Adu Spesifikasi Toyota Vellfire dan Nissan Serena

Toyota Vellfire merupakan salah satu mobil MPV buatan Toyota yang cukup mendominasi pasar otomotif pada segmen MPV di Tanah Air. Selain karena memiliki dimensi yang besar, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis teknologi yang mutakhir. 

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard yang merupakan saudara Toyota Vellfire yang juga menjadi salah satu mobil terkenal. Di samping iu, harga Vellfire ini tidak beda jauh dengan Vellfire 2019. Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja.

Tetapi mobil yang satu ini juga bukannya tidak memiliki saingan. Dalam segmen MPV, Toyota Vellfire bersaing dengan banyak sekali MPV dengan merek lainnya, dan salah satunya adalah Nissan Serena. Mobil MPV buatan Nissan memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dengan Toyota Vellfire, dan juga memiliki berbagai jenis teknologi termutakhir.

Tetapi kalau kita bicara soal mobil, rasanya belum lengkap kalau kita tidak membahas tentang spesifikasinya. Dan kali ini, kita akan membandingkan spesifikasi yang dimiliki oleh Toyota Vellfire dengan pesaingnya, Nissan Serena.

Keterangan Toyota Vellfire Nissan Serena
Dimensi 4.930 mm x 1.850 mm x 1.895 mm 4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm
Wheelbase 3.000 mm 2.860 mm
Mesin V6 Dual VVT-I 2.494 cc V4 MR20 CVTC 1.997 cc
Tenaga/Torsi 180 hp/235 Nm 150 PS/200 Nm
Suspensi Double Wishbone dengan Torsion Bar Torsion Beam, Single Action, Coil Spring dengan Stabilizer
Ukuran Ban 235/50 R18 195/60 R16

Toyota Vellfire memiliki panjang bodi 4.930 mm, lebar bodi 1.850 mm, dan tinggi bodi 1.895 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbasenya adalah 3.000 mm. Sedangkan ground clearance-nya adalah 160 mm.

Spesifikasi Toyota Vellfire

Untuk menggerakkan bodinya yang besar ini, Toyota Vellfire dibekali dengan mesin V6 atau enam silinder. Mesin ini juga dipadukan dengan Dual VVT-I untuk mengoptimalkan performa mobil dan menambah efisiensi. Mesin ini sendiri memiliki kapasitas silinder sebesar 2.494 cc.

Dengan mesin ini, Toyota Vellfire bisa menghasilkan tenaga keluaran sebesar 180 tenaga kuda dan torsi maksimal 235 Nm. Tidak lupa, mesin ini juga dipadukan dengan sistem transmisi baru, yaitu transmisi DSG (Direct Shift Gearbox) delapan percepatan. Performa mesin ini juga diimbangi dengan dihadirkannya teknologi pengereman ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic-force Brake Distribution) dan BA (Brake Assist), sehingga pengendara bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. 

Untuk suspensi belakangnya, mobil ini menggunakan Double Wishbone dengan Torsion Bar. Lalu untuk bannya sendiri, mobil ini menggunakan ban berukuran 235/50 R18. Selain itu, untuk menambah kemudahan handling, mobil ini juga menyematkan teknologi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), serta Cruise Control.

Dengan kisaran harga yang berada di angka Rp1,1 hingga 1,2 Miliaran, mobil Toyota Vellfire ini memang menghadirkan beragam fungsi yang bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Beragam fitur mewah yang dimilikinya juga membuat mobil ini dijadikan sebagai mobil perusahaan maupun mobil keluarga. 

Spesifikasi Nissan Serena

Sekarang kita beralih ke salah satu model MPV pesaing Toyota Vellfire, yaitu Nissan Serena. Dimensi bodi Nissan Serena tidak jauh berbeda dengan Toyota Vellfire. Mobil ini memiliki panjang bodi 4.770 mm, lebar bodi 1.740 mm, serta tinggi bodi 1.865 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau wheelbase-nya adalah 2.860 mm, sedikit lebih pendek dibandingkan Toyota Vellfire.

Berbeda dengan Toyota Vellfire, suspensi belakang dari mobil Nissan Serena ini menggunakan Torsion Beam, Single Action, Coil Spring dengan Stabilizer. Kemudian ukuran bannya sendiri sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Toyota Vellfire, yaitu 195/60 R16.

Lalu soal jantung mekanisnya, Nissan Serena dibekali dengan mesin empat silinder MR20 CVTC berkapasitas 1.997 cc. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan keluaran tenaga 150 PS dan torsi maksimal 200 Nm. 

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi Xtronic CVT. Mesin juga dinilai lebih efisien dibanding versi sebelumnya berkat penggunaan coating pada bagian piston dan ring piston. Kompresi mesinnya juga lebih tinggi, yakni 1:12,5. Sistem transmisi yang digunakan pada Nissan Serena juga dilengkapi dengan teknologi Adaptive Shift Control (ASC). Teknologi ini bisa membaca gaya mengemudi, dan kemudian menggunakannya untuk mengatur performa yang dibutuhkan oleh pengendara. 

Selain itu, sama seperti Toyota Vellfire, Nissan Serena ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan yang bisa mengimbangi performa pengendaraan. Beberapa teknologi dasar yang juga ada pada mobil ini adalah ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic-force Brake Distribution) dan BA (Brake Assist). Selain itu, ada pula teknologi lain seperti Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, dan Hill Start Assist yang membantu meningkatkan pengalaman berkendara. 

Bicara soal harga, Nissan Serena memang berada jauh di bawah Toyota Vellfire. Jika Toyota Vellfire dibanderol dengan harga yang menyentuh angka miliaran rupiah, maka Nissan Serena dibanderol dengan kisaran harga Rp 448.000.000 hingga Rp 465.000.000 saja. Hal ini bukan hal yang mengherankan, karena dilihat dari sisi interior dan eksteriornya, Nissan Serena memang belum memiliki kemewahan yang dimiliki oleh Toyota Vellfire.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Vellfire

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota INNOVA VENTURER 2.4

Rp 463,00 Juta
Rp 9,43 Juta/bln

13.833 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Pengenalan Berbagi Toyota Vellfire

Bandingin Kabin Voxy 2022 dan Serena, Enak Mana?

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Vellfire
Lihat