window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simak Aksi Heroik Vinales di COTA, Sempat Terpuruk lalu Juara!

Ary · 15 Apr, 2024 14:30

Vinales Juara MotoGP Amerika Serikat COTA 2024

Vinales memenangkan laga puncak MotoGP Amerika Serikat
  • Posisi Vinales sempat merosot ke urutan 11
  • Meski begitu Vinales berhasil menjadi pemenang sekaligus membuat catatan baru di COTA
  • Anak baru MotoGP memperlihatkan persaingannya sepanjang balapan

Drama serta ketegangan terjadi pada laga MotoGP Amerika Serikat yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Minggu (15/4/2024). Hal tersebut juga dialami Maverick Vinales selaku penghuni pole position. 

Saat lampu merah tanda balapan dimulai padam, Vinales sudah ketinggalan langkah dari Pedro Acosta. Masalah terhadapnya pun berlanjut saat memasuki tikungan pertama. 

Desakan dari rombongan pembalap lain membuatnya lantas keluar dari racing line. Alhasil, posisi pembalap Aprilia Racing pun merosot cukup jauh hingga ke urutan 11. 

Sementara pada lap 1 ini, Acosta berhasil memimpin diikuti oleh pembalap lain yaitu Jorge Martin, Jack Miller serta Marc Marquez. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Meski begitu hanya beberapa putaran saja Acosta di depan. Aksi berebut posisi pun terjadi antar keempat pembalap tersebut. 

Persaingan Sang Rookie

Penampilan yang cukup menyita perhatian juga terlihat dari Acosta manakala bersaing dengan Martin. Pun bersama Marquez ketika bertarung untuk memimpin balapan. 

Pada lap 12, Marquez akhirnya berhasil melewati Acosta. Namum, pada putaran yang sama tepatnya jelang tikungan 11 pula Marquez terjatuh karena kehilangan grip ban depan. 

Aksi Heroik Vinales 

Saat dikira bakal menang, tekanan justru kembali diberikan kepada Acosta. Selain Martin, kali ini ada duo pabrikan Ducati yakni Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini. 

Vinales MotoGP Amerika Serikat

Vinales berhasil memimpin balapan setelah melewati Acosta

Baca juga: Vinales Catat Banyak Rekor dan Acosta Kembali Curi Perhatian

Namun, kejutan sebenarnya berasal dari Vinales yang terus memperbaiki posisi. Sempat berada di posisi 11, Vinales naik ke urutan 9. 

Putaran demi putaran dilakoninya dengan melewati beberapa pembalap seperti Alex Marquez, Jack Miller termasuk Bagnaia, Bastianini juga Martin. 

Aksi heroik Vinales pun terlihat saat balapan menyisakan 8 lap dengan melewati Acosta. Setelah itu, Aprilia RS-GP 2024 tunggangannya melesat dan memimpin cukup jauh. 

Bahkan Vinales sempat memberikan gap 1,8 detikan terhadap anak baru MotoGP tersebut. Akhirnya, Vinales pun finis paling depan. Disusul Acosta dan Bastianini yang berhasil melewati Martin. 

Laga Sempurna Vinales di COTA

Kemenangan di balapan utama ini sekaligus menyempurnakan penampilan Vinales di COTA. Ia pun tercatat membuat beberapa torehan baru di sirkuit tersebut. 

Rekor Vinales di MotoGP Amerika Serikat

Kemenangan di COTA membuat Vinales menorehkan rekor baru

Baca juga: Vinales Cetak Dua Torehan Baru di COTA, Ini Rahasianya

Saat balapan, Vinales berhasil membuat rekor baru COTA di balapan. Lalu sehari sebelumnya, Vinales berhasil meraih pole position sekaligus mencetak rekor baru sirkuit. Di hari yang sama pula ia menjadi juara dicsesi Sprint Race MotoGP Amerika Serikat. 

Selain itu, kemenangan di balap MotoGP Amerika Serikat juga mengukuhkan Vinales sebagai pembalap yang berhasil menjadi juara bersama tiga pabrikan berbeda yaitu Suzuki, Yamaha dan Aprilia. 

Hasil di MotoGP Amerika Serikat juga membuat kedudukan Vinales di klasemen sementara naik dari sebelumnya kedelapanm menjadi ketiga. Berikut daftar lengkapnya: 

Klasemen Sementara MotoGP 2024 (COTA)
1. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) 80 poin
2. Enea Bastianini (Ducati Lenovo) 59 poin
3. Maverick Vinales (Aprilia Racing) 56 poin
4. Pedro Acosta (Red Bull GasGas Tech3) 54 poin
5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 50 poin
6. Brad Binder (Red Bull KTM Factory) 49 poin
7. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 39 poin
8. Marc Marquez (Gresini Racing) 36 poin
9. F Di Giannantonio (Pertamina Enduro 46 Racing) 25 poin
10.Jack Miller (Red Bull KTM Factory) 22 poin
11.Marco Bezzechi (Pertamina Enduro VR46 Racing) 20 poin
12.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 19 poin
13.Alex Marquez (Gresini Racing) 14 poin
14.Miguel Oliveira (Trackhouse Racing) 13 poin
15.Raul Fernandez (Trackhouse Racing) 7 poin
16.Augusto Fernandez (GasGas Tech3) 7 poin
17.Joan Mir (Repsol Honda ) 7 poin
18.Johann Zarco (Castrol Honda LCR) 5 poin
19.Alex Rins (Monster Energy Yamaha) 3 poin
20.Takaaki Nakagami (Idemitsu Honda LCR) 2 poin
21.Luca Marini (Repsol Honda) 0
22.Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) 0

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });