5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport 2022; Gak Cuma Modal RWD Tapi Bisa Dimodifikasi Ala Fortuner!

 

Dari sekian banyak model di segmen low SUV, hanya tersisa Toyota Rush dan kembarannya yaitu Daihatsu Terios yang masih mempertahankan RWD. Hal dasar yang dimiliki oleh Toyota Rush ini rupanya jadi senjata andalan yang membuatnya jadi model terlaris. Ternyata, masih banyak hal menarik yang jadi keunggulan di Toyota Rush.

Toyota Rush dipasarkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006 lalu dan berganti generasi 2016 menggunakan platform yang baru.  Tampilannya jadi semakin modern dan kental dengan aura SUV perkotaan. Ban cadangan atau ban serep yang terletak di pintu belakang juga dipindahkan ke bawah. Selain itu, dimensinya juga lebih panjang dan lebih rendah.

Baca juga:

Mau Beli Toyota Rush 2022 Buat Lebaran? Wajib Tahu Dulu Varian Tipenya

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush?

Untuk saat ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan dua varian Toyota Rush yaitu tipe G dan Toyota Rush GR Sport. Berikut ini harga Toyota Rush dari seluruh tipe dan varian:

  • Toyota Rush G 1.5 MT    Rp 277.600.000
  • Toyota Rush G 1.5 AT    Rp 288.400.000
  • Toyota Rush GR Sport S 1.5 MT    Rp 290.300.000
  • Toyota Rush GR Sport S 1.5 AT    Rp 301.000.000

Kali ini kami akan mengulas soal hal menarik dari Toyota Rush GR Sport, apakah bisa tetap memikat di antara dominasi SUV FWD di segmennya.  Langsung saja, berikut ini 5 hal menarik Toyota Rush GR Sport 2022.

1. Interior dengan Platform Baru, Modern Khas SUV Urban

Pada generasi kedua, Toyota dan Daihatsu mengubah platform yang digunakan pada si kembar Rush - Terios. Modelnya berubah total yang kini tanpa adanya ban serep di bagian belakang. 

Toyota Rush generasi kedua jauh lebih modern, sporty, dan agresif, dibandingkan generasi pertama. Bagian eksterior yang lebih melengkung dengan tarikan garis yang tegas membuatnya terlihat sporty, serta terkesan memiliki dimensi yang lebih luas.

Benar adanya, karena ban serep yang kini pindah ke kolong membuat dimensinya bisa dimaksimalkan sehingga interior lebih lega. Dimensi interiornya lebih panjang 150 mm dibandingkan Toyota Rush lama.

2. Fitur Keselamatan Mumpuni Walau Belum TSS

Toyota All New Rush sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control. Sehingga, mobil tetap terjaga pada jalurnya agar pengemudi lebih mudah mengendalikan motor. Adanya fitur ini juga untuk mencegah selipnya roda akibat kehilangan traksi. Mesin akan mengurangi tenaga mesin dan melakukan pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

Selain itu, semua tipe Toyota Rush generasi kedua juga sudah dibekali Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Hill Start Assist (HSA) juga dapat ditemukan pada Toyota Rush generasi kedua. Fitur lainnya yang hanya ada di Toyota All New Rush adalah smart entry, 6 airbag di seluruh penjuru kabin, dan seat belt indicator warning.

Toyota All New Rush sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control. Sehingga, mobil tetap terjaga pada jalurnya agar pengemudi lebih mudah mengendalikan arahnya. Adanya fitur ini juga untuk mencegah selipnya roda akibat kehilangan traksi. Mesin akan mengurangi tenaga mesin dan melakukan pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

Meskipun demikian, Toyota Rush harus mengakui keunggulan SUV besutan merek lain yang sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif, semisal Honda Sensing di Honda BR-V.

3. Fitur Kenyamanan Toyota Rush GR Sport Cukup Lengkap

Sebagai tipe tertinggi, Toyota Rush GR Sport, spionnya sudah dapat melipat secara otomatis alias New Auto Retractable Mirror. Saat sedang berkendara, spion juga bisa dilipat secara otomatis dengan menekan tombol. Fitur ini amat berguna ketika mobil berpapasan dengan kendaraan lain atau saat melewati jalan yang sempit.

Pada Toyota Rush GR Sport, penggunanya akan dimanjakan dengan sistem buka pintu smart entry. Lebih lanjut, Head unit yang terpasang pada Toyota Rush GR Sport mendukung smartphone remote app, Miracast weblink, DVD AVX7", internet, iPod dan iPhone Connectivity, dan Waze Support.

Selain itu, Toyota Rush GR Sport juga didukung dengan 8 unit surround sound speaker sehingga suara dari head unit bisa lebih nikmat didengar. Tak ketinggalan,  Toyota GR Sport, sudah dilengkapi dengan teknologi Automatic Idling Stop System (IDS). Tombolnya terletak di samping tombol Engine Start Stop.

4. Masih Mengandalkan Penggerak Roda Belakang

Kelengkapan dasar yang satu ini masih menjadi selling point yang kuat di kalangan masyarakat, terutama di kota-kota kecil. kelebihan mobil RWD ini adalah lebih enak jika dibawa jalan menanjak sehingga torsinya lebih terasa. Kombinasi SUV dan RWD ini sudah menjadi paket ideal dengan kondisi jalanan di Indonesia. 

Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus. Mobil penggerak belakang lebih mumpuni saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. Penggerak roda belakang lebih mampu melewati tanjakan yang cukup terjal. Gaya dorong dari roda belakang jelas lebih kuat untuk melewati medan tanah atau jalanan yang medannya cukup sulit.

5. Bisa Dimodifikasi Ala Toyota Fortuner

Hal menarik dari Toyota Rush ini bisa kita jadikan sebagai Fortuner versi lite. Secara karakter sebenarnya cukup mirip, karena Toyota Rush ini merupakan SUV dengan penggerak roda belakang dan generasi keduanya tidak pakai ban serep.

Kini sudah banyak toko aksesoris yang menyediakan paket modifikasi penampilan ala Fortuner. Ubahan yang dilakukan juga tak rumit, yaitu mengganti bagian grillnya saja dengan aksesoris aftermarket grill yang desainnya mirip Fortuner GR. Aksesoris ini membuat sisi muka Rush jadi kian maskulin.

Namun agak disayangkan karena konsep modifikasinya terbilang minimalis, karena sisi belakang tetap dibiarkan standar. Padahal kalau ada aksesoris aftermarket yang mengubah lampu belakang dan garnish plat nomor ala fortuner maka membuat Rush jadi semakin paripurna disebut Fortuner lite.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Berita Terbaru

Waspadai 5 Kekurangan Suzuki Swift Gen 1 Sebelum Membeli

Selain Honda Jazz dan Toyota Yaris, Suzuki Swift gen 1 merupakan salah satu hatchback yang digemari masyarakat Tanah Air khususnya anak muda. Era keemasan mobil ini terjadi pada tahun 2005 yang mana saat Suzuki Indonesia mendatangkannya langsung secara utuh dari Jepang dengan membawa dua varian, yakni GT dan GL. Melihat animo yang sangat positif dari masyarakat Indonesia terhadap mobil ini, pada 2007 Suzuki merakit Swift gen 1 secara lokal di pabriknya yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Selan

BYD YangWang U8, SUV Berkuatan Supercar yang Bisa Melaju di Atas Air

BYD YangWang U8 mobil listrik dengan bentuk Sport Utility Vehicle (SUV) akhirnya resmi diluncurkan di negara asalnya China, beberapa waktu lalu. Sesuai janjinya di awal tahun saat melakukan perkenalannya, mobil listrik yang memiliki varian Premium dan Off-road Master Edition ini dibenamkan berbagai hal menarik baik mesin maupun fitur. Baca juga: BYD YangWang U8 Mobil Listrik Mewah yang Bisa Melintas di Permukaan Air Mobil ini dilengkapi mesin 2.0 liter turbocharge, dan empat motor yang masing-ma

5 Persiapan Buat Mobil Buat Perjalanan Jauh Jelang Long Weekend, Antisipasi Biar Gak Mogok

Beberapa hari ke depan, kita bakal melewati harpitnas alias hari kejepit nasional. Maksudnya, ada hari kerja di Jumat yang diapit oleh hari libur pada Kamis dan Sabtu. Jelang long weekend, tentunya kalian harus melakukan persiapan untuk mobil yang bakal digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Kalian bisa melakukan pengecekan sendiri di garasi rumah, atau ke bengkel langganan bila dirasa tidak terlalu paham soal seluk beluk kendaraan. Pemeriksaan ini mampu membuat perjalanan liburan kalian lebih a

Tesla Berencana Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Bukan di Indonesia

Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Tesla, dikabarkan akan berinvestasi untuk pembangun pabrik produksi mobil listrik di Thailand. Informasi ini diungkapkan langsung Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin, investasi yang dikucurkan mencapai USD5 miliar alias sekitar Rp76 triliun. Hanya saja total jumlah investasi ini tidak hanya Tesla, melainkan bersama Google dan juga Microsoft. Baca juga: Tesla Akhirnya Pilih Investasi di Malaysia, Rayuan Luhut Ambyar "Tesla akan mempertimbangkan fasili

Edisi Khusus Toyota GR86 Untuk Rayakan 40 Tahun Corolla AE86 Hanya Tersedia 200 Unit Di Jepang

Para penggemar mobil JDM alias Japan Domestic Market sejatinya tak akan pernah lupa dengan Toyota AE86 alias Trueno yang tenar sebagai mobil tunggangan Tukang Tahu di film Initial D. Mobil yang lahir tahun 1983 ini kini telah berusia 40 tahun dan Toyota merayakannya dengan meluncurkan edisi khusus Toyota GR86 sebagai suksesornya di Jepang. Semakin istimewa, karena mobil edisi khusus ini sekaligus merupakan edisi terbatas yang hanya tersedia sebanyak 200 unit, dan untuk mendapatkannya Anda harus

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rush vs Almaz
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Rush vs Rocky
Toyota Rush
Lihat