Kenapa Sih Orang Harus Beli Daihatsu Xenia, Emang Nggak Ada Mobil Lain?

Kalau nggak Toyota Avanza ya Daihatsu Xenia. Dua mobil ini jadi mobil yang paling sering banget disebut sama masyarakat Indonesia. Entah kenapa alasannya, tapi kedua mobil ini benar-benar jadi primadona di Tanah Air tercinta. Mobil yang dijual Rp194 jutaan sampai Rp238 jutaan ini selalu punya daya tarik besar.

Terkadang bagi sebagian orang tentu bosan juga mendengar saran kalau mau membeli mobil ya Avanza atau Xenia. Memangnya nggak ada mobil lain ya selain kedua mobil itu? Tenang dulu, jangan marah dulu. Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat banyak orang terkagum-kagum sama mobil asli buatan Indonesia ini.

Sayangnya nggak banyak orang yang tahu tentang beberapa hal yang menarik dari Daihatsu Xenia. Nah, kami mau coba memberikan pandangan soal hal yang membuat Daihatsu Xenia layak dibeli. Kira-kira, poin apa saja yang membuat mobil 7 penumpang ini benar-benar layak dipilih buat meramaikan garasi?

Alasan Kenapa Harus Membeli Daihatsu Xenia

Harga Obral Banget Nih

Biasanya mereka yang beli Daihatsu Xenia ini lebih memikirkan faktor harga beli dibanding hal yang lain. Malah ada juga sebagian orang yang bilang ‘Harga nomor satu, fitur faktor terakhir’. Dari segi harga, Xenia ini punya harga yang jauh lebih terjangkau dibanding saudara kembarnya si Avanza. Xenia dijual paling murah seharga Rp194 jutaan dan termahal Rp238 jutaan.

Sedangkan si Avanza ini dijual paling murah seharga Rp200 jutaan dan termahal dijual seharga Rp235 jutaan. Kalau dibandingin sama tipe terendah, jelas selisih Rp6 juta jadi hal yang lumayan bisa menghemat bajet. Terutama bagi mereka yang mau membeli mobil baru dengan keuangan pas-pasan. Makanya, banyak yang beli Xenia dengan alasan murah.

Padahal kalau dilihat, selisih uang di tipe termahal nggak berbeda jauh. Tapi, realitasnya harga Xenia emang lebih murah. Belum lagi kalau sudah ditambah diskon dan promo dari diler. Harga Xenia bisa jauh lebih dipangkas lagi nih. Gimana, masuk akal juga kan?

Serba Sama dengan Avanza

Baik Xenia maupun Avanza, dua-duanya pakai komponen yang sama. Mulai dari mesin, transmisi, eksterior, sampai interiornya pun sama. Tapi, pilihan mesin Xenia ada dua nih. Ada dua pilihan mesin mulai dari 1.300 cc dan juga 1.500 cc.

Keduanya memakai mesin dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC dengan VVT-i. Untuk mesin pertama memakai 1.329 cc dengan tenaga 97 ps @6.000 rpm dengan torsi 117 Nm @3.200 rpm.

Untuk mesin kedua memakai 1.496 cc bertenaga 104 ps @6.000 rpm dengan torsi 136 @3.300 rpm. Kedua mesin tersebut bisa dibilang menjadi salah satu mesin yang paling bandel dengan konsumsi bahan bakar irit.

Spare Part Murah dan Melimpah

Soal ini jangan ditanya lagi. Spare part Xenia benar-benar sangat melimpah dan harganya juga murah. Nggak percaya? Coba saja datang ke toko spare part di berbagai bengkel.

Biasanya hampir pasti ditemukan spare part fast moving dari Avanza dan Xenia. Karena pemakainya banyak, maka bengkel pun juga berani menyediakan barang.

Ibaratnya nih, jualnya gampang karena pembelinya juga banyak. Hal ini jadi kelebihan yang dimiliki sama mobil buatan Sunter dan Karawang ini. Harganya juga bisa dibilang lumayan murah dan terjangkau. Nggak heran kalau mobil ini dijadikan mobil tempur harian buat membelah kota besar macam Jakarta ini.

Alasan Kenapa Jangan Beli Daihatsu Xenia

Modelnya Pasaran

Kalau mereka yang suka eksklusifitas rasanya nggak akan nih beli Xenia atau Avanza. Sebab, kedua mobil ini sudah punya sebutan sebagai mobil sejuta umat. Alias, mobilnya dipakai oleh ribuan atau malah jutaan orang di Indonesia.

Jadi, kalau dijalan mobil ini emang nggak ada nilai spesialnya karena jumlahnya banyak banget. Faktor banyaknya unit yang kejual inilah yang membuat Xenia dan Avanza jadi mobil yang pasaran.

Mau mobil yang jarang dipakai orang, beli aja mobil Eropa. Tapi, harganya juga pasti mahal kalau mobil Eropa. Ada harga ada kualitas dong yaaa.

Kabin Berisik

Kekedapan kabin dari dua mobil kembar ini sudah jangan diragukan lagi berisiknya hahaha. Memang kekedapan kabinnya lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Tapi, tetap suara bising dari luar masih bisa dinikmati dengan sepenuh hati dari dalam kabin. Hmmmm, ini jadi hal yang positif atau negatif sih ya sebenarnya?

Bahkan ibaratnya nih saking berisiknya, kalian serasa mendengar parade di dalam mobil Xenia ini! Duh, kenyamanan kabin sih sudah pasti berkurang banget kalau dalamnya berisik kaya begini ya.

Raungan mesin mobil ini bahkan serasa ingin menerkam pengendara dan penumpang yang ada di dalam kabin nih. Raaaawwwrr!

Minim Fitur

Kembali kepada kalimat yang sudah kita sebutkan di atas. Beberapa konsumen Xenia bukanlah mereka yang mementingkan fitur. Tetapi konsumen di kelas ini lebih mementingkan hal berupa harga dari mobil itu sendiri.

Hal inilah yang membuat Daihatsu juga tidak memberikan fitur berlimpah pada mobil keluarga ini. Nggak heran kalau dari dulu sampai sekarang penambahan fiturnya terbilang nggak banyak dan nggak istimewa.

Padahal, fitur juga menjadi hal yang paling penting dari sebuah mobil. Semakin modern, maka sudah seharusnya fitur yang dimiliki akan bertambah dan semakin baik. Masa kalah sama mobil Eropa tahun 1990-an yang fiturnya jauh lebih banyak?

Kesimpulan

Jika boleh menyimpulkan, Daihatsu Xenia ini sebenarnya cocok dan layak untuk dibeli. Karena harganya cukup terjangkau dan modelnya bisa diterima oleh masyarakat luas karena sudah sering dilihat.

Tapi, bagi sebagian orang desain Xenia ini benar-benar sangat membosankan. Karena banyak orang memakai mobil ini menjadi taksi online.

Sehingga nilai kebanggaan dan kemewahan dari sebuah mobil hilang saat memakai Xenia. Xenia dan Avanza sudah memiliki cap sebagai mobil taksi online.

Padahal nggak semua pembeli Xenia dan Avanza digunakan untuk taksi online, lho. Cuma karena banyak dipakai akhirnya julukan itu melekat deh sampai sekarang ini.

Tapi, untuk perawatan mobil ini benar-benar juara. Harga spare part murah dan melimpah membuat orang bisa dengan mudah merawat mobil ini.

Sebagai mobil keluarga, Daihatsu Xenia ini sangat layak dijadikan mobil aktifitas harian. Dengan harga terjangkau, kapasitas mesin dan performa mesinnya sangat bisa diandalkan.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua. ...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Xenia

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

17.509 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

All-new Daihatsu Xenia 2022, Ini Pilihan LMPV Paling Masuk Akal First Drive

Daihatsu Xenia Baru Jadi Canggih, Paling Mahal Gak Sampai Rp 250 juta

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Xenia
Lihat