window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh

Prasetyo · 1 Nov, 2022 11:04

Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh 01

  • Nyetir truk atau pick up butuh keterampilan khusus.
  • Apalagi jika menghadapi tanjakan.
  • Jangan sampai merosot dan menabrak kendaraan lain.

Mengemudi kendaraan niaga memang perlu keterampilan khusus. Pasalnya tidak seperti kendaraan penumpang (passanger car), mobil niaga seperti pick up, truk, atau bus, memiliki muatan yang lebih berat.

Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh 02

Jangan paksakan bawa muatan berlebih

Beban muatan di bagian belakang mobil ini tentu jadi malah saat menghadapi medan menanjak. Maka dari itu penting untuk menguasai teknik nyetir truk, pickup, atau kendaraan niaga lainnya.

Baca juga: Hankook Sediakan Ban Awet Buat Kendaraan Niaga, Bisa Dipakai Pick Up, Truk, sampai Bus

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jangan Kehilangan Traksi

Saat melintasi tanjakan yang curam dan nyetir truk atau pikap, sebaiknya pertahankan traksi mobil. Pengemudi pun perlu mempertahankan kendali dengan mengambil beberapa langkah utama.

Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh 01

Jangan kehilangan traksi di tanjakan

Pertama jangan menginjak pedal gas secara penuh yang membuat kendaraan terdorong langsung ke depan. Karena situasi ini akan membuat mesin overheating yang akhirnya malah menyebabkan mogok.

Pengemudi dapat memanfaatkan semua roda penggerak dari kendaraan dalam mempertahankan traksi di tanjakan yang licin. Jika ingin menambah kecepatan saat tengah mendaki tanjakan lakukan dengan perlahan dan bertahap, agar tidak memaksakan kinerja mesin.

Baca juga: Mengenal Klasifikasi Light Duty, Medium Duty, dan Heavy Duty Truck, Bagaimana Membedakan Jenis Truknya?

Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh 01

Ada bahaya truk melorot di tanjakan akibat tidak jaga jarak

Saat di tanjakan, nyetir truk atau nyetir pick up juga perlu memperhatikan jarak dengan kendaraan di depan. Hal ini dapat mencegah kecelakaan jika sewaktu-waktu kendaraan lain tergelincir atau mengalami kesulitan mendaki tanjakan.

"Begitu pula saat menuruni tanjakan, pengemudi perlu memperhatikan rambu-rambu yang menginformasikan kontur jalanan, seperti jalan licin atau sering terjadi kecelakaan, agar mereka dapat menyesuaikan kecepatan dan menjaga kestabilan kendaraan," ujar Ahmad Juweni, National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia melalui keterangan tertulisnya.

Baca juga: Review Truk Mitsubishi FUSO eCanter, Bergerak Senyap Tanpa Aroma Tak Sedap

Perhatikan Tikungan

Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh 02

Waspada saat hadapi tikungan di jalan menanjak

Mengemudi di tanjakan seperti daerah perbukitan artinya akan menemui banyak tikungan. Saat kendaraan mendekati tikungan, pengemudi perlu mewaspadai kecepatan kendaraan tidak melebihi 60 km/jam.

Pada banyak situasi, pengemudi lupa untuk mengurangi kecepatan yang akhirnya mengakibatkan hilangnya kendali kendaraan apalagi juga beban muatan di bak belakang terlampau banyak. Jika hal ini terjadi, coba arahkan kendaraan ke tepi jalan yang terdapat banyak kerikil atau rumput yang bisa membantu pengemudi memberhentikan kendaraan.

Cek Rute yang Akan Dilalui

Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh 01

Jika jalan tertutup longsor, gunakan rute alternatif

Hal terpenting yang juga jangan pernah luput dari persiapan seorang pengemudi saat hendak nyetir truk, pick up, atau bus adalah untuk selalu pengecekan berkala terhadap kondisi kendaraan. Sebelum melakukan perjalanan panjang pastikan juga untuk melakukan persiapan mulai dari pemilihan rute, hingga mengecek ramalan cuaca.

"Walaupun nampak tidak begitu signifikan, persiapan ini dapat membantu pengemudi untuk mencegah situasi yang tidak diinginkan pada kondisi jalanan, semisal terjadi longsor pada rute yang seharusnya diambil dan memerlukan rute alternatif," tutup Ahmad.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil