Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush?

Nussa · 5 Agu, 2022 08:01

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush? 01

  • Daihatsu Terios 2022 ditawarkan dengan lebih banyak varian tipe dibanding Toyota Rush.
  • Harga Daihatsu Terios 2022 juga lebih murah dibanding harga Toyota Rush 2022.
  • Soal mesin, keduanya setara, tapi ada sedikti perbedana kelengkapan fitur.

Pamor mobil bergaya sport utility vehicle (SUV) di Indonesia sangat tinggi. Khususnya, untuk konsumen yang berada di perkotaan, seperti Jakarta. Meski jalanannya didominasi aspal, tapi banyak juga permukaan aspal yang rusak. Selain itu, dengan adanya banjir, maka butuh mobil yang jarak terendah ke tanahnya cukup tinggi.

Maka dari itu, banyak konsumen yang lebih memilih SUV. Mobil ini bisa diandalkan untuk berkegiatan sehari-hari. Selain itu, mau diajak untuk berkendara jarak jauh hingga menjelajah pelosok-pelosok juga masih bisa diandalkan. Adapun SUV yang cukup tenar di pasar otomotif nasional adalah si kembar tapi tak serupa, yakni Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush? 02

Toyota Rush punya airbag lebih banyak dari Terios

Rush dan Terios bisa jadi jawaban para konsumen yang menginginkan kendaraan harian yang nyaman, baik sendirian maupun bersama keluarga. Namun, tetap tangguh untuk melewati permukaan jalan yang rusak atau melewati genangan air yang cukup tinggi. Rush dan Terios juga keren untuk dimodifikasi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Tak mengherankan jika penjualan kedua mobil ini cukup baik dan memberikan kontribusi cukup besar untuk penjualan dari PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush? 01

Terios juga jadi backbone penjualan Daihatsu Indonesia

Untuk diketahui, tujuan TAM dan ADM menghadirkan kedua mobil tersebut memang untuk memberikan pilihan pada segmen compact SUV. Pada tahun 2006 lalu, segmen tersebut memang belum ada pemainnya. Dengan banyak tipe lainnya dengan harga yang lebih terjangkau, Daihatsu dan Toyota juga bermaksud mengisi SUV kelas bawah.

Baca juga : Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 20223Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022

Sejarah Awal Toyota Rush dan Daihatsu Terios di Indonesia

Untuk menjawab kebutuhan konsumennya, Daihatsu dan Toyota akhirnya berkolaborasi pada tahun 2006 lalu untuk membuat mobil dengan basis dari Toyota RAV4. Mobil tersebut sekaligus menjadi generasi penerus dari Taruna.

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush? 02

Generasi awal disebut Rush-Terios konde

Setelah diluncurkan pada tahun 2006, Rush dan Terios mendapat penyegaran atau facelift pertamanya pada tahun 2010. Pada tahun 2015, kembali dilakukan penyegaran pada kedua mobil tersebut. Lalu, pada tahun 2017, generasi kedua Terios dihadirkan dengan nama All New Terios. Tak terkecuali dengan Rush yang turut hadir menggunakan nama All New Rush. Dari segi eksterior, tampilan keduanya semakin modern.

Jika dilihat sekilas, kedua mobil ini mungkin punya tampilan yang serupa. Tapi, sebenarnya ada beberapa perbedaan, mulai dari varian, eksterior, interior, fitur keselamatan, mesin, spesifikasi, dan harga.

Berikut ini perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022:

1. Varian Daihatsu Lebih Banyak

Dari varian yang ditawarkan, Daihatsu punya lebih banyak pilihan, mulai dari yang terjangkau hingga harga yang cukup tinggi. Sementara Toyota, pilihannya cukup terbatas. Toyota Rush hadir dalam empat varian, yaitu 1.5 G MT, 1.5 G AT, 1.5 S MT GR Sport, dan 1.5 S AT GR Sport. 

2. Desain Eksterior Beda Tipis

Dari segi tampilan luarnya, antara Daihatsu Terios dengan Toyota Rush sebenarnya hanya beda tipis. Perbedaannya hanya pada detailnya saja. Untuk varian tertinggi All New Terios, lebih banyak dihiasi dengan aksen krom, mulai dari bagian depan hingga bagian belakang.

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush? 03

Toyota Rush memiliki beberapa perbedaan dengan Daihatsu Terios

Sementara All New Rush, aksen krom justru terlihat sangat minim. Namun, desain velg pada All New Rush lebih terlihat menarik dengan warna two tone.

Baca juga : Mesin Sama, Daihatsu Xenia Kok Bisa Lebih Responsif Ketimbang Terios?

3. Desain Interior

Bagian kabin All New Terios dengan All New Rush juga cukup mirip. Perbedaannya hanya pada bagian headrest, di mana pada All New Rush setiap bangkunya sudah dilengkapi headrest. Selain menambah kenyamanan saat perjalanan, adanya headrest juga mampu mengurangi risiko terhadap cedera leher saat terjadi benturan keras dari arah depan.

4. Fitur Keselamatan Rush Lebih Lengkap

Pada varian tertinggi All New Terios dan All New Rush masing-masing sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal, serta dual SRS Airbag.

Tapi, All New Rush menawarkan keselamatan yang lebih baik dengan menyematkan airbag yang lebih banyak. Total ada enam buah airbag pada kabin All New Rush. Kemudian, terdapat juga indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpangnya.

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush? 04

Daihatsu Terios mesinnya cukup bertenaga dan irit BBM

5. Harga Rush Lebih Mahal

Toyota membanderol All New Rush mulai dari Rp278.800.000 (on the road Jakarta) hingga Rp302.200.000 (on the road Jakarta). Sedangkan Daihatsu, memasarkan All New Terios, mulai dari Rp232.300.000 (on the road Jakarta) hingga Rp287.400.000 (on the road Jakarta).

Berikut detail harga Daihatsu All New Terios dan Toyota All New Rush per Agustus 2022:

All New Terios

  • X MT IDS - Rp 232,2 juta
  • X MT DLX IDS - Rp 242,4 juta
  • X AT DLX IDS - Rp 252,8 juta
  • R MT IDS - Rp 264,8 juta
  • R MT DLX IDS - Rp 274,9 juta
  • R AT IDS - Rp 275,3 juta
  • R AT DLX IDS - Rp 285,4 juta
  • R MT Custom IDS - Rp 276,9 juta
  • R AT Custom IDS - Rp 287,4 juta

All New Rush

  • 1.5 G MT - Rp 278,8 juta
  • 1.5 G AT - Rp 289,6 juta
  • 1.5 S MT GR Sport - Rp 291,5 juta
  • 1.5 S AT GR Sport - Rp 302,2 juta

Kesimpulan

Soal tampilan, kembali ke selera masing-masing konsumen. Tapi, Toyota menawarkan fitur yang lebih unggul pada All New Rush. Namun, harga yang dibanderol juga lebih tinggi dibandingkan dengan Daihatsu. Sementara All New Rush, memiliki keunggulan dengan banyaknya varian yang ditawarkan. Selain itu, harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan All New Rush.

Baca juga : Sering Dianggap Inferior, Ini Alasan Daihatsu Terios Lebih Pantas Dimiliki Ketimbang Toyota Rush

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

Mobil Terbaru