Viral, Honda Supra X 125 Helm-in Jadi Sangar Pakai Mesin 500 Cc!

Supra bermesin moge jadi viral
  • Mengusung mesin 2-silinder 500cc.
  • Sasis dan kaki-kakinya ikut dirombak total.

Modifikasi ekstrim dilakukan oleh Kittichai Thoulang asal Chiang Mai, Thailand pada motor bebek Honda Wave 125i milik rekannya bernama Nong.

Di mana motor yang di Indonesia dikenal sebagai Honda Supra X 125 Helm-in mencangkok mesin moge!

Alhasil, dari foto-foto dokumentasi yang diunggahnya ke Facebook, pun viral hingga ke Indonesia.

Salah satunya diposting di laman grup Partai kemakmuran bersama suprabapak pada Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Juara AFF Cup 2023, Honda Thailand Rilis Vario 160 Edisi Spesial

Pasang Mesin Honda CBR500R

Tak tanggung, mesin yang dipasang di motor tersebut diambil dari Honda CBR500R.

Di mana secara volume empat kali lipat lebih besar dari bawaannya yang cuma 125 cc. Tentu banyak penyesuaian yang perlu dilakukan.

Sasisnya custom

Bahkan Kittichai Thoulang menyebut dirinya membantu Nong untuk memasang suspensi depan, mengelas sasis dan menyesuaikan posisi mesinnya.

Meski begitu, modifikasi dilakukan sejak bulan Oktober 2022 lalu. Cukup singkat lho.

Dari sejumlah foto dari Kittichai Thoulang, bisa dilihat jika peranti yang tersisa dari Honda Supra X 125 Helm-in hanya di bagian bodi parts dan sub frame saja.

Sedangkan sisanya custom dan diambil dari motor besar, tentunya agar mesin moge bisa terpasang sempurna.

Misalnya pada bagian sasis yang tak lagi memakai tipe underbone standar ala bebek.

Untuk menyesuaikan penggunaan mesinnya, yang bervolume 500 cc 2-silinder segaris berpendingin cair.

Jeroan motor

Untuk itu, sasis custom dirancang dengan pipa tubular berbentuk perimeter. Tujuannya agar tercipta ruang mesin yang lapang dan adanya dudukan untuk komponen radiatornya.

Dudukan mesinnya juga menyesuaikan posisi header knalpot yang lebih lebar supaya tak mentok.

Lalu tangki standarnya pun tak lagi berubah dengan penggunaan custom yang berbahan almunium.

Penggunaan tangki ini membuat motor tersebut tak lagi punya fungsi bagasi helm-in yang sebelumnya hadir.

Baca Juga: Motor Listrik Zeeho AE8 Siap Mengaspal, Harga Rp 70 Jutaan!

Kaki-kaki Moge

Kaki-kakinya pun mengadopsi peranti dari moge. Mulai dari suspensi depan up side down bertabung panjang.

Serta monosok Ohlins di belakang. Pelek dan swing arm motor ini mengandalkan kepunyaan Honda CB650F versi lawas. 

Tampilan jadi kekar.

Untuk menyesuaikan dudukan, peleknya dibubut terlebih dulu. Sedangkan komponen bodi seperti sepakbor depannya tak lagi dapat dipakai dan digusur dengan model custom.

Pun demikian dengan spakbor belakang yang kini absen. Sangar banget nih!

Tren Modifikasi Limbah Moge di Indonesia

Indonesia sendiri kerap menghadirkan karya modifikasi ekstrim seperti yang dilakukan Kittichai Thoulang tersebut.

Penggunaan limbah moge kerap dilakukan penikmat modifikasi kala penjualan motor tipe sport masih tinggi.

Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Suzuki Thunder kerap jadi motor yang disematkan limbah moge dari berbagai merek.

Limbah moge jadi favorit.

Umumnya part yang dipakai adalah suspensi depan, lengan ayun hingga pelek yang punya ukuran lebih lebar.

Penyesuaian tentu dilakukan terutama pada bagian komstir dan juga sasis, agar lengan ayun bisa terpasang sempurna.

Namun agar tak kedodoran, umumnya part moge yang dipakai adalah moge bermesin sedang, antara 400 cc hingga 600 cc.

Kemudian untuk mesin ada banyak opsi yang dilakukan, namun umumnya melakukan bore-up agar akselerasinya tak kedodoran.

Baca juga : MS Glow For Men Racing Team Meluncur, Andalkan Rider Jebolan Moto2 !

Engine Swap Jarang Dilakukan

Mengganti mesin dengan mesin moge relatif masih jarang dilakukan penikmat modifikasi motor di Indonesia.

Naga Lima yang mencuri perhatian dunia.

Alasannya karena akan bermasalah dengan regulasi, tapi beda cerita jika motor hanya untuk ikut kontes modifikasi.

Banyak hal yang kerap dilakukan, bahkan modifikator asal Jawa Tengah ada yang mengubah konfigurasi mesin juga.

Adalah M Yusuf Adib Mustofa dari Psycho Engine asal Purwokerto, yang menyulap mesin Honda Tiger.

Jantung pacu yang aslinya hanya 200 cc silinder tunggal, diubah menjadi radial dengan lima silinder!

Mesinnya pun dibuat secara manual dan motornya bisa dipakai jalan. Motor ini pun meramaikan kontes modifikasi dunia di Jepang beberapa waktu lalu.

Hal ini membuktikan jika builder Indonesia tak kalah dengan builder luar.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Jarak tempuh dengan baterai penuh sampai 104 km. Baterai model fix, pengecasan tercepat hanya satu jam. Dimensinya proporsional untuk dipakai harian. Era motor listrik sudah di depan mata, kendaraan yang dianggap ramah lingkungan ini mulai sering terlihat di jalanan. Apalagi sejumlah perusahaan ojek online menggalakkan penggunaan motor listrik untuk armadanya. Tak heran jika sejumlah pabrikan Jepang mulai berani menampilkan motor listrik buatannya, termasuk Yamaha E01. Motor listrik yang konsepn
Tidak semua knalpot aftermarket bersuara berisik. Minta dibuatkan regulasi untuk knalpot aftermarket. Belasan ribu pekerja terancam PHK. Kepolisian terus menggelar razia knalpot brong khususnya pada sepeda motor, karena mengeluarkan suara bising dan mengganggu. Bahkan karena suara knalpot yang menggelegar dan cempreng, tak sedikit sumpah serapah dilontarkan warga, serta pertikaian dan berujung perkelahian semakin terjadi. Hanya saja, maraknya razia yang dilakukan polisi untuk menertibkan knalpot
Kirimkan 4 instruktur terbaiknya untuk berlaga. Ikuti kelas 150 cc dan 500 cc. Tidak melulu berfokus pada penjualan serta menciptakan produk baru saja, tapi PT Astra Honda Motor (AHM) juga konsisten dengan program keselamatan berkendara. Komitmennya ditunjukan dengan mengirimkan perwakilan instruktur safety riding untuk berkompetisi pada ajang The 2nd Asia-Oceania Honda Safety Instructor Competition 2024. Kegiatan yang digelar di Honda Safety Riding Park, Bangkok, Thailand pada 29 Februari – 1 M
Terganjal emisi Euro5+. Fokus pada model yang lebih punya peluang. Akan tersedia versi GYTR. Salah satu superbike asal merek Jepang, Yamaha R1 dikabarkan akan segera berhenti produksi. Hal ini lantaran Yamaha tidak akan mengembangkan versi terbaru superbike andalannya itu untuk memenuhi emisi Euro5 ke atas. "Yamaha Motor Group memutuskan tidak mengembangkan versi Euro5+ untuk R1 dan R1M," ucap juru bicara Yamaha UK. "Kami akan fokus pada bisnis jangka menengah dan produk strategis yang memiliki
Pertamax mahal, Honda Vario 160 boleh minum Pertalite atau Premium? Honda Vario 160 punya nilai kompresi 12:1, idealnya diisi minimal BBM RON 95 Ketersediaan BBM RON 95 belum merata, jadi banyak pengguna pilih Pertamax Harga BBM jenis Pertamax semakin melambung saat ini, apalagi kini harganya fluktuatif menyikuti harga minyak dunia setiap bulannya. Jika dulu harganya fix Rp 9.000 lalu bertahan di Rp 12.500 per liter, maka per Februari 2024 ini sudah menyentuh Rp 12.950 per liter. Ini tentu membe

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Supra X 125 FI
Lihat