window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jorge Martin Menangkan Drama Red Flag di MotoGP Jepang

Ary · 1 Okt, 2023 15:30

jorge martin motogp jepang

Jorge Martin tampil sempurna di MotoGP Jepang
  • Balapan dihentikan setelah dua kali red flag.
  • Bagnaia masih memimpin klasemen sementara.
  • Marquez menyudahi puasa podium.

Jorge Martin berhasil memenangkan drama red flag yang terjadi di MotoGP Jepang, Minggu (1/10/2023). Setelah dua kali dihentikan akibat hujan deras, ia pun didaulat sebagai juara seri ke-14.

Drama di Sirkuit Motegi sendiri sejatinya  sudah terlihat sejak warm up. Gerimis yang turun pada awal balapan memaksa race director mengumumkan bendera putih dengan silang merah. 

Pada lap 1 pula,bendera putih dikibarkan sebagai anjuran kepada pembalap untuk berganti motor(swap bike). 

Hal tersebut pun dilakoni oleh hampir semua pembalap. Namun, tidak dengan Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Stefan Bradl, Cal Crutchlow maupun Michelle Pirro yang tampaknya sempat berjudi dengan ban slick di trek basah. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Meski sempat memimpin, beberapa dari mereka akhirnya memutuskan untuk mengganti motor. Sementara itu, Aleix Espargaro dan pengguna ban basah lain bergantian jadi rombongan terdepan. 

Sayang, Aleix yang saat itu memimpin harus tergusur oleh Martin. Diikuti pula oleh Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi dan Marc Marquez. 

Hingga lap 10, tak ada perubahan posisi. Tapi seiring derasnya hujan, Marquez rupanya membidik posisi Bezzecchi. Benar saja, pada lap 12 pembalap Repsol Honda berhasil mengambil urutan ketiga tersebut dari anak didik Velentino Rossi. 

Dua Kali Red Flag

Lepas itu balapan pun harus dihentikan dengan skema starting grid seperti urutan terakhir balapan. Artinya, Martin tetap ada di grid terdepan, diikuti Bagnaia dan Marquez pada posisi dua dan tiga. 

Setelah terhenti beberapa menit, balapan kembali dimulai. Namun bertepatan dengan warm up lap, bendera merah kembali terkibar. 

Klasemen sementara motogp 2023

Meski kalah dari Martin, Bagnaia tetap menghuni puncak klasemen sementara.

Baca juga: Rider Binaan Astra Honda Siap Gaspol di Motegi, Targetkan Podium Tertinggi!

Lalu diikuti pula pengumuman bahwa penentuan pemenang MotoGP Jepang diambil berdasarkan posisi akhir sebelum red flag. 

Keputusan ini sendiri diambil karena balapan sejatinya sudah berlangsung sebanyak 50 persen yaitu 12 lap dari 24 lap. 

Artinya, Martin tampil sebagai juara balapan MotoGP Jepang. Capaian ini menyempurnakan penampilannya setelah memenangkan Sprint Race, kemarin (30/9/2023).  

Walau begitu, ia belum berhasil merebut klasemen dari Bagnaia. Podium kedua di seri ini membuat joki tim pabrikan Ducati masih bertengger di urutan teratas  (319 poin) meski hanya unggul 3 poin saja dari Martin (316 poin).  

Marc Marquez MotoGP Jepang

Marquez mengakhiri puasa podium di MotoGP Jepang

Baca juga: MotoGP Mandalika Makin Dekat, Transportasi dan Lalu Lintas Dibenahi

Podium Pertama Marquez Setelah 2022

Sementara itu, hasil gemilang dicatat oleh Marquez dengan podium ketiga. Ia sebetulnya cukup percaya diri untuk bisa memenangkan balapan. Tapi menurutnya, penghentian balapan oleh race director 
adalah keputusan terbaik.

Dengan hasil di MotoGP Jepang ini, Marquez pun berhasil menyudahi puasa podiumnya semenjak MotoGP  Australia, 2022 lalu. 

Selain itu, Marquez juga mencatatkan diri sebagai pembalap MotoGP dengan raihan podium terbanyak yaitu 140 podium. 

Hasil MotoGP Jepang:

Jorge Martin Menangkan Drama Red Flag di MotoGP Jepang 03

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });