Mirip Toyota Hardtop, SUV China Ini Lebih Murah dari Avanza Baru

Tidak, ini bukan Toyota Hard Top alias BJ40 yang kembali hadir model terbarunya, namun ini adalah BJ212 Sniper versi facelift 2023.

Meskipun sama-sama pakai nama "BJ", namun 212 adalah mobil garapan produsen China, Beijing Automobile Works (BAW).

Dan BJ212 merupakan versi lain dari BJ2020 yang desainnya memang "terinspirasi" dari mobil-mobil Jeep maupun Land Rover.

Baca juga: GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport

Harganya Cuma Rp200 Jutaan

Terinspirasi dari Jeep (Foto: Autohome)

Balik lagi soal BAW BJ212 2023, ada beberapa peningkatan yang dilakukan oleh pabrikan, namun semuanya lebih menitikberatkan pada kemampuan berkendaranya.

Misalnya model baru ini punya departure angle 35 derajat dan approach angle 47 derajat dan ground clearance 245 mm.

Lantas kemampuan menyelam juga kini hingga ketinggian air 600 mm, serta penggunaan ban AT ukuran 265 sebagai standar untuk peningkatan durabilitas saat off road.

Sasis dan gardan diperkuat (Foto: Autohome)

Selain itu sasisnya juga mengadopsi dari tipe Warrior yang merupakan kendaraan militer sehingga lebih kuat dari model sebelumnya.

Segi teknis yang berubah selanjutnya adalah sistem part-time 4WD, rear axle differential lock, recirculating ball steering wheel, dan sistem gardan depan belakang yang lebih keras.

Kemudian di bagian dalam juga terlihat sudah ada pemakaian LCD monitor yang dilengkapi MID sebagai meter cluster.

Pakai transmisi manual 6 percepatan (Foto: Autohome)

Paling menarik adalah harganya, sebab BAW BJ212 Sniper 2023 ini cuma ditawarkan dalam satu varian dengan banderol 105.900 Yuan atau kira-kira setara Rp224 juta.

Kalau dibandingkan dengan harga mobil baru di Indonesia, BJ212 Sniper masih lebih murah Rp10 jutaan dari Toyota Avanza tipe terendah.

Baca Juga:GWM Tank 600, Versi Murah Toyota Land Cruiser yang Harganya Setara Fortuner

Pakai Mesin Mitsubishi

Tampilan belakang juga klasik (Foto: Autohome)

Dari segi tampilan, mobil ini tetap identik dengan BAW BJ212 yang klasik.

Lihat saja bagaimana kap mesin dipertahankan bergaya clamshell, lampu depan bulat, dan lampu sein kotak yang terpisah.

Dari belakang ia juga tampil retro dengan ban cadangan model konde tanpa penutup, serta lampu rem dan sein berbentuk kotak, yang membuat kita seakan kembali ke era 1980-1990-an.

Interiornya juga tetap klasik (Foto: Autohome)

Uniknya, kalau dari segi fisik maupun penamaan ia mirip Toyota Land Cruiser lawas, maka jantung tenaga mobil ini malah berasal dari mesin Mitsubishi berkapasitas 2.4-liter berkode 4K22.

Kalau ditelisik, mesin ini berkapasitas 2.378 cc dengan sistem turbocharged yang sanggup menghasilkan tenaga 218 PS pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 320 Nm di 2.400-4.000 rpm.

Perlu diketahui, Mesin yang sama juga dipakai pada Mitsubishi Delica sejak 2019, serta Great Wall Haval H3 dan H5 di China.

Baca juga: Kisah Mobil China Tiruan: Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa

BAW BJ212 Sudah Ada Sejak 1965

Mesin yang sama juga dipakai Great Wall Haval (Foto: Autohome)

Kalau Anda berpikir ini adalah mobil baru China tiruan dari Toyota BJ40 yang dibuat modern, sebenarnya salah besar.

Sebab BAW sudah memperkenalkan BJ212 sejak 1964 sebagai kendaraan light-duty offroad yang dipakai milier China.

Mobil ini juga punya banyak nama lain, seperti Zhanqi, Jinxuanfeng, City Cruiser, Kuangchao, serta Ludi, dengan model SUV 4 pintu 5 penumpang dan versi Long Wheel Base (LWB) 8 penumpang.

Kemuidian pada ajang Beijing Auto Show 2023, BAW mulai menampilkan BJ212 Sniper dalam tipe 4 pintu dan atap terbuka.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Land Cruiser

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Nyobain Sistem Off-road Pintar Toyota Land Cruiser Baru

2021 Toyota Land Cruiser: : The Latest Model Year for a Rugged 4x4 SUV

ALL NEW Land Cruiser Prado 2021 Toyota - ADS

2020 TOYOTA LAND CRUISER 200

Berita Terbaru

IMX 2023 Kembali Digelar, Sajikan Karya Modifikasi Mobil Listrik yang Makin Keren

Pameran modifikasi Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2023 ‘The Future of Creativity’ resmi dibuka, Jumat 29 September 2023. Sebagai pelopor expo modifikasi dan lifestyle event terbesar di Indonesia, IMX 2023 diselenggarakan selama 3 hari sampai dengan 1 Oktober 2023 di Hall A-B, JCC, Senayan, Jakarta. Dengan mengusung konsep Family One-Stop Automotive and Lifestyle, gelaran yang diadakan secara offline tersebut berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Satu-satunya even terlengkap d

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Wing dan Spoiler di Mobil

Aksesoris body kit seperti wing atau spoiler kerap digunakan pada mobil keluaran terbaru. Namun banyak orang yang salah kaprah menyebut wing sebagai spoiler begitu juga sebaliknya. Lantas apa sih perbedaan dari kedua aksesoris ini? Baik wing atau spoiler memiliki fungsi yang hampir mirip, yaitu meningkatkan aspek aerodinamika di sebuah mobil. Kedua aksesoris ini juga bisa membuat mobil makin keren. Baca juga: Biar Tak Terpleset Saat Mengerem, Ketahui Cara Kerja Fitur EBD pada Mobil-Mobil Modern

Toyota Vios 2024 Mendekati Jadwal Peluncuran, Ada Varian Hybrid GR Sport

Toyota Vios 2024 sedang dipersiapkan waktu peluncurannya, beberapa penampakan mobil yang punya nama lain Yaris Ativ ini pun mulai beredar. Ya, di Thailand sedan Vios pakai nama Yaris Ativ yang generasi terbarunya sudah diluncurkan Agustus 2022 silam. Adapun untuk All New Vios di Indonesia baru rilis Oktober 2022, itupun PT Toyota Astra Motor (TAM) mengimpornya dari Thailand. Meskipun pangsa pasar mobil tipe sedan di Tanah Air tidak setinggi LMPV dan SUV, namun hal ini beda cerita dengan di Neger

5 Fitur Tersembunyi Daihatsu Terios 2023 yang Membuat Toyota Rush Terasa Kemahalan

Daihatsu Terios facelift 2023 telah diluncurkan di Tanah Air dengan mendapat ubahan secara minor yang kini parasnya berbeda dengan "saudara kembarnya" Toyota Rush. Daihatsu Terios 2023 bukan cuma tampil lebih atraktif namun semakin nyaman dikencarai berkat adanya beberapa fitur baru yang disematkan. Meski mendapat sejumlah improvment, untuk harga Terios bisa dibiliang masih cukup terjangkau. Melansir situs resminya, mobil yang menempati segmen Low SUV 7-seater ini dibandrol mulai dari Rp236.050.

Tips Modifikasi Audio Mobil Listrik, Awas Ganggu Kinerja Baterainya

Modifikasi audio mobil listrik saat ini mulai meningkat seiring populasi kendaraan elektrifikasi yang juga terus alami kenaikan. Apalagi ditambah munculnya kendaraan mulai dari bersistem Hybrid Electric Vehicle (HEV) seperti Toyota Innova Zenix Hybrid, model PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) seperti Mitsubishi Outlander PHEV, sampai mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) macam Wuling Air ev, Hyundai Ioniq 5, dan KIA EV6 di Indonesia. Dan tak berbeda dengan pemilik mobil m

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Land Cruiser
Lihat