Rp 8 juta hingga tembus di angka Rp 12 jutaan.

Namun tentunya ini bergantung pada tahun kelahiran motor tersebut dan juga kondisi motor secara keseluruhan.

Itu juga tergantung pada tipenya karena ada tipe CBS-ISS dan non CBS.

Sekadar info dulu saat pertama kali diluncurkan tipe non CBS punya harga jual sekitar Rp 15,1 juta dan tipe CBS-ISS di kisaran Rp 15,8 juta.

Harga jualnya yang tergolong stabil ini ternyata bukan tanpa sebab, karena ada beberapa point yang membuat Vario generasi ini tetap menjadi primadona.

Mesin Honda Vario 125 KZR Dikenal Bandel

Salah satu poin penting dari Vario 125 KZR adalah punya kualitas mesin yang cukup tahan banting.

Di sini artinya mesin tidak mudah rusak dan kuat diajak berkendara dengan kondisi yang mungkin cukup extreme seperti jarang melakukan servis berkala.

Pilihan warna Honda Vario 125 Techno tipe CBS

Baca juga: Awas Kaget, Begini Tips Aman Berkendara Motor Listrik Honda

Spesifikasi mesinnya 4 langkah, SOHC, 2 katup, pendingin cairan, eSP, dan sudah menganut sistem bahan bakar PGM-FI atau fuel injection.

Diameter pistonnya 52,4 mm dengan panjang langkah 57,9 mm sehingga kapasitas murni mesinnya 124,8 cc.

Dengan begitu punya klaim tenaga maksimal 11,3 ps pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 10,7 Nm di 5.000 rpm.

Mesin tergolong bandel turunan dari PCX 125

Ini juga tercatat sebagai matic 125 cc pertama dari AHM yang dibuat di Indonesia, karena sebelumnya ada Honda PCX 125 yang berstatus CBU dari Thailand.

Mesin Honda Vario 125 KZR ini pun mengusung beberapa teknologi dari PCX 125, salah satunya ACG atau Alternating Current Generator.

Fitur ini yang membuat momen menyalakan mesin menjadi lebih senyap tanpa adanya suara ‘bletak’.

Baca juga: Empat Instruktur Safety Riding Honda Siap Berlaga Dikompetisi Internasional

Adanya fitur ACG juga memungkinkan motor ini dibekali fitur Idling Stop System atau ISS yang membuat mesin mati saat berhenti di persimpangan.

Dengan begitu konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak adanya bensin yang terbakar percuma.

Sistem starter ACG lebih halus

Hanya saja memang mesin ini memiliki sedikit kekurangan, seperti area CVT terutama kampas koplingnya kerap kali gredek atau bergetar ketika stop and go.

Solusinya perlu rajin-rajin melakukan servis CVT atau menggunakan racikan CVT anti gredek yang sudah disediakan oleh bengkel spesialis.

Kemudian Honda Vario 125 KZR juga memiliki performa yang kurang oke ketika kondisi mesin masih dingin.

Bukaan gas dengan keluarnya tenaga terasa delay dalam waktu yang cukup lama, namun kalau suhu mesin sudah optimal maka performa mesin kembali normal.

Bagasi & Tangki Jumbo

Honda Vario 125 KZR meneruskan konsep matic fungsional yang sudah ada dari Vario generasi pertama.

Jadi di varian ini juga mendapatkan penyempurnaan pada ruang penyimpanan baik di depan maupun di bawah joknya.

Baca juga: Honda Stylo 160 Dominasi Penjualan AHM di IIMS 2024

Kapasitas bagasi 18 liter bisa memuat helm half face

Seperti terdapat 2 kompartemen di depan, kantung sisi kanan memang tergolong rendah tapi yang kiri cukup dalam.

Sehingga bisa menyimpan sarung tangan maupun botol air mineral dengan cukup mudah, tidak lupa di tengah terdapat gantungan barang.

Konsep helm-in pun akhirnya hadir di Vario melalui generasi KZR ini, karena kapasitas bagasinya mencapai 18 liter.

Yang mana bisa menampung sebuah helm half face walaupun memang ruangnya cukup pas-pasan.

Bagasi luasnya ini bersanding dengan tangki bensin yang juga cukup jumbo di masanya, karena mencapai 5,5 liter sehingga bisa menambah daya jelajah matic satu ini.

AHM mengklaim rata-rata konsumsi bahan bakar untuk motor ini mencapai 52,1 km/liter dengan metode ECE R40. Tergolong irit kan?

LED & Digital

Penggunaan LED di sini maksudnya ada pada papan spidometernya yang sudah tidak menggunakan bohlam untuk lampu-lampu indikatornya.

Beda dengan Vario generasi sebelumnya yang masih pakai bohlam halogen kecil.

Baca juga: Mudik dan Balik Bareng Honda Kembali Digelar, Begini Cara Daftarnya!

Spidometer tipe standar pakai warna latar oranye (kiri) dan tipe CBS warna biru (kanan)

Honda Vario 125 KZR papan spidometernya sudah menggunakan LED yang pasti cerah dan punya pancaran sinar merata sehingga nyaman dipandang baik siang maupun malam.

Spidometernya kombinasi antara analog untuk penunjuk kecepatan dan layar digital yang memang isi informasinya cukup sederhana, hanya penunjuk fuel meter dan odometer.

Untuk membaca kecepatan juga sudah tidak mengandalkan kabel spidometer dan rumah girboks di roda depa.

Melainkan sudah dibaca melalui sensor yang terpasang pada rasio atau final gear di roda belakang, ini membuat sektor roda depan jadi lebih simpel.

Yang unik ada perbedaan warna latar layar digital pada spidometernya, tipe CBS-ISS punya warna latar biru sedangkan tipe standar pakai warna oranye.

Sehingga cukup mudah membedakan kedua tipe motor ini terutama dalam kondisi gelap.

Baca juga: Bikin Honda Stylo 160 Terlihat Baru Terus, Bisa Pakai Dua Cairan Ini

Desain lampu belakang khas mirip sabit

Untuk lampu penerangnya masih andalkan bohlam halogen, lampu utama pakai 2 buah bohlam halogen model reflektor terpisah.

Namun dengan dimensi reflektor lebar, karena seolah menyatu dengan lampu senja juga lampu sein.

Oiya baik lampu senja maupun kedua lampu utamanya ini sudah menganut sistem AHO atau Automatic Headlight On.

Jadi lampu akan secara otomatis menyala ketika kunci kontak dihidupkan, jadi tidak ada lagi saklar lampu di sisi kanan.

Yang agak nyeleneh justru ada pada desain lampu belakangnya, lampu rem tetap pakai 3 buah bohlam halogen kecil yang terpisah dengan desain runcing.

Buka jok sudah melalui tombol di sebelah kunci kontak

Lampu seinnya justru pakai desain layaknya sabit yang akhirnya menjadi ciri khas dari matic satu ini.

Sistem kunci kontak baru juga diperkenalkan di Vario 125 KZR, yang mana sudah dilengkapi tombol pembuka jok di sebelah kuncinya.

Jadi tidak perlu repot memindahkan kunci untuk membuka jok, kunci kontaknya juga sudah dibekali penutup magnet.

Baca juga: Honda Stylo 160 Wajib Pakai Ini Buat Lindungi Mesin Dari Benturan

Sisi bawah gampang gasruk saat melewati polisi tidur

Kekurangan lain pada matic ini ada di karakter busa joknya yang ternyata kurang empuk, banyak yang mengeluhkan kurang nyaman ketika dipakai berkendara lama.

Sedangkan untuk suspensi masih tergolong empuk dengan penggunaan profil ban 80/90-14 dan belakang 90/90-14.

Sayangnya ground clearance terasa pendek, menurut data spesifikasinya pun hanya 128 mm.

Jadi tidak heran kalau sisi bawah kerap kali gasruk saat melewati polisi tidur tinggi, terutama ketika dipakai boncengan.

Tapi tidak perlu khawatir karena yang gasruk adalah jembatan engine mounting dan standar tengah. Gimana? Cukup tertarik juga?
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Motor listrik terbaru Honda SC e: Concept di IIMS 2024 Honda SC e: Concept digadang-gadang bakal diluncurkan di Indonesia PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan untuk bakal menambah lini sepeda motor listrik terbarunya di Indonesia pada tahun 2024. Hal ini disampaikan langsung Senior Manager Corporate Communication AHM, Rina Listiani disela acara Berkendara Aman Bersama Sepeda Motor Listrik Honda, di Ancol, Jakarta, Rabu (28/2/2024). "Motor listrik pasti kita akan diluncurkan tahun ini, nanti kit
Paten desain terbit 16 Februari 2024. Lebih murah dari Honda CT125. Perlu perhitungan jika dijual di Indonesia. Yamaha PG-1 mungkin belum banyak yang pernah dengar, maklum saja karena motor ini belum masuk Indonesia. Tapi motor bebek bergaya trail itu sudah resmi dijual dibeberapa negara Asean, seperti Thailand dan Filipina. Dari tampilannya, jelas kalau motor ini disiapkan untuk jadi kawan Honda CT125 yang sama-sama bebek trail. Yamaha PG-1 di Thailand resmi dijual dengan harga 64.900 bath atau
Paling murah mulai dari Rp 14 jutaan. Punya desain sporty sampai bagasi cukup luas. Di saat gempuran motor matic yang kian banyak dengan beragam model, harga, fitur, sampai kapasitas mesin ternyata motor tipe bebek masih ada peminatnya. Konsep motor yang pernah merajai penjualan sepeda motor di era tahun 2000-an ini memang ketangguhannya masih bisa diandalkan. Terutama bagi mereka yang tinggal di lingkungan pegunungan atau perbukitan, motor pun kerap dipaksa melewati jalur menanjak serta melinta
Dibanderol dengan harga Rp 26 jutaan Seluruh lampu sudah LED dan spidometer digital tujuh warna Jadi model yang laris manis. PT Benelli Motor Indonesia (BMI) beberapa waktu lalu menghadirkan Keeway Shiny 150 pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Bukan varian sport cruiser seperti biasanya untuk merek Hongaria tersebut, melainkan segmen matic retro. Hadirnya Keeway Shiny 150 secara otomatis menunjukan kalau pabrikan ini mulai fokus bermain di segmen matic. Yang unik
Ada 3 merek yang hadir di Indonesia. Paling mahal ada Royal Alloy TG150i seharga Rp 75 juta. Kelas skuter retro premium harga Rp 60 jutaan di Indonesia semakin beragam karena maraknya produsen sepeda motor baru yang hadir membawa line up terbaiknya. Tapi memang di kelas ini nama besar Vespa menjadi yang paling membekas karena memiliki history panjang, termasuk di Indonesia. Kalau sedang mencari skuter retro premium harga Rp 60 jutaan dan bosan dengan Vespa, berikut ada beberapa pilihan merek dan

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 125
Lihat