Mesin 3 Silinder Vs Mesin 4 Silinder, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

  • Populasi mobil bermesin 3 silinder mulai setara mesin 4 silinder.
  • Ada beberapa kelebihan dan kekurangan mesin 3 silinder dibanding 4 silinder.
  • Mesin 3 silinder vs 4 silinder dari segi harga juga tak terpaut jauh.

Sebelumnya, mobil yang dipasarkan secara masif menggunakan mesin dengan konfigurasi 4 silinder atau lebih. Jenis konfigurasi mesin ini banyak digunakan oleh pabrikan Jepang, Korea, Amerika, maupun Eropa.

Namun, belakangan ini, tren di dunia otomotif sedikit bergeser. Konfigurasi mesin 4 silinder memang masih banyak digunakan, sejumlah pabrikan mulai mengembangkan mesin 3 silinder.

Padahal, mesin 3 silinder sempat dipandang sebelah mata. Sebab, mesin 4 silinder selalu dianggap lebih bertenaga. Meskipun jumlah silindernya lebih banyak, ternyata makin kesini anggapan tersebut terpatahkan. Mesin 3 silinder juga tetap bisa menghasilkan performa yang baik.

Mesin 3 silinder mulai ramai digunakan belakangan ini karena tiap produsen mobil mulai mengembangkan produk yang efisiensi bahan bakarnya tinggi dan lebih ramah lingkungan. Sehingga, dipilihlah konfigurasi mesin tersebut.

Mesin 3 Silinder Awalnya Cuma Buat Mobil LCGC

Daihatsu Ayla ada yang pakai mesin 3 silinder berkapasitas kecil

Sebelumnya, mesin 3 silinder digunakan pada mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost Green Car (LCGC), seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Datsun Go, dan Honda Brio. Konfigurasi mesin tersebut juga digunakan pada Suzuki Karimun dan Renault Kwid.

Mesin seperti ini lantas mulai diperhitungkan ketika Toyota menggunakannya pada Raize dan Daihatsu pada Rocky. Kedua pabrikan ini menyediakan pilihan mesin 1.0L dengan konfigurasi mesin 3 silinder segaris.

MINI juga mulai gunakan mesin 3 silinder

Selain mobil Jepang, mobil Eropa juga mulai mengikuti tren tersebut. Hal ini bisa dilihat pada dapur pacu dari MINI Cooper dan BMW 218i Active Tourer, yang juga dipasarkan di Indonesia. Tak cuma itu, pada mobil kelahiran Amerika, seperti Ford Fiesta EcoBoost juga menggunakan mesin 3 silinder.

Perbedaan Mesin 3 Silinder vs Mesin 4 Silinder

Mesin 3 silinder dipilih sejumlah pabrikan otomotif karena beberapa kelebihan. Antara lain memiliki bobot yang ringan dan diklaim sangat irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM), jika dibandingkan dengan mesin 4 silinder atau lebih.

Dengan bobot yang ringan, konsumsi BBM yang irit, serta tetap bertenaga, maka konfigurasi mesin 3 silinder lebih tepat digunakan pada model city car yang lebih sering digunakan atau kendaraan harian.

Baca juga : Makin Ngeri, Mesin 3 Silinder di Nissan X-Trail 2021 T33 Tenaganya Tembus 200an PS

Mesin 3 silinder biasanya ditambahkan turbo

Secara teknis, mesin 3 silinder dengan mesin 4 silinder memiliki perbedaan dalam jumlah silindernya. Sehingga, tenaga yang dihasilkan juga berbeda, akan lebih besar mesin 4 silinder.

Mesin 3 silinder menghasilkan tenaga setiap 120 derajat agar tetap seimbang. Sementara pada mesin 4 silinder, tenaga dihasilkan setiap 90 derajat. Oleh sebab itu, biasanya mesin 3 silinder ini ditambahkan juga teknologi turbo.

Kelebihan Mesin 3 Silinder vs Mesin 4 Silinder

Mesin 3 silinder racikan BMW

Meski jumlah silindernya lebih sedikit, tapi bukan berarti mesin 3 silinder performanya jelek. Sudah banyak pabrikan yang mengawinkan mesin 3 silinder dengan turbocharger dan direct injection untuk mendongrkak tenaga mesin. Bisa dilihat pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Kelebihan lainnya adalah dari sisi produsen. Dengan menggunakan mesin 3 silinder, maka komponen yang digunakan pun tak sebanyak mesin 4 silinder. Sehingga, pabrikan akan membutuhkan material yang lebih sedikit.

Hal ini akan memberikan keuntungan juga dari segi efisiensi dana yang didapat dari tiap mesin yang dihasilkan. Pada akhirnya, konsumen juga diuntungkan, karena harga jual mobilnya bisa lebih rendah jika dibandingkan dengan menggunakan mesin 4 silinder.

Renault Kwid juga pakai mesin 3 silinder

Secara dimensi, mesin 3 silinder berukuran lebih kecil dan terlihat lebih ringkas. Kelebihan ini bisa dimanfaatkan oleh pabrikan untuk membuat ruang mesin yang kompak untuk membuat interior lebih luas.

Dengan jumlah silinder yang lebih sedikit, maka mesin 3 silinder bisa lebih hemat konsumsi BBM. Sebab, mesin lebih minim friksi dan bobotnya lebih ringan.

Dengan jumlah komponen atau suku cadang yang lebih sedikit dan lebih murah dalam hal perawatan. Contohnya, saat akan melakukan pergantian busi. Mesin 3 silinder hanya membutuhkan tiga busi, sementara mesin 4 silinder memakai 4 busi. Jumlah oli yang dibutuhkan juga lebih sedikit untuk melumasi mesin. Artinya, biaya untuk perawatan rutin menjadi lebih murah.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mesin 3 Silinder, Kenapa Jadi Andalan di Daihatsu Rocky dan Toyota Raize?

Kekurangan Mesin 3 Silinder vs Mesin 4 Silinder

Toyota Avanza 2022 masih setia pakai mesin 4 silinder

Meskipun cukup banyak kelebihannya, tapi mesin 3 silinder juga memiliki beberapa kekurangan. Dengan jumlah silinder yang ganjil, maka karakter mesinnya berbeda dari mesin 4 silinder.

Pada umumnya, mesin 3 silinder kurang bertenaga di putaran atas. Maka itu, banyak pabrikan yang menyiasatinya dengan menambahkan turbo. Selain itu, getaran mesin yang dihasilkan juga berbeda. Pada mesin 3 silinder lebih terasa getarannya. Sementara mesin 4 silinder terasa lebih halus.

Mesin 3 silinder punya ciri khas tersendiri

Namun, getaran tersebut hanya ada pada mobil murah saja. Pada mobil Eropa seperti MINI dan BMW, tidak akan terasa getaran tersebut karena mereka memiliki teknologi tersendiri yang tentunya membuat harganya jadi lebih mahal.

Tapi, sekarang ini pabrikan Jepang juga sudah ada yang mengatasinya dengan menambahkan balancer dan engine cooling system untuk meredakan getaran tersebut. Contohnya, pada Toyota Raize berhasil diminimalisasi getarannya dengan mengatur komponen engine mounting dan engine balancer sedemikian rupa.

Kesimpulan

Mesin 3 silinder dan mesin 4 silinder memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mesin 3 silinder ternyata memiliki kelebihan yang cukup menguntungkan bagi konsumen.

Sementara untuk kekurangannya, dengan seiring berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin kekurangan tersebut bisa diatasi atau setidaknya semakin diminimalisasi.

Baca juga : Membandingkan Spesifikasi Mesin VW T-Cross vs Toyota Raize, Sama-sama 1.000 cc 3 Silinder Siapa Paling Kuat?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Raize

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Yakin WR-V Lebih Baik dari Raize? | Komparasi

Awas Gagal Ngerem, Gini Ternyata Cara Kerja Fitur TSS Toyota Raize

Toyota Raize Baru Dibuat Untuk Kepribadian Dinamis Anak Muda Indonesia

Melihat lebih dekat ke Toyota Raize terbaru, Eksterior Berani & Aktif, Desain Interior Bergaya

Daihatsu Rocky Sahabat Eksis, Tunjukkan Sisi Lain dari Dirimu

New Advanced Safety Assist dari Daihatsu Rocky

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

New Astra Daihatsu Ayla, Tampil Lebih Keren Dengan Desain Sporty dan Lebih Bergaya

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ayla vs Agya
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Raize vs XL7
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Raize vs Rush
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Raize vs Almaz
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Raize vs Terios
Toyota Raize
Lihat